Saturday, August 31, 2013

Setelah Diejek, Tesla Mulai Bangkit

Setelah Diejek, Tesla Mulai Bangkit California - Keberadaan mobil listrik mulai diterima masyarakat California. Setelah diejek habis-habisan mobil ramah lingkungan ini mulai menyusul Cadillac, Chrysler dan Porsche dari segi penjualan.

Mobil merek Tesla bangkit dari keterpurukan di daerah tersebut. Masyarakat di sana mulai melihat betapa baiknya mobil Tesla setelah sebelumnya mencibir mobil tanpa emisi gas buang itu.

Bahkan, di daerah berjuluk Golden State itu, merek Tesla hanya mengandalkan satu model yaitu Tesla Model S. Sementara merek lainnya menawarkan banyak model. Hasil ini sebagai bukti jika Tesla adalah mobil yang mulai dicintai di negara bagian yang pernah dipimpin oleh Arnold Schwarzenegger.

Dan di California, menurut California New Car Dealers Association report, penjualan merek mobil Tesla berada di bawah BMW dan Mercedes seperti diberitakan dailymail, Minggu (1/9/2013).

Tesla melampaui penjualan Buick, Fiat, Land Rover, Lincoln, dan Mitsubishi di kategori kendaraan penumpang. Lembaga CNCDA melaporkan penjualan Tesla 0,6 persen di atas merek-merek tersebut.

Meski dibanderol lebih dari US$ 70.000, Tesla berhasil mengungguli Cadillac, Chrysler dan Porsche pada Juni. California adalah negara bagian dengan jumlah penjualan mobil terbesar di Amerika Serikat. Setengah penjualan mobil di AS diserap di California.

Sementara itu CEO Tesla, Elon Musk menjamin konsumen tidak akan mengalami kerugian dengan memiliki mobil Tesla.

(ikh/lth)

Pertama di Indonesia Yogyakarta Jadi Kota Budaya Lalu Lintas

Pertama di Indonesia Yogyakarta Jadi Kota Budaya Lalu Lintas Yogyakarta - Untuk pertama kalinya di Indonesia, Yogyakarta ditetapkan sebagai Kota Berbudaya Lalu Lintas. Ini akan menambah julukan bagi Yogyakarta yang selama ini dikenal sebagai kota budaya.

Deklarasi Yogyakarta sebagai Kota Berbudaya Lalu Lintas digelar di Kantor Gubernur DI Yogyakarta, Minggu (1/9/2013).

Hadir dalam deklarasi adalah Wakil Menteri Bidang Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dan Wagub DI Yogyakarta Paku Alam IX.

Paku Alam IX yang membacakan sambutan tertulis dari Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X menuturkan santun dalamm berlalu lintas adalah potret kepribadian diri sekaligus mencerminkan budaya.

"Kalau buruk berlalu lintas maka buruk kepribadian, secara kolektif keburukan ini akan menggambarkan buruknya budaya bangsa," ujarnya.

Wakil Menteri Bidang Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim, mengajak semua pihak untuk membangun Yogyakarta sebagai contoh etika berlalu lintas.

"Turis akan datang kalau di jalan kita tertib. Kalau ada orang berdiri di zebra cross semua kendaraan berhenti. Contoh di film-film Jepang kan bagus, kalau ada orang di zebra cross akan berhenti," ujarnya

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menuturkan di Yogyakarta setiap harinya ada setiap 1-2 orang meninggal.

"Mohon jangan dilihat sebagai statistik belaka karena salah satu korban biss anggota keluarga yang dicintai," ujarnya

Deklarasi Yogyakarta sebagai kota budaya berlalu lintas ini juga didukung oleh produsen otomotif.

“Sebagai produsen sepeda motor, kami memiliki tanggung jawab sosial yang besar terhadap keselamatan berkendara. Program ini merupakan salah satu wujudnya. Kami ingin mengedukasi sejak usia dini anak muda melalui implementasi kurikulum etika berlalu lintas ini,” ujar Direktur PT Astra Honda Motor Markus Budiman Widihandojo.

(ddn/lth)

Toyota Pertimbangkan Corolla Versi Hatchback

Toyota Pertimbangkan Corolla Versi Hatchback California - Pabrikan mobil asal Jepang, Toyota dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk membuat Corolla versi hatchback untuk pasar otomotif Amerika Serikat (AS).

Meski gagasan itu sudah dibahas di dalam managemen, tapi Senior Eksekutif Toyota di Amerika Serikat dan Jepang belum menandatangani proyek itu. Jadi untuk kejelasannya itu sendiri belum dipastikan. Seperti dilansir inautonews, Minggu (1/9/2013).

"Tidak ada yang harus diayangkan. Tema baru desain Corolla adalah "Iconic Dynamism" yang merupakan arah desain yang fungsional, dinamis dan mencerminkan aura balap untuk anak muda," kata Chief Enginer Corolla versi Sedan, Shinci Yasui.

Sementara itu, di beberapa negara, transisi model sedan ke model coupe atau hatchback memang tengah terjadi dengan berbagai alasan dari para konsumennya. Salah satunya fungsionalitas mobil itu sendiri.

Belum jelas bagaimana dimensi dan spesifikasi Toyota Corolla versi 'kuntet' tersebut, namun jika melihat baiknya Toyota Corolla sedan, bukan tidak mungkin tidak jauh berbeda dari jenis generasi terbaru Toyota Corolla yang siap beredar di Amerika, Eropa dan tentunya pasar mobil ASEAN.

(ady/lth)

Apa Merek Motor Paling Direkomendasikan Masyarakat?

Apa Merek Motor Paling Direkomendasikan Masyarakat? Jakarta - Zaman sekarang, konsumen sudah kian kritis dan mudah bicara tentang suatu produk. Pengalaman dan rekomendasi orang lain dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli produk, terutama di sektor otomotif.

Terus apa merek yang paling banyak direkomendasikan oleh orang Indonesia?

Dari survei terhadap 1.793 orang selama April-Juni 2013 di 7 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Denpasar, ternyata merek motor Honda tetap yang paling banyak dibicarakan dan direkomendasikan masyarakat.

Survei bertajuk Word of Mouth Marketing (WOMM) 2013 itu diselenggarakan oleh Lembaga Riset Onbee Marketing Research dan Majalah SWA.

"Pada era keterbukaan informasi yang luas seperti saat ini, kekuatan opini masyarakat dapat mempengaruhi sikap konsumen kami," ujar Head of Corporate Communication AHM Kristanto.

Di segmen sepeda motor bebek, Honda Supra mampu memikat hati dan menjadi yang paling sering dibicarakan.

Hal yang sama terjadi pada Honda Vario pada kategori sepeda motor matik, dan Honda Tiger pada kategori sepeda motor sport.

Sepeda Motor Non Matik pilihan Wanita Indonesia

Selain menjadi sepeda motor yang paling sering dibicarakan, sepeda motor non matik Honda juga menjadi pilihan terbaik wanita Indonesia versi Choice Brand Award 2013.

Choice Brand Award merupakan apresiasi terhadap merk pilihan wanita Indonesia berdasarkan hasil survei terhadap 1.000 wanita di 6 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Sebelumnya, sepeda motor Honda juga dinobatkan sebagai sepeda motor yang paling disukai wanita Indonesia selama empat tahun berturut-turut melalui penghargaan Indonesia’s Most Favorite Women Brand 2013 yang diselenggarakan oleh lembaga riset pemasaran MarkPlus Insight dan Majalah Marketeers.

(ddn/ddn)

Nissan GT-R Teranyar Adopsi Mesin R-Hybrid?

Nissan GT-R Teranyar Adopsi Mesin R-Hybrid? Tokyo - Belum lama ini, pabrikan mobil asal Jepang, Nissan mendaftarkan hak paten R-Hybrid. Kabarnya, mesin Hybrid-R ini akan disematkan di Nissan GT-R model terbaru.

Rumor ini memang sudah terdengar cukup lama, karena Nissan pernah mengatakan kalau All New GT-R bisa saja mengusung mesin hybrid. Demikian dilansir Worldcarfans, Minggu (31/8/2013).

Sebelumnya Nissan sudah mengajukan aplikasi R-Hybrid sebagai merek dagang mereka.

Hanya saja, GT-R terbaru yang akan mengusung R-Hybrid ini diperkirakan meluncur pada tahun 2017 mendatang.

Mesin hybridnya juga berasal dari satu implementasi dari Infiniti M35h dan Essence Concept.

Tak hanya itu, Nissan GT-R dengan R-Hybrid ini juga akan memiliki desain yang jauh lebih sporti.

Sebelum Nissan GT-R R-Hybrid diluncurkan, pabrikan asal Jepang ini lebih dulu akan merencanakan GT-R Nismo yang dikembangkan dengan Wiliams Advanced Engineering untuk tahun 2014 mendatang.

Kabarnya, Nissan GT-R Nismo ini mampu berlari dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2 detik saja dan juga GT-R Nismo generasi terbaru ini juga akan jauh lebih ringan dan lebih kuat dibandingkan degan model sebelumnya.

(lth/ddn)

Kalahkan Lorenzo, Marquez Rebut Pole di Silverstone

Kalahkan Lorenzo, Marquez Rebut Pole di Silverstone Silverstone  - Marc Marquez akan mengawali balapan MotoGP Inggris dari posisi paling depan. Pebalap Repsol Honda itu mencatat waktu tercepat dalam sesi kualifikasi setelah mengungguli Jorge Lorenzo.

Dalam sesi kualifikasi di Silverstone, Sabtu (31/8/2013) malam WIB, Marquez terlibat duel sengit dengan Lorenzo. Awalnya Lorenzo mencatat waktu 2 menit 1,497 detik, tapi tak lama kemudian Marquez mengunggulinya.

Pada lap berikutnya, Lorenzo kembali jadi pebalap tercepat dengan waktu 2 menit 1,217 detik. Setelah itu, dia bahkan mampu mencatat waktu di kisaran 2 menit 00 detik.

Namun, Marquez kembali memberikan respons yang sangat baik. Dia berhasil mematahkan catatan waktu Lorenzo dengan 2 menit 00,691 detik. Catatan waktu ini masih lebih cepat 0,128 detik dibandingkan milik Lorenzo.

Dengan demikian, Marquez pun berhak atas pole position, sedangkan Lorenzo harus puas menempati posisi kedua.

Cal Crutchlow akan mengawali lomba dari baris depan. Dia menduduki posisi ketiga dengan catatan waktu 2 menit 01,425 detik.

Posisi keempat akan ditempati oleh pebalap LCR Honda, Stefan Bradl. Bradl berada tepat di depan Dani Pedrosa. Sementara itu, Valentino Rossi akan start dari posisi keenam.

Andrea Dovizioso, Alvaro Bautista, Nicky Hayden, dan Bradley Smith melengkapi posisi sepuluh besar dalam sesi kualifikasi ini.

Hasil Kualifikasi MotoGP Inggris:

Q2:
1. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 2m 0.691s
2. Jorge Lorenzo ESP Yamaha Factory Racing (YZR-M1) 2m 0.819s
3. Cal Crutchlow GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 2m 1.425s
4. Stefan Bradl GER LCR Honda MotoGP (RC213V) 2m 1.558s
5. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 2m 1.624s
6. Valentino Rossi ITA Yamaha Factory Racing (YZR-M1) 2m 2.109s
7. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP13) 2m 2.123s
8. Alvaro Bautista ESP Go&Fun Honda Gresini (RC213V) 2m 2.252s
9. Nicky Hayden USA Ducati Team (GP13) 2m 2.289s
10. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 2m 2.409s
11. Colin Edwards USA NGM Forward Racing (FTR-Kawasaki CRT)* 2m 4.032s
12. Aleix Espargaro ESP Power Electronics Aspar (ART CRT) No Time

Q1:
13. Randy De Puniet FRA Power Electronics Aspar (ART CRT) 2m 4.114s
14. Hector Barbera ESP Avintia Blusens (FTR-Kawasaki CRT)* 2m 4.236s
15. Michele Pirro ITA Ignite Pramac Racing (GP13) 2m 4.680s
16. Andrea Iannone ITA Energy T.I. Pramac Racing (GP13) 2m 4.692s
17. Yonny Hernandez COL Paul Bird Motorsport (ART CRT) 2m 4.749s
18. Danilo Petrucci ITA Came IodaRacing Project (Suter-BMW CRT)* 2m 4.798s
19. Michael Laverty GBR Paul Bird Motorsport (PBM-ART CRT)* 2m 4.936s
20. Claudio Corti ITA NGM Forward Racing (FTR-Kawasaki CRT)* 2m 5.356s
21. Hiroshi Aoyama JPN Avintia Blusens (FTR-Kawasaki CRT)* 2m 5.622s
22. Lukas Pesek CZE Came IodaRacing Project (Suter-BMW CRT)* 2m 7.261s
23. Bryan Staring AUS Go&Fun Honda Gresini (FTR-Honda CRT) 2m 7.300s

(mfi/ddn)

Ini Dia Bocoran Perubahan Toyota Fortuner

Ini Dia Bocoran Perubahan Toyota Fortuner Malang - Setelah Avanza, Innova dan Rush, PT Toyota-Astra Motor (TAM) dalam waktu dekat akan meluncurkan SUV Fortuner.

General Manager Corporate Planning & Public Relation PT TAM, Widyawati mengatakan Toyota Fortuner akan mengalami perubahan luar dalam, tapi tidak drastis.

"Fortuner cuma facelift pada eksterior dan interior," katanya di sela-sela media test drive Toyota Innova "Family Lifestyle Experience Journey" di Malang, Jatim, Sabtu (31/8/2013).

Menurutnya, Toyota kali ini memfokuskan pada perubahan SUV Fortuner TRD Sportivo.

Sementara pada beberapa varian SUV Fortuner lain hanya terjadi perubahan pada interior dan tidak merembet pada bagian luar karena kali ini TAM fokus untuk mendongkrak penampilan SUV Fortuner TRD.

"Pada varian tertentu interiornya saja. Eskterior dan interior hanya Fortuner TRD. Enggak tambah fitur cuma percantik," ucapnya.

TAM hanya fokus pada SUV Fortuner TRD karena permintaan pada kendaraan ini cukup tinggi. Karena itu Toyota meng-update model tersebut.

"Kenapa TRD saja, karena demand TRD besar. Mereka konsumen ingin ada perubahan. Fortuner TRD 30 persen dari total penjualan Fortuner," imbuhnya.

Berapa kenaikan harganya? "Harga belum tahu," tutupnya.

Saat ini, SUV Fortuner dibanderol mulai Rp 395,3 juta - Rp 500,65 juta on the road Jakarta.

(ikh/ddn)

Eksterior Mobil Dibungkus Kulit Asli, Keren atau Norak?

Eksterior Mobil Dibungkus Kulit Asli, Keren atau Norak? Moskow - Kulit biasanya ada di interior mobil, tetapi di Rusia, orang mulai gemar membungkus bagian luar mobil dengan kulit. Wah tidak takut kehujanan?

Di Rusia, dikutip dari carbuzz, Minggu (31/8/2013) satu unit mobil Peugeot dibaluri dengan kulit berwarna coklat. Menurut informasi, kulit yang digunakan untuk membungkus bagian eksteriornya itu 100 persen kulit Bison Kanada.

Menariknya, mobil itu dijual untuk umum dan ditawarkan dengan harga Rp 13,5 miliar.

Berbeda dengan kulit yang menempel di eksterior, untuk bagian interiornya juga menggunakan kulit. Hanya saja tidak 100 persen semuanya kulit bison melainkan dikombinasi dengan bulu-bulu.

Selain eksterior dan interior, bagian kompartemen mesin termasuk di bawah kap mesin juga dilapisi dengan kulit.

Tak hanya dilapisi dengan kulit, ternyata ada beberapa bagian juga yang dimodifikasi dan sebagian besar menggunakan fiberglass pada titik-titik tertentu.

Nah, bagaimana menurut Otolovers, apakah modifikasi ini menjadikan mobil terlihat lebih keren atau sebaliknya malah menjadi norak?

(ady/ddn)

Mobil Super Teranyar Amerika, Terinspirasi dari Jet Tempur

Mobil Super Teranyar Amerika, Terinspirasi dari Jet Tempur Washington - Persaingan membuat mobil super masih berlanjut. Salah satu produsen mobil sport asal Amerika Serikat ini pun siap memperlihatkan mobil anyar mereka yang terinspirasi dari jet tempur.

Dilansir dari worldcarfans, Minggu (31/8/2013) produsen mobil sport asal California, Bulleta Motors siap meluncurkan Bulleta RF22. Mobil ini terinspirasi dari Lockheed Martin F-22 Raptor.

Tubuhnya dibangun berbasis Lotus Evora. Desain mobil ini diciptakan oleh Samir Sadikhov yang sebelumnya telah mendesain Aston Martin DBC dan Cadillac C-Ville concepts.

Desain depannya tampak agresif dengan lampu bi-xenon dan garis yang tajam. Sementara di bagian belakang RF22 ini juga memiliki bagian belakang yang bergaya dengan diffuser sporty. Rem keramik karbon dan pelek serat karbon 19 inci dengan ban Michelin Super Sport juga sudah disiapkan.

Di jantungnya ada mesin supercharged V6 berkapasitas 3.5 liter yang mampu mengembangkan tenaga 505 bhp dan torsi 555 Nm.

Dengan tenaga sebesar itu, mobil sport Amerika ini mampu berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam dalam waktu 3,6 detik saja meski bobot mobil ini mencapai 1.363 kg.

Tidak ada dijelaskan berapa banyak RF22 akan dijual dan berapa harganya. Namun Bulleta mengatakan kalau tiap pembeli akan menerima mobil yang sesuai dengan keinginannya, nomor seri individual serta jam mekanik chronograph.

(syu/ddn)

Friday, August 30, 2013

Konsumen Toyota ke-50 Juta Dapat Mobil dan Cicilan Mobilnya Digratiskan

Konsumen Toyota ke-50 Juta Dapat Mobil dan Cicilan Mobilnya Digratiskan New York - Beruntung, satu kata yang paling tepat untuk Michael Bee yang merupakan konsumen Toyota di Amerika. Soalnya dirinya menjadi pelanggan Toyota ke-50 juta di Amerika setelah membeli mobil sedan Camry.

Gara-gara 'gelarnya' itu Bee pun mendapat hadiah sebuah Toyota New Crossover RAV4 gratis. Plus semua cicilan mobil Camry dilunasi langsung oleh Toyota. Wah asyik!

Seperti dilansir autoevolution, Sabtu (31/8/2013), Michael Bee yang bekerja sebagai polisi New York tidak pernah menyangka dirinya akan mendapatkan RAV4 secara grastis dan cicilan mobilnya dibayari Toyota.

Menyampaikan kabar ini, Toyota pun memberi kejutan dengan mendatangi kediaman Bee.

"Saya tidak tahu harus berkata apa, ini sangat fenomenal. Ini sangat berarti bagi keluarga saya dan saya ucapkan terima kasih kepada Toyota. Ini adalah hari yang tidak terlupakan," kata Michael Bee.

(lth/ddn)

Toyota Tengah Mendesain Model Terbaru Innova

Toyota Tengah Mendesain Model Terbaru Innova Malang - Toyota Kijang Innova akan berubah wujud. PT Toyota-Astra Motor (TAM) tengah merancang generasi keenam MPV Kijang Innova.

Sejak diluncurkan pada 2004, Kijang Innova (generasi kelima) belum mengalami perubahan signifikan. Toyota meluncurkan Innova pada 2010 dengan nama Grand Innova. Itu pun desainnya tidak berubah drastis.

Kijang Innova facelift (generasi kelima) meluncur pada Agustus 2013 yang hanya menggunakan dual airbag dan sistem keamanan mumpuni ABS demi keamanan pengemudi dan penumpang. Terus kapan model terbarunya?

"Sedang dirancang," kata General Manager Corporate Planning & Public Relation PT Toyota-Astra Motor Widyawati di Malang, Jawa Timur.

Menurut Widya, jika tiba waktunya Toyota tetap mempertahankan citra Kijang Innova sebagai kendaraan keluarga Indonesia yakni serbaguna, lega dan nyaman dengan harga terjangkau.

"Kita tidak akan mengubah positioning karena mengubah itu akan meninggalkan konsumen lama," ucap Wdiya.

Sayang Widya enggan berkomentar kapan model terbaru Innova hadir di tengah masyarakat Indonesia. Dia menjelaskan, yang pasti model terbaru Innova belum akan hadir dalam waktu dekat.

"Belum tahu. Sedang dirancang dan desain jadinya belum ada," ucapnya.

Kabar ini tentu saja angin segar untuk pecinta Kijang Innova. Namun desain baru Innova tampaknya menjadi 'PR' Toyota agar MPV Innova tetap dicintai masyarakat Indonesia.

Kabarnya full model change dari Innova akan terjadi pada 2016 nanti.

(ddn/ddn)

Innova Lawas Tidak Bisa Upgrade Airbag dan Grille

Innova Lawas Tidak Bisa Upgrade Airbag dan Grille Malang - Toyota Kijang Innova kini tersedia fitur keamanan dual airbag. Toyota juga mengubah penampilan grille radiator dan buritan Innova.

Sayang, Innova lawas tidak bisa di-upgrade menggunakan komponen-komponen yang dimaksud. Soalnya terdapat dual airbag yang merupakan fitur yang rumit. Begitu juga dengan grille terbaru.

"Enggak bisa berubah. Airbag itu sulit dan kalau dimodifikasi bahaya takutnya tidak berfungsi baik. Kalau grille tentu juga tidak bisa, karena dudukan grillenya beda, kalau dudukan beda sudah pasti tidak bisa ganti," kata General Manager Corporate Planning & Public Relation PT TAM, Widyawati di sela-sela media test drive Toyota Innova "Family Lifestyle Experience Journey" di Malang, Jatim, Sabtu (31/8/2013).

Karena itu, menurutnya konsumen dianjurkan beli mobil Innova baru dan tidak memodifikasi karena banyak perubahan. Di sisi lain lanjut Widya, memodifikasi dengan cara menambah dual airbag pada Innova lawas sangat berbahaya.

Ada beberapa komponen yang harus diganti seperti dasbor, sensor airbag dan lain-lain yang tentunya memakan biaya cukup tinggi. Widya pun menyarankan konsumen beli Innova baru.

"Konsumen harus beli baru," tegas Widya.

Sementara itu Product Manager MPV Segment TAM, Ima Nurbani Rahma mengatakan grille terbaru Innova tidak tersedia di pasaran dan bukan paket aksesoris.

"Agak susah karena tidak tersedia. Karena bukan optional aksesoris. Enggak di-trade retail," tutup Ima.

(ikh/ddn)

Inikah Alasan Pabrikan di RI Enggan Lahirkan Mobil Listrik?

Inikah Alasan Pabrikan di RI Enggan Lahirkan Mobil Listrik? Jakarta - Pasar mobil listrik memang tengah booming dipasar dunia, namun tidak dipungkiri masih sedikitnya teknologi dan mahalnya harga jual memang menjadi pertimbangan tersendiri.

Rupanya masih ada satu alasan lagi mengapa pabrikan otomotif di Indonesia masih enggan memproduksi bahkan mempelajari kendaraan listrik. Wah apa yah kira-kira Otoloevers?

"Jelas pabrikan otomotif yang ada di Indonesia atau dunia yang telah menjadi raja enggan melahirkan mobil listrik. Karena mereka sebelumnya telah melakukan investasi besar-besaran terlebih di Indonesia," kata sumber detikOto.

Sehingga tidak mungkin pabrikan otomotif di Indonesia mau langsung beralih teknologi setelah mereka mengeluarkan uang banyak.

"Oleh sebab itu mereka itu bukannya tidak bisa melahirkan mobil listrik yang terjangkau, tetapi mereka takut rugi karena telah melakukan investasi membangun pabrik dan lain-lain," katanya.

"Lalu mereka harus melakukan investasi lagi untuk mempersiapkan teknologi baru seperti mobil listrik? Yah sudah pasti hal itu tidak akan terjadi karena mereka belum mendapatkan keuntungan," tambahnya.

 Oleh sebab itu pabrikan otomotif yang selama ini ingin menjadi besar, terus gemborkan untuk bisa memperkenalkan mobil listrik karya mereka.

"Seperti Nissan, coba lihat kenapa mereka terus memperkenalkan mobil listrik mereka secara terus menerus di dunia. Karena mereka tidak ingin hanya mengekor atau followers saja, tetapi mereka ingin sejajar dengan teknologi ini (kendaraan listrik) dimana semuanya masih dari tahap awal," ucapnya.

"Dan ini tidak menutup kemungkinan untuk kita untuk ikut berkompetisi dalam melahirkan mobil listrik. Ini kesempatan kita," tutupnya.


(lth/syu)

Tantangan Berat Range Rover hybrid

Tantangan Berat Range Rover hybrid Jakarta - Beberapa waktu lalu Land Rover sudah memperlihatkan Range Rover Hybrid ke dunia. Saat ini, mobil yang diklain sebagai SUV hybrid pertama di dunia itu sedang mulai pengetesan yang melelahkan. Turing panjang dari Inggris hingga India.

Turing panjang itu dilakukan Land Rover untuk menunjukkan daya tahan kuat khas mobil-mobil Land Rover. Turing ini akan menempuh jarak hingga 9.950 mil atau sekitar 16.012 km, termasuk jalur sutera yang legendaris sejauh 4.000 km.

Turing bertema Silk Trail ini diperkirakan akan memakan waktu perjalanan darat selama 7 minggu melibas Eropa, Rusia, Asia hingga ke Mumbai, India. Rombongan telah berangkat pada 22 Agustus lalu dan diperkirakan akan tiba di Mumbai pada 15 Oktober mendatang.

Selain itu, rombongan dibagi menjadi 10 tahap dan dijadwalkan untuk mengunjungi 12 negara termasuk Perancis, Belgia, Jerman, Polandia, Ukraina, Rusia, Uzbekistan, Kyrgyzstan, Cina, Nepal dan India.

"Kami sangat senang dengan kemajuan sejauh ini, tapi Eropa adalah bagian yang mudah dengan jaringan jalan yang baik, ini telah memungkinkan kami untuk menggunakan sistem Hybrid untuk efek yang besar terutama di daerah perkotaan," kata pemimpin ekspedisi Dougie Dale.

Pada ekspedisi ini, Range Rover Hybrid akan menghadapi banyak tantangan. Selain jalan mulus di Eropa, rombongan juga akan melewati gunung, padang pasir yang gersang, dataran tinggi hingga jalan-jalan kota yang kacau di berbagai negara berkembang. Panas, kelembaban dan gurun akan memberikan pengujian sempurna untuk sistem hybrid mobil ini.

"Insinyur kami menggunakan petualangan ini sebagai pengembangan final sebelum resmi diluncurkan untuk produksi pada akhir tahun ini," John Edwards, Land Rover Global Brand Director.

Tenaga hybrid mobil ini sendiri datang dari mesin diesel 3 liter SDV6 yang digabungkan dengan motor listrik berkekuatan 35kW. Untuk menyalurkan daya digunakan transmisi ZF otomatis dengan 8 percepatan.

Sistem hybridnya, yakni baterai lithium, motor listrik, inverter hanya memiliki bobot 120 kg. Dalam mode elektrik Range Rover Hybrid bisa melaju pada kecepatan 48km/jam sejauh 1,6 km. Setelah itu giliran mesin diesel yang akan mendorong mobil.

Mesin diesel dan listrik itu menghasilkan tenaga maksimum 340PS pada 4.000 rpm dan torsi terbesar di kelasnya yakni 700 Nm pada 1.500-3.000 rpm. Mobil lalu sanggup berakselerasi dari 0-100 km per jam di bawah 7 detik dengan kecepatan maksimum 218 km per jam serta konsumsi BBM 18,7 km per liter.

(syu/ddn)

KIA Mau Luncurkan Sorento Bermesin Diesel

KIA Mau Luncurkan Sorento Bermesin Diesel Jakarta - Pada April lalu, PT KIA Mobil Indonesia (KMI) resmi meluncurkan All New Sorento di Indonesia, tapi hanya tersedia 1 pilihan mesin yakni bensin.

Selang beberapa bulan setelah peluncuran, akhirnya KMI mulai membuka selubung Sorento mesin diesel. KMI dinyatakan tengah menguji dan mendaftarkan Sorento mesin diesel di situs TPT Online Kemenperin dan saat ini statusnya sudah selesai.

Menanggapi hal itu, Marketing Communication Manager PT KMI Ridjal Muljadi mengatakan memang benar pihaknya sudah selesai menguji Sorento diesel di Indonesia dan jadi diluncurkan tapi waktunya belum tahu kapan.

"Sorento diesel jadi di pasarkan di Indonesia, tapi kapannya belum kita tentukan lagi menunggu suplai dan moment saja," ujar Ridjal saat dihubungi detikOto, Jumat (30/8/2013).

Dijelaskan Ridjal, sehabis uji tipe juga masih ada proses-proses yang harus dilewati, tidak selesai uji tipe mobil itu bisa langsung diluncurkan. Jadi ada beberapa proses yang harus dijalankan, tapi Sorento diesel sudah pasti dijual di Indonesia.

"Jujur saja kita sedang mencari waktu yang tepat dan menunggu keputusan dari pihak prinsipal. Setelah semuanya selesai baru kita akan luncurkan," tukasnya.

(syu/ddn)

Honda Odyssey Makin Aman

Honda Odyssey Makin Aman Washington - Mobil keluarga milik Honda, Odyssey model tahun 2014 mendapat nilai tinggi dalam tes tabrak di Amerika Serikat. Nilai 2014 Honda Odyssey ini bahkan terhitung yang tertinggi.

Dalam tes tabrak yang dilakukan oleh Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) 2014 Honda Odyssey mendapat nilai 'good'. Dengan begitu, Odyssey menjadi minivan pertama yang mendapat Top Safety Pick+ setelah memperketat metode mereka.

Pada tes tabrak yang dilakukan IIHS, mereka ingin melihat bagaimana sebuah kendaraan bertahan dalam simulasi kecelakaan ketika sudut kiri depan kendaraan ditabrakkan untuk mensimulasi bagaimana mobil bertahan ketika menabrak mobil lain, pohon atau tiang.

Banyak pengamat mengatakan kalau peringkat tersebut adalah hadiah untuk investasi besar Honda. Sebab, pada model tahun 2014, Odyssey sudah mengaplikasi rangka baja yang telah diperkuat serta airbag yang lebih mumpuni.

"Komitmen Honda terhadap keselamatan mungkin paling ditunjukkan oleh fakta bahwa kami mencapai standar yang tinggi dalam refresh model di pertengahan siklus," kata Art St Cyr, wakil presiden perencanaan produk dan logistik di American Honda Motor Co dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Auto News.

Dengan hasil dari Honda Odyssey tersebut maka Honda kini memimpin daftar pencetak peringkat keselamatan versi IIHS, Top Safety Pick +, dengan enam model. Selain 2014 Honda Odyssey Honda juga menerima pujian serupa dengan 2013 Civic sedan dan coupe, 2013 Accord sedan dan coupe serta 2013 Acura TL.

(syu/ddn)

Tahun Depan Lamborghini Gallardo Terbaru Akan Lahir

Tahun Depan Lamborghini Gallardo Terbaru Akan Lahir Jakarta - Pabrikan Italia Lamborghini memang sudah menancapkan kuku di Indonesia, tampilan anyar dengan menggendong mesin terbaik sudah pasti doi tawarkan di dalamnya.

Nah kemarin Otolovers sudah langsung menyaksikan kelahiran generasi terbaru Lamborghini Aventador LP 700-4 Roadster yang menggendong V12 terbaru. lalu bagaimana kabar Lamborghini Gallardo V10?

"Tahun depan akan kami perkenalkan Lamborghini Gallardo V10 terbaru," kata Chief Exexcutive Officer PT Artha Auto, Johnson Yaptonaga.

Sayang Johnson masih enggan berbagi lebih lanjut akan produk terbaru mereka.

"Sabar nanti akan kami beritahu kembali," tambah Johnson dengan tenang.

(lth/syu)

Sunday, August 25, 2013

Honda Fit Shuttle Dipermak

Honda Fit Shuttle Dipermak Tokyo - Versi Multi Purpose Vehicle (MPV) dari Honda Fit/Jazz, Fit Shuttle kena permak. Tampang mobil yang dijual di Jepang ini kini dipoles agar makin menawan.

MPV kompak ini hadir dengan wajah baru dimana bumper depan dan grille sudah sedikit berubah. Pilihan desain pelek baru juga ditempatkan di facelift dari Fit Shuttle ini.

Honda Fit Shuttle juga memiliki versi hybrid yang sudah dilengkpai dengan interior berbalut kulit dan jok depan yang sudah dilengkapi pemanas. Aksen warna jingga (orange) juga hadir di roda kemudi, tuas persneling dan kursi untuk menambah suasana.

Sementara di jantungnya, masih bertahan mesin 4 silinder dengan kapasitas 1.5 liter. Mesin i-VTEC ini mampu memberikan tenaga hingga 120 bhp. Sedangkan versi hibrida memanfaatkan mesin bensin 1.3 liter motor listrik.

Mobil ini diketahui sudah mulai dijual di Jepang dengan harga mulai dari 1,64 juta yen atau sekitar Rp 179,7 jutaan sampai 1,99 juta yen atau sekitar Rp 218 jutaan.

(syu/ddn)

Porsche Siapkan Mobil Sport 4 Pintu?

Porsche Siapkan Mobil Sport 4 Pintu? Jakarta - Produsen mobil Porsche sepertinya punya niat kuat untuk meningkatkan penjualan mereka. Merek mobil Jerman ini dikabarkan tengah mempersiapkan sebuah mobil sport dengan empat pintu.

Saat ini Porsche diketahui tengah mempersiapkan supercar terbaru mereka, 918 Spyder untuk melawan Ferrari LaFerrari dan McLaren P1.

Namun kini, Porsche dikabarkan tengah mempersiapkan proyek terbaru mereka yakni Porsche 984. Nama 984 sendiri memiliki arti, 9 adalah kode untuk sport car di Porsche, sementara angka 8 kemungkinan menunjukkan jumlah silinder di mesinnya dan 4 adalah jumlah tempat duduknya.

Saat ini Porsche sebenarnya sudah punya Panamera yang memiliki konfigurasi tempat duduk 2+2, popularitas mobil ini dibanyak negara berkembang diperkirakan menjadi motivasi Porsche untuk membuat varian lain yang sejenis.

Tapi, berbeda dengan Panamera, 984 diperkirakan akan menjadi mobil sport yang lebih mahal dengan jumlah produksi yang terbatas.

Hal itu tidak mengherankan, karena Automobile memprediksi kalau mobil ini akan dilepas mulai dari 350.000 euro atau sekitar Rp 5 miliar.

(syu/ddn)

Lukas Podolski Lelang Helm

Lukas Podolski Lelang Helm Jakarta - Para penggila sepakbola tentu kenal dengan Lukas Podolski. Pesepakbola tim Arsenal ini siap melelang sebuah helm yang sudah dia tanda tangani.

Setelah melaju 18 km dengan Volkswagen Polo R WRC yang memiliki tenaga 315 hp, pesepakbola asal Jerman tersebut melepas sebuah helm untuk kemudian ditanda tangani. Menurut rencana, hasil lelang helm ini akan digunakan untuk amal/

"Saya mencintai kecepatan, jadi saya tidak takut sama sekali," kata Podolski setelah mencoba mobil reli tersebut.

"Anda akan banyak terguncang, seperti berada di mesin cuci. Kiri, kanan, atas, bawah. Itu benar-benar adalah olahraga kinerja tinggi, dan saya sangat hormat," ceritanya tentang pengalaman menaiki mobil reli.

Helm yang digunakan Podolski sendiri adalah Peltor Pro Rally Helmet G78. Uniknya, para pemenang lelang bukan hanya akan mendapat helm ini ketika memenangkan lelang, tapi juga akan mendapat kesempatan untuk menjadi penumpang di Volkswagen Polo R WRC, meski tidak dijelaskan siapa yang akan jadi pengemudinya.

Keuntungan dari lelang yang digelar di situs eBay ini akan digunakan Lukas Podolski Foundation untuk membantu anak-anak dan anak muda melalui olahraga dan proyek pendidikan di Polandia dna Jerman.

(syu/ddn)

Saturday, August 24, 2013

Ini Dia Wujud Ertiga Elegan

Ini Dia Wujud Ertiga Elegan Jakarta - Sesuai dengan janjinya, Suzuki akhirnya memiliki varian Ertiga Elegan untuk konsumennya di Indonesia. Meski belum resmi diluncurkan tapi penampakannya sudah bisa ditemui di beberapa diler Suzuki di Jakarta.

4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales, Endro Nugroho juga membenarkan kalau Ertiga Elegan sudah mulai diproduksi bahkan sudah ada di beberapa diler Suzuki.

"Ini merupakan wujud komitmen kami untuk konsumen dan memang handirnya Ertiga Elegan ini merupakan masukan dari konsumen," kata Endro di diler Suzuki Cinere, Sabtu (24/8/2013).

Dijelaskan Endro, Ertiga Elegan ini merupakan versi full aksesoris resmi dari Suzuki. Ada beberapa penambahan aksesoris baik di interior ataupun di interiornya.

Sayang, Endro masih belum membocorkan apa saja perubahan atau penggunaan aksesorisnya. "Pokoknya banyak menggunakan aksesoris dan ini aksesoris resmi dari Suzuki. Kita juga tidak memproduksi banyak, hanya 300 unit dalam sebulannya," katanya.

Sementara itu, mengenai harganya mengalami kenaikan sebesar Rp 11 juta dari harga Ertiga versi paling tinggi. "Pokoknya naik Rp 11 juta harganya dan ini memang khusus konsumen Ertiga yang ingin tampil beda," tutupnya.

(ady/ddn)

Suzuki: Masih Terlalu Awal untuk Naikan Harga

Suzuki: Masih Terlalu Awal untuk Naikan Harga Jakarta - Beberapa hari belakangan ini nilai tukar dolar terhadap rupiah sedang menguat. Ada beberapa pabrikan mobil yang sudah memiliki rencana untuk menaikan harga jualnya.

Tapi untuk pabrikan Suzuki menilai masih terlalu awal untuk menaikan harga mobil dalam waktu dekat ini.

4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales, Endro Nugroho mengatakan tentunya pengaruh dollar menguat ini akan berpengaruh, dan bukan pada Suzuki saja tapi juga akan berimbas kepada seluruh merek mobil yang ada di Indonesia.

"Kita tunggu dan liat dulu, mungkin masih terlalu awal bagi kami memutuskan untuk menaikan harga atau tidak," kata Endro di diler Suzuki Cinere, Sabtu (24/8/2013).

Dijelaskannya, untuk menaikan harga mobil tidak bisa secepat menaikan harga barang elektronik. Perlu pengkajian yang lebih dalam lagi agar tidak salah langkah.

"Kami akan mengkaji, tren rupiah agak loyo ini kami sedang menghitung ulang, apakah kami masih kuat dengan kondisi dolar yang terakhir," ujarnya.

(ady/ddn)

Meluncur di IIMS, Swift Sport Dibanderol Mulai Rp 299 Juta

Meluncur di IIMS, Swift Sport Dibanderol Mulai Rp 299 Juta Jakarta - Setelah mengajak sejumlah awak media untuk menguji ketangguhan Swift Sport di Sirkuit Sepang, Malaysia, Suzuki nampaknya akan segera meluncurkan Swift Sport itu di Indonedsia.

4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales, Endro Nugroho menuturkan kalau peluncuran Swift Sport itu akan dilakukan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, September mendatang.

"Diluncurkannya IIMS dan untuk harganya dimulai dari Rp 299 juta sampai Rp 300 jutaan," tegas Endro di diler Suzuki Cinere, Sabtu (24/8/2013).

Endro menambahkan kalau Swift Sport itu harganya memang beda dengan Swift model biasa terutama dari segi performa. Jadi untuk segmennya itu sendiri juga berbeda. Hanya orang-orang yang menyukai jiwa sporty saja.

"Target kita juga tidak akan banyak-banyak. Kita paham karena marketnya juga tidak terlalu banyak jadi Swift Sport ini tidak akan jadi volume maker. Yang penting kalau ada orang yang menanyakan ada Swift Sport, kita bisa jawab, ada," ujarnya.

Selain itu, Endro juga mengatakan kalau Swif Sport ini akan diimpor secara utuh atau CBU dari Jepang. Bahkan di beberapa diler, sudah bisa di pesan.

"Untuk dibeberapa diler mungkin ada yang sudah mulai membuka inden untuk Swift Sport ini," tuntasnya.

(ady/ddn)

Tahun Depan Ngecas Smartphone di Mobil Tanpa Kabel

Tahun Depan Ngecas Smartphone di Mobil Tanpa Kabel Detroit - Teknologi yang ditawarkan di dalam mobil kedepannya akan semakin canggih dan pastinya pengguna mobil akan merasa dimudahkan dengan adanya teknologi modern itu.

Salah satunya teknologi yang akan ditawarkan oleh pabrikan mobil General Motors (GM) mengenai pengisian baterai smartphone di mobil tanpa menggunakan kabel. Demikian dilansir Bloomberg, Sabtu (24/8/2013).

Menurut Chief Executive Officer Powermat Technologies Limited Ran Poliakine, rencananya sistem pengisian baterai nikrabel untuk ponsel pintar akan mulai direalisasikan tahun depan di beberapa model mobil GM yang baru.

Dengan teknologi ini, pengguna mobil yang memiliki ponsel pintar jika hendak mengisi baterainya tidak perlu mencolokan kabel ke pematik api atau slot USB. Tapi sayangnya, cara seperti ini tidak bisa dilakukan oleh semua jenis smartphone hany ada beberapa merek saja.

Kalau tidak menggunakan kabel, lalu darimana baterai ponsel pintar itu akan terisi? Nantinya, baterai ponsel pintar itu akan terisi dengan sendirinya ketika smartphone itu diletakan dipermukaan tertentu dibagian mobil.

Lebih lanjut, konsep seperti ini sebenarnya sudah lama diperkenalkan pada Chrysler Group pada Dodge Fart buatan 2013 dan disiapkan untuk Jeep Cheroke model 2014. Untuk pabrikan Jepang yang akan menggunakannya yakni Toyota pada Avalon 2013 sebagai opsional.

"Mobil itu adalah bagian yang paling penting bagi kehidupan manusia termasuk smartphone," kata Poliakine.

(ady/ddn)

Sudah 123.720 Orang yang Test Drive Ertiga

Sudah 123.720 Orang yang Test Drive Ertiga Jakarta - Sejak pertama diluncurkan, MPV terbaru dari Suzuki, Ertiga langsung mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia. Antusiasme masyarakat dibuktikan dengan banyaknya yang membeli dan melakukan test drive Ertiga.
Sampai saat ini tercatat sudah ada 123.720 orang yang sudah melakukan test drive Ertiga di seluh wilayah Indonesia.
"Angka itu secara nasional dan yang sudah inden per bulan Juli ada 17.091 orang dan yang belum bisa kita penuhi ada sekitar 4.500 orang lagi," kata Coordinator Area Sales Jabodetabek, Pang Tji Jen di diler Suzuki Cinere, Sabtu (24/8/2013).
 
3 Program Pengundian Ertiga
1. Family Excitest Drive Periode IV (1-31 Juli 2013)

Setiap konsumen yang melakukan test drive Suzuki Ertiga untuk tipe apapun berhak mengikuti undian hadiah diseluruh diler resmi Suzuki dengan cara mengisi kupon undian secara lengkap dan distempel oleh diler yang bersangkutan serta hanya diperbolehkan mengisi 1 (satu) kupon dengan 1 (satu) nama konsumen.

Pada program ini, bagi konsumen Suzuki di seluruh wilayah Indonesia yang telah melakukan test drive dan indent Suzuki Ertiga berkesempatan memenangkan Hadiah Undian Utama 6 unit Suzuki Ertiga tipe GA untuk calon konsumen yang hanya melakukan test drive tanpa indent juga berkesempatan meraih hadiah 24 Paket Wisata Keluarga, pemenang dapat mengajak maksimal 3 orang.

2. Ertiga Juara, Periode IV (1-31 Juli 2013)

Dengan mengisi kupon undian dalam program ”Ertiga Juara” ini, para konsumen yang telah melakukan pembelian khusus Suzuki Ertiga (Faktur Polisi) pada periode 1 April 2013 sampai dengan 31 Juli 2013 dapat memperoleh kesempatan memenangkan Hadiah Undian dan Hadiah Langsung.


Dalam program ”Ertiga Juara”, Konsumen Suzuki yang menjadi Pemenang akan mendapatkan hadiah utama 12 unit Suzuki ERTIGA Double Blower tipe GL dan beragam hadiah menarik lainnya seperti 12 Blackberry Z10, 12 Apple Iphone 5, 12 Samsung Galaxy S3, 12 Apple Ipad Mini yang setiap periodenya dapat dibawa pulang oleh 3 orang pemenang untuk masing-masing item hadiah.

Selain hadiah undian, bagi pembeli mobil Suzuki ERTIGA akan mendapatkan hadiah langsung berupa GPS - Garmin Nuvi 50’ atau Cool Box - Tropicool TC21FL selama periode berlangsung.

3. Ertiga Inden, Periode II (1-31 Juli 2013)

Ini merupakan program khusus bagi konsumen yang melakukan inden Suzuki Ertiga. Adapun inden yang dimaksud dalam program bertajuk ’Ertiga Inden’,  adalah inden satu bulan atau lebih dimana konsumen membayar sejumlah uang sebagai tanda jadi untuk transaksi mobil dan menunggu selama 1 bulan atau lebih untuk mendapatkan unit tersebut sesuai kesepakatan dengan diler.

Dalam program ini, tersedia 2 (dua) bentuk hadiah menarik dan melimpah setiap periodenya, yaitu Hadiah Undian dan Hadiah Langsung bagi para konsumen yang telah melakukan inden Suzuki Ertiga dengan inden 1 bulan atau lebih (berdasarkan SPK) pada periode 1 Juni 2013 sampai dengan 31 Agustus 2013 dan mengisi kupon undian selama periode berlangsung.

Berikut Daftar pemenangnya :

Family Excitest Drive


Pemenang Paket Wisata:
Nama: UC Rahmat
Dealer: APM
Kota: Jakarta
Nama: Dedi Ari


Dealer: SBAM
Kota: Cilacap
Nama: I Made Purna

Dealer: UIB


Kota: Bali
Nama: Sumarun


Dealer: IMT
Kota: Tanggerang
Pemenang Ertiga GA


Nama: Joko Sri
Dealer: SIU
Kota: Solo
Ertiga Juara


Pemenang Ipad Mini
Nama: PT IKKO Mobil
Dealer: BIT
Kota: Jakarta Selatan
Nama: Sri Indiyah


Dealer: UMC
Kota: Tulungagung
Nama: PT Indofood Fritolay


Dealer: Pusaka
Kota: Jakarta Selatan
Pemenang Samsung Galaxy S3


Nama: Mokhamad Fatoni
Dealer: UMC
Kota: Mojokerto
Nama: PT. Mitra Pinasthika


Dealer: BAT
Kota: Tanggerang
Nama: Cecep Rozak


Dealer: BIT
Kota: Jakarta Pusat
Pemenang Iphone 5


Nama: Lukmantara
Dealer: BIT
Kota: Tanggerang
Nama: Hani Grace


Dealer: CAB
Kota: Bogor
(ady/ddn)

KIA Picanto dengan Sentuhan Baru

KIA Picanto dengan Sentuhan Baru Seoul - Hatchback ringkas dari pabrikan mobil KIA, Morning atau di beberapa negara termasuk Indonesia dikenal dengan sebutan Picanto sudah mendapatkan sentuhan baru untuk model tahun 2014.

Pabrikan asal Korea Selatan ini mulai membocorkan perubahan dan penyegaran yang terjadi di KIA Picanto model 2014. Demikian detikOto lansir di Car.donga.com, Sabtu (23/8/2013).

Dari bagian eksteriornya, Picanto model teranyar ini sudah menggunakan lampu LED DRL yang terintegrasi, sentuhan grill dan bemper baru yang semakin membuat Picanti lebih sporti.

Untuk grilnya terlihat lebih besar, lampu kabut dan bemper baru yang lebih sporti.

Sementara untuk panel instrumennya mengalami perubahan dari mulai layar multimedia model terbaru, kain jok baru dan beberapa perubahan lainnya di dalam kabin.

Untuk fitur keselamatannya, Picanto terbaru ini sudah memiliki 7 airbag termasuk aibag untuk lutut. Ini menjadikan Picanto hatchback paling aman.

Tak hanya itu, KIA juga menawarkan sistem Cornering Brake Control untuk menjaga kestabilan mobil saat berada ditikungan dan juga tersedia sensor parking.

Jantung pacunya itu sendiri masih dibekali mesin berkapasitas 1.0 liter yang dapat menekan tenaga 82 PS yang dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan manual 5 percepatan dan 4 percepatan otomatis.

(ady/ddn)

Terrano Jadi Andalan Nissan

Terrano Jadi Andalan Nissan Mumbai, India - Nissan 20 Agustus 2013 lalu memamerkan Terrano terbaru di Mumbai, India. Mobil ini akan menjadi andalan Nissan di negara berkembang itu.

Terrano akan diproduksi di pabrik Oragadam, Chennai. Di India, Terrano akan menambah line up mobil yang diproduksi di sana setelah March dan Sunny.

Konsep dari Terrano adalah sebuah SUV yang premium, stylish, dan compact.

Jika melihat eksteriornya, mobil memiliki desain modern yang memberikan aspek kuat dan dinamis.

Di saat yang bersamaan Nissan mempertahankan desain tradisional yang bisa dilihat pada model-model seperti Patrol dan Pathfinder. Bahasa desain mobil ini disebut V-Motion.

Sementara kualitas interior sudah ditingkatkan. Ada ruang yang cukup nyaman untuk penumpang.

Dashboard two tone-nya memiliki aksen krom seperti pada lubang AC. Sementara konsol tengah disempurnakan dengan warna hitam.

Nissan akan mulai menerima pemesanan mobil ini mulai 1 September, dengan harga sekitar Rp 164 jutaan. (Klik selanjutnya untuk melihat galeri foto)

Friday, August 23, 2013

Mobil China Contek Ford Ecosport?

Mobil China Contek Ford Ecosport? Beijing - Perusahaan China terkadang memang suka mengikuti desain perusahaan lain, lihat saja desain mobil ini. Sekilas pandang mobil China ini mirip dengan desain Ford Ecosport.

Dikutip dari China Car Times, mobil ini adalah Beijing EC20 yang merupakan Sport Utility Vehicle (SUV) kompak yang dibuat oleh Beijing Auto.

Sekilas, garis desain mobil ini mirip dengan Ford Ecosport namun buritannya mirip dengan Beijing SC20. Bedanya, Beijing Auto menghilangkan ban cadangan di bagian belakang.

Dimensi mobil ini memiliki panjang 4,3 meter dengan lebar 1,7 meter yang membuatnya lebih kecil dibanding rival-rivalnya sesama mobil China seperti Haval H6 dan Chery Tiggo3.

Sementara tenaganya berasal dari mesin 1.3 liter dan 1.5 liter yang bersanding dengan transmisi manual 5-speed dan transmisi otomatis 4-speed.

Untuk harganya, harga mobil ini diperkirakan akan dimulai dari angka 60.000 RMB atau sekitar Rp 101,9 jutaan.

(syu/ddn)

Toyota Pertimbangkan Versi Garang dari 86

Toyota Pertimbangkan Versi Garang dari 86 Tokyo - Kurang puas dengan tenaga mobil sport Toyota 86? Tenang Toyota memastikan kalau mereka tengah mempersiapkan 86 yang lebih dahsyat dengan mesin yang lebih besar.

"Saya harap bisa melakukan upgrade mesin setidaknya satu kali dengan mobil ini," ujar Chief Engineer 86 Tetsuya Tada dalam wawancara dengan majalah Drive Australia seperti dikutip dari Leftlanenews.

"Kami sudah mencoba semua kemungkinan. Dan ada beberapa prototipe di Toyota proving ground saat ini. Satu mobil dengan turbocharger, satu dengan displacement yang lebih besar dan yang terakhir dengan menggunakan sistem hybrid. Semua kemungkinan tengah dipertimbangkan," ujarnya.

Rumornya, salah satu mesin Toyota 86 yang disebut Scion FR-S di Amerika ini akan menggunakan mesin berkapaitas 2.5-liter yang mampu menyemburkan 254 tenaga kuda, meningkat hingga 54 tenaga kuda yang dari mesin sebelumnya yang berkapasitas 2.0-liter.

Namun jika Toyota memutuskan untuk menempelkan teknologi hybrid, disinyalir Toyota 86 akan menggendong mesin bensin yang dikawinkan dengan motor listrik yang jauh lebih sederhana dibandingkan dengan Prius.

Hal ini demi mempertahankan bobot mobil yang ringan dan membuat harga tetap terjangkau.

(lth/ddn)

PPnBM Naik Harga Moge Yamaha Meroket

PPnBM Naik Harga Moge Yamaha Meroket Jakarta - Yamaha memang tengah mempersiapkan 4 moge untuk diluncurkan di Tanah Air. Keempat motor itu adalah Yamaha R1, R6, TMax dan VMax yang dikabarkan akan meluncur akhir tahun ini.

Tapi pecinta moge Yamaha di Indonesia harus siap-siap soalnya harga motor bakal meroket.

"Jadi Yamaha tetap optimistis mau meluncurkan moge di akhir tahun ini. Meski banyak tantangan terutama yang masalah yang baru mengenai PPnBM, moge akan dikeluarkan sesuai rencana," ujar General Manager Marketing Communication & Community Development PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Eko Prabowo kepada detikOto, Sabtu (24/8/2013).

Eko mengklarifikasi pernyataan sebelumnya yang menyebutkan motor gede Yamaha batal diluncurkan tahun ini.

Selama ini tarif PPnBM roda dua berkapasitas silinder lebih dari 500 cc pada angka 75 persen.

"Masalahnya naiknya itu bukan hanya 2 persen atau beberapa persen, kenaikannya cukup drastis," pungkasnya.

Dengan kenaikan PPnBM hingga 125-150 persen dan membuat harga moge menjadi mahal, dia menuturkan pembeli moge diprediksi tetap ada.

"Meski harganya nanti jadi naik karena kenaikan PPnBM, tapi segmen moge terutama yang suka dengan Yamaha tetap ada di Indonesia, dan mereka akan tetap hajar untuk membelinya," ujarnya
(ddn/ddn)

Bugatti Siapkan Penerus Veyron

Bugatti Siapkan Penerus Veyron California - Beberapa bulan belakangan berhembus rumor kalau Bugatti hendak melahirkan Super Veyron, sebuah supercar bertenaga 1.500-1.600 bhp. Namun, rumor itu dibantah Bugatti. Merek ini malah mengatakan sedang mengembangkan penerus Veyron.

Rumor terkait Bugatti Super Veyron belakangan memang menggoda para penggila kecepatan. Bukan apa-apa, dengan tenaga 1.000 bhp saja Veyron telah menjelma menjadi mobil terkencang di dunia, apalagi tenaganya di dongkrak hingga 1.600 bhp. Itu tentu akan membuat semua pecinta otomotif gila.

Namun Presiden Bugatti Wolfgang Schreiber seperti dilansir autoblog, menepis isu itu. Dia mengatakan Bugatti tidak berniat membuat Super Veyron. Tapi, dia mengakui kalau merek yang berada di bawah naungan Volkswagen Group itu sedang merencanakan pengganti Veyron.

Menurut rencana, masa bakti Veyron akan berakhir di 2015 mendatang setelah 450 unit selesai diproduksi. Dan sesaat setelahnya model baru pengganti mobil terkencang di dunia ini akan diperkenalkan.

Meski begitu, dia menolak untuk merinci bagaimana pengganti mobil ini kelak walau ada yang berspekulasi kalau mobil itu akan menggunakan mesin W16 dengan quad-turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga 1.200 hp.

(syu/ddn)

Layanan Penggantian Ban Dunlop untuk Mobil Rental

Layanan Penggantian Ban Dunlop untuk Mobil Rental Tangerang - Mengganti ban di tengah jalan pasti membuat repot. Untuk mengatasinya PT Surya Sudeco (Tunas Rental) bekerja sama dengan eXpressTyres dan PT Sumi Rubber Indonesia (produsen Dunlop) meluncurkan salah satu produk layanannya, Mobile Tyre Service.

Mobile Tyre Service merupakan pelayanan penggantian ban di tempat pertama di Indonesia.

"Konsep layanan terbaru dari Tunas Rental ini tercipta karena bentuk komitmen PT Surya Sudeco kepada para pelanggan untuk memberikan yang terbaik dalam hal pelayanan," ujar President Director PT Surya Sudeco (Tunas Rental) Tenny Febyana Halim, dalam siaran pers, Sabtu (24/8/2013).

Dalam menjalankan pelayanan Mobile Tyre Service ini, Tunas Rental idukung oleh eXpress Tyres (sebagai penyedia mobile tyre service) dan PT Sumi Rubber Indonesia (sebagai penyedia ban Dunlop).

eXpress Tyres merupakan perusahaan mobile tyre service pertama dan terbesar di Indonesia dengan konsep layanan terintegrasi untuk menjawab kebutuhan pembelian, pemeliharaan ban kendaraan yang digagas pada tahun 2006 dan beroperasi penuh tahun 2007 hingga saat ini.

"eXpress Tyres juga merupakan bagian dari jaringan penjualan resmi dari ban merk Dunlop yang diproduksi oleh PT. Sumi Rubber Indonesia, dengan demikian layanan dan produk yang diberikan oleh eXpress Tyres selalu memenuhi standar dari pabrikan ban terkemuka tersebut," terang Business Director eXpress Tyres Fardian Suryana.

(ddn/ddn)

Kenya Saja Bisa Bikin Mobil, Harga Rp 64 Juta

Kenya Saja Bisa Bikin Mobil, Harga Rp 64 Juta Nairobi - Bila ingin berusaha, sebuah negara bisa membuat mobil seperti negara-negara maju. Lihat saja Kenya, meski tidak bisa dibilang negeri kaya, Kenya ternyata sudah bisa memproduksi mobil sendiri. Namanya Mobius Two.

Mobil ini adalah mobil segala medan yang sanggup melibas jalanan rusak. Kekuatan adalah yang utama karena memang fasilitas jalan belum memadai, terutama di pedesaan di benua Afrika.

Mobil ini sudah mulai diproduksi oleh Mobius Motors dengan kapasitas enam dan delapan orang dewasa. Bila dijadikan alat angkut barang, mobil ini bisa mengangkut muatan hingga 1.100 pon atau sekitar 500 kg.

Tubuh mobil yang mirip mobil off road tersebut dibangun dari kerangka baja tubular yang dapat dengan aman dilas kembali jika rusak, dengan begitu, perbaikan mobil ini bila ada masalah tidak akan mahal.

Mesinnya menggunakan mesin Toyota meski spesifikasi detailnya belum diungkapkan.

Hanya saja Mobius, menurut Left Lane News, sudah mengatakan kalau sudah 35 persen dari komponen yang dibuat dari sumber lokal dan persentase itu akan terus ditingkatkan di masa depan.

Pendiri Mobius sendiri adalah Joel Jackson, seorang insinyur komputer Inggris yang berharap bisa menjual 500 Mobius Twon hingga akhir tahun nanti.

Hal itu sangat mungkin tercapai, sebab harga mobil ini hanyalah sekitar US$ 6.000 atau sekitar Rp 64 jutaan. Dengan angka ini, maka Mobius Twon pun menjadi mobil off road termurah di dunia.


(syu/ddn)

Wednesday, August 21, 2013

KIA Siap Luncurkan Optima di September

KIA Siap Luncurkan Optima di September Jakarta - Produsen mobil KIA bersiap kembali menggebrak pasar mobil Indonesia. Bulan depan merek Korea ini bakal memperkenalkan sedan terbaru mereka, KIA Optima.

Marketing Communication Manager PT KIA Mobil Indonesia (KMI) Ridjal Muljadi membocorkan kalau ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) bakal menjadi ajang kelahiran mobil ini.

"Ya, di IIMS kita akan luncurkan Optima," kata Ridjal di Jakarta.

KIA Optima sendiri dibekali mesin I4, DOHC dengan 16 valve berkekuatan 200 hp di rpm 6.300 dengan torsi 186 lb-ft di 4.250 rpm.

"Untuk harga, nanti saja pas peluncuran ya," elaknya ketika ditanya berapa kira-kira berapa harga jual mobil ini kelak.

(syu/ddn)

Toyota-Daihatsu Bisa Produksi 20.000 Mobil Murah Hingga Akhir Tahun

Toyota-Daihatsu Bisa Produksi 20.000 Mobil Murah Hingga Akhir Tahun Jakarta - Duet maut mobil murah Toyota Agya dan Daihatsu Ayla sudah siap dipasarkan. Kedua merek ini hanya tinggal menunggu izin dari pemerintah. Bila izin itu keluar, puluhan ribu Agya dan Ayla bisa diproduksi di sisa tahun ini.

Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Sudirman MR menjelaskan kalau semua pihak saat ini sedang menanti verifikasi yang tengah dilakukan pemerintah terkait perusahaan-perusahaan yang ingin ikut serta dalam program Low Cost and Green Car (LCGC).

"Saat ini baik Toyota dan Daihatsu sudah mendaftar. Saat ini sedang di verifikasi. Jadi kalau verifikasi selesai, izin keluar, mobil sudah bisa langsung di distribusikan. Masalahnya, kapan selesainya kami tidak tahu, kami sih ingin secepatnya," papar Sudirman.

"Target sulit kami sampaikan. Hanya saja bila akhir Agustus ini atau awal September izinnya keluar kami sudah bisa mulai produksi secara bertahap."

"Di bulan pertama mungkin hanya bisa 2.000 unit, lalu meningkat ke 4.000 di bulan berikutnya, lalu 8.000. Kalau hitungan awal September keluar izin, sampai sisa tahun bisa 20-25 ribu unit," tambah Sudirman.

Syarat LCGC

Untuk mengikuti program LCGC, tiap perusahaan yang ingin ikut serta harus mampu memproduksi mobil dengan efisiensi bahan bakar tinggi. Dengan kapasitas antara 980-1.200 cc, mobil LCGC harus bisa menampilkan efisiensi minimal 20 km/liter. Untuk yang bermesin diesel, kapasitasnya bisa sampai 1.500 cc.

Mobil-mobil itu juga harus mengkonsumsi bahan bakar dengan spesifikasi minimal Research Octane Number (RON) 92 untuk motor bakar cetus api dan Cetane Number (CN) 51 untuk diesel.

Ada pula kewajiban yang mengatur penggunaan tambahan merek, model, dan logo yang mencerminkan Indonesia, serta mengatur besaran harga jual mobil LCGC paling tinggi Rp 95 juta berdasarkan lokasi kantor pusat Agen Pemegang Merek.

Mengenai besaran harga, dalam petunjuk teknis disebutkan dapat disesuaikan apabila terjadi perubahan-perubahan pada kondisi atau indikator ekonomi yang meliputi besaran inflasi, kurs nilai tukar Rupiah dan/atau harga bahan baku. Termasuk juga dalam penggunaan transmisi otomatis dan/atau teknologi pengaman penumpang.

Untuk penyesuaian harga berdasarkan penggunaan teknologi transmisi otomatis maksimum sebesar 15%, sedangkan untuk penggunaan teknologi pengaman penumpang maksimum sebesar 10%.

Itu untuk mobilnya. Sementara untuk perusahaannya, produsen mobil yang ingin memproduksi mobil murah harus memenuhi syarat administratif untuk bisa mendapat fasilitas penghapusan pajak penjualan barang mewah (PPn BM). Setidaknya ada 4 syarat yang harus dipenuhi oleh para pabrikan atau Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM).

Pertama, setiap Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) wajib memberikan hasil uji konsumsi bahan bakar, uji ketentuan teknis, bukti visual penggunaan tambahan merek Indonesia, termasuk model dan logo yang mencerminkan Indonesia.

Kedua, setiap perusahaan wajib memberikan data dan bukti realisasi investasi, manufaktur motor penggerak (mesin), transmisi, dan axle, termasuk rencana menggunakan komponen lain dari pasokan lokal.

Ketiga, pemberian surat pernyataan bermaterai berisi harga jual produk LCGC ke konsumen sesuai ketentuan yang berlaku. Keempat, seluruh ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan sebelumnya wajib lolos verifikasi oleh lembaga independen Surveyor.

Tanpa memenuhi keempat peryaratan tersebut, setiap ATPM tidak bisa mendapatkan potongan PPnBM. Menperin akan menerbitkan surat penetapan penerima insentif program LCGC paling lambat 12 hari kerja sejak diterimanya surat permohonan secara lengkap dan benar.

Program LCGC ini sendiri bertujuan untuk mendorong dan mengembangkan kemandirian industri otomotif nasional, khususnya industri komponen kendaraan bermotor roda empat agar mampu menciptakan motor penggerak, transmisi dan axle yang berdaya saing seiring dengan peningkatan permintaan kendaraan bermotor yang hemat energi dan harga terjangkau.

(syu/ddn)

3 Model Mobil Renault Siap Sapa Indonesia

3 Model Mobil Renault Siap Sapa Indonesia Jakarta - Merek mobil Prancis, Renault, siap masuk Indonesia. Untuk gebrakan pertama, Renault akan segera melepas tiga model sekaligus yakni Duster, Megane dan Koleos.

Renault menurut Sales & Marketing Division Head PT Auto Euro Indonesia Ario Soerjo akan menggunakan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) yang akan digelar 19-29 September mendatang sebagai momen kembalinya Renault ke Indonesia.

"Di IIMS akan kita perlihatkan semuanya," ujar Ario di Jakarta.

Renault, lanjut Ario, akan mulai memperkenalkan beberapa model. "Duster, Koleos dan Megane. Kita juga mau meluncurkan Megane edisi khusus, kita dapat 3 unit dari 500 unit Megane edisi khusus yang diproduksi kali ini," jelasnya.

Bicara mengenai Duster, mobil ini adalah basis yang digunakan Nissan untuk Terrano generasi keempat yang baru saja diperkenalkan di India. Sport Utility Vehicle (SUV) ini memiliki beberapa pilihan sistem penggerak mulai dari 4x2 dan 4x4 yang membuatnya bisa digunakan di segala medan.

Sementara adalah sebuah SUV kompak yang pertama kali diperlihatkan di Geneva pada 2008 dan dipermak di tahun 2011. Sebagai sebuah SUV kompak mobil ini menawarkan kenyamanan ala sedan, daya angkut ala MPV namun tetap tangguh seperti sebuah SUV.

Sedangkan Megane, Renault memiliki berbagai varian seperti Megane Estate, Megane Coupe, Megane Berline, Megane Coupe-Cabriolet dan Megane RS. Belum diketahui model apa yang akan masuk ke Indonesia nanti.

"Kita juga akan preview Renault Clio. Ada juga mobil F1 punya tim Lotus yang akan kita bawa," lugasnya.

(syu/ddn)

5 Atlet Paling Kaya dengan Mobil Mereka

5 Atlet Paling Kaya dengan Mobil Mereka Jakarta - Baru-baru ini Forbes membuat daftar atlet dengan bayaran tertinggi di dunia. Bagi pecinta otomotif yang membuat penasaran apa saja mobil mereka?

Berikut daftarnya seperti dilansir autofluence.com.

Suara Kletekan di Mesin Honda Blade

Suara Kletekan di Mesin Honda Blade Jakarta - Hallo detikOto, pada mesin motor Honda Blade keluaran 2011 saya ada suara kletekan waktu mesin dipanaskan. Tetapi kalau sudah jalan suara tersebut tidak terlalu kedengaran.

Padahal motor baru diservis di AHASS sekitar Jakarta Timur, dan saya sudah sampaikan keluhan saya, tapi kok suara kletekan malah tambah parah ya?

Apa penyebab suara tersebut?
Terima kasih
Endien Akhiruddin Hebring

Jawaban

Hallo mas bro Endhien, salam detikOto.

Kalau melihat usia dari motor Anda apakah pernah dilakukan penggantian cam chain (rantai keteng)?

Dengan masa pakai selama 2 tahun bisa dimungkinkan rantai keteng motor blade Anda mulai aus, dan biasanya kalau komponen ini aus bunyinya lebih berasa pada saat mesin dingin, dan saat panas mulai menurun suaranya.

Akan tetapi apabila anda sudah pernah ganti spare part di atas, maka coba dicek lifter assy tensioner.

Ini adalah komponen yang bertugas menekan rantai keteng agar tidak kendor.

Biasanya part ini lebih kuat dari keteng, akan tetapi bisa juga kinerjanya mulai lemah sehingga tidak bisa membuat rantai keteng lebih kencang saat mesin bekerja.

Untuk solusi diatas silakan dikerjakan di bengkel kepercayaan Anda.

Terima kasih
Andriyanto-Bintang Motor

(ddn/ddn)

Mahindra Dibantu 18 Perusahaan Karoseri Lokal

Mahindra Dibantu 18 Perusahaan Karoseri Lokal Jakarta - Mobil-mobil Mahindra yang dijual di Indonesia memang didatangkan langsung dari India. Tapi sebelum dijual harus sedikit dimodifikasi agar dapat menyesuaikan dengan kondisi pasar di Indonesia.

General Manager PT Tawang Swasti Rawikara, Mahindra, Mizan Allan de Neve menuturkan kalau dalam memodifikasi mobil tersebut, Mahindra dibantu atau bekerjasama dengan 18 perusahaan karoseri yang ada di Indonesia.

"Untuk modifikasi kaca spion, jok dan lain sebagainya kita kurang lebih ada 18 karoseri. Masing-masing karoseri itu memodifikasi mobil Mahindra agar sesuai dengan pasar Indonesia," tutur Mizan saat ditemui detikOto, Rabu (21/8/2013).

Dijelaskan Mizan, dengan dibantu oleh karoseri dari sisi cost bisa lebih efisien dan memang dari Indianya itu sendiri mengerti. Dalam artian pihak Mahindra di India tak mengharuskan mobil yang akan dikirim ke Indonesia harus diubah disana.

"Karena kalau dimodifikasi di India waktunya tidak cukup atau kelamaan karena kita sudah harus launching sesegera mungkin," katanya.

Lalu kapan Mahindra Indonesia akan melakukan prosesi launching untuk umum? Mizan menambahkan kalau prosesi launching untuk umumnya belum ditetapkan kapan waktunya.

"Kita targetnya untuk tahun ini penjualan dulu dan launching itu hanya tradisi saja, justru yang kita lebih prioritaskan adalah supaya si user bisa dapat memiliki mobilnya dulu," katanya lagi.

Jadi, lanjutnya Mahindra di Indonesia akan tetap melakukan launching untuk umum tapi bentuknya berbeda dengan pabrikan lainnya yang selalu meluncurkan produk di hotel-hotel berbintang yang ada di Jakarta .

"Kita akan launching tapi bentuknya bukan dilakukan di hotel mewah, konsep kita beda. Kita konsepnya outdor dan akan dilakukan di tempat-tempat seperti perkebunan, perkebunan," ujarnya.

Fokus di 7 Wilayah Indonesia

Mizan mengatakan untuk memperluas pasar pabrikan mobil asal India ini akan fokus di 7 wilayah.

"Kita akan bagi 7 region diantaranya Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara. Untuk Nusa Tenggara Timur dan Barat kita satukan di Nusa Tenggara," ujarnya.

Dijelaskannya, di wilayah-wilayah tersebut nantinya akan didirikan beberapa diler Mahindra yang siap melayani konsumennya. Terutama di wilayah Sumatera dan dan Kalimantan yang potensi pasar untuk kendaraan komersial cukup besar.

"Kita sedang koordinasi dengan wilayah-wilayah yang akan menjadi sasaran kita. Terutama di Sumatera dan Kalimantan karena di sana merupakan basis produksi pertambangan dan lain sebagainya yang harus menggunakan mobil yang tangguh," katanya.

(ady/ddn)

Mobil Mahindra Didatangkan Langsung dari India

Mobil Mahindra Didatangkan Langsung dari India Jakarta - Masih terlalu dini bagi Mahindra untuk membangun pabrik perakitan mobil di Indonesia. Jadi untuk sementara ini, semua mobil Mahindra yang dijual di Indonesia masih dikirim langsung atau Completely Built-Up (CBU) dari India.

Pernyataan itu diungkapkan langsung oleh General Manager PT Tawang Swasti Rawikara, Mahindra, Mizan Allan de Neve kepada detikOto di Jalan Sultan Iskandar Muda No.68 C, Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (21/8/2013).

"Semua produknya memang kita datangkan langsung dari India. D isini (Indonesia) hanya sedikit dimodifikasi dari spek yang ada di India untuk menyesuaikan kondisi di Indonesia," tutur pria berbadan tegap ini.

Dijelaskannya, setelah mobil Mahindra yang didatangkan langsung dari India tidak bisa langsung dijual karena ada beberapa modifikasi untuk penyesuaian seperti kaca spion, jok depan dan lain sebagainya.

"Kalau di India spion kiri tidak perlu dan ada penyesuaian di jok depan. Jadi mobil itu sampai di sini kita modifikasi sedikit agar sesuai dengan pasar Indonesia," ujarnya.

Setelah dimodifikasi itu, semua mobil diperiksa kembali dan setelah dinyatakan sudak laik jalan maka dibawa ke diler kemudian sudah bisa dijual untuk umum




(ady/ddn)

Strategi Mahindra Bersaing di Pasar Penuh Merek Jepang

Strategi Mahindra Bersaing di Pasar Penuh Merek Jepang Jakarta - Pasar otomotif nasional dikuasai oleh merek-merek keluaran Jepang. Apa strategi pabrikan India yang baru di Indonesia, Mahindra?

Apakah Mahindra akan langsung head to head dengan pabrikan Jepang?

General Manager PT Tawang Swasti Rawikara, Mahindra, Mizan Allan de Neve menuturkan kalau perlu kehati-hatian bermain di pasar otomotif Indonesia karena semuanya didominasi oleh pabrikan Jepang.

"Kalau kita lihat 10 besarnya, 9 di antaranya pasti Jepang, dan 1 lagi entah itu pabrikan Amerika atau Korea. Jadi terus terang kita tidak mau berhadapan dengan mereka," katanya saat ditemui detikOto di markas besarnya, Rabu (21/8/2013).

Dijelaskannya, meski demikian produk India terutama Mahinda memiliki harga yang lebih murah dibanding dengan pabrikan lainnya serta memiliki kualitas yang baik. Jadi konsumen di Indonesia bisa dengan mudah menerima Mahindra.

"Saya lihat India itu di 5 tahun terakhir produk-produknya bisa konsisten lebih murah tapi kualitasnya tidak kalah bagusnya. Kita juga yakin bisa bantu market yang setelah kita studi ternyata ada dan cukup menjanjikan," tuntasnya.

(ddn/ddn)

Range Rover Evoque, Model Baru Bonus Transmisi 9 Speed

Range Rover Evoque, Model Baru Bonus Transmisi 9 Speed London - Model ikonik dari Inggris, Range Rover Evoque akan segera dipermak. Di wajah terbaru Range Rover Evoque nanti, transmisi otomatis 9-speed akan diaplikasi.

Land Rover saat ini mempersiapkan Range Rover Evoque dengan wajah terbaru pada Range Rover Evoque model tahun 2014 yang siap mereka pasarkan. Pada mobil itu tampak perubahan detail yang lebih segar meski tidak terlalu banyak.

Namun, mobil yang prototipenya diperlihatkan di Geneva Motor Show belum lama ini bakal mengaplikasi sistem transmisi 9-speed dari ZF di 1 mesin bensin dan 2 mesin diesel yang disiapkan.

Land Rover mengklaim kalau efisiensi bahan bakal Range Rover Evoque bakal naik 11,4 persen dengan produksi emisi CO2 berkurang 9,5 persen setelah menggunakan transmisi ini.

Pada mesin diesel 2.2 liter yang digendongnya mampu memperlihatkan tenaga 148 bhp dengan efisiensi bahan bakar mencapai 24,4 km/liter dan produksi emisi 129 g/km.

Mobil yang sudah memasang pelek baru ini menurut rencana akan segera dijual di akhir tahun ini.

"Dengan penjualan global mencapai 170.000 kendaraan dalam 18 bulan, Range Rover Evoque sukses besar dan model 2014 didesain agar lebih menarik," ujar Land Rover Global Brand Director, John Edwards.

(syu/ddn)

Kesal, Fans Bungkus Ferrari Balotelli dengan Tisu Toilet

Kesal, Fans Bungkus Ferrari Balotelli dengan Tisu Toilet Lugano - Mario Balotelli nampaknya tidak pernah jauh dari kontroversi. Ketika masih membela Manchester City Bentley Continental GT miliknya pernah dibombardir telur oleh fans Manchester United. Namun kini, bukan fans tim lawan yang melakukan hal yang buruk, namun fans-nya sendiri.

Hal itu terjadi ketika striker yang sekarang membela AC Milan ini berada di Lugano, Swiss, Kamis malam lalu. Ketika itu dia diminta oleh fans untuk berfoto dan memberikan tanda tangannya.

Namun, menurut Daily Mail, dia tidak menghiraukan permintaan fans. Para penggemar pun menunggu lama untuk bertemu bintang pujaannya.

Ketika sang pujaan tidak juga hadir kembali, para fans pun marah dan 'menghiasi' Ferrari milik Balotelli dengan tisu toilet. Dan meninggalkannya.



Padahal Ferrari milik Balotelli bukanlah Ferrari sembarangan. Sebab ini adalah Ferrari F12Berlinetta yang merupakan penerus mobil terkenal 599 GTO.

Ferrari F12Berlinetta ini merupakan supercar yang dibekali mesin V12 berkapasitas 6.3-liter yang dapat memuntahkan tenaga 730 hp dan memiliki torsi maksimum 509 lb-ft di 2.500 rpm.

Ferrari mengatakan bahwa Berlinetta F12 ini mampu berakselerasi dari titik diam sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 3,1 detik dan untuk akselerasi dari titik nol sampai 200 km/jam membutuhkan waktu 8,5 detik dengan kecepatan puncak berada di angka 340 km/jam.

Selain itu, F12 Berlinetta juga memiliki sasis ringan. Sementara bodinya terbuat dari aluminium, sehingga beratnya hanya 1.525 kg.

(syu/ddn)

Pabrikan India, Mahindra Mulai Jajaki Indonesia

Pabrikan India, Mahindra Mulai Jajaki Indonesia Jakarta - Pasar otomotif Indonesia memang sedang tumbuh pesat, dimana para pabrikan mobil mulai melirik Indonesia sebagai pasar yang menjanjikan. Salah satunya pabrikan asal India. Setelah Tata Motors, Mahindra menginjakkan kaki mereka di pasar otomotif Indonesia.

Meski baru memiliki 1 diler di Jakarta, tepatnya di Jalan Sultan Iskandar Muda No.68 C, Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan, tapi Mahindra siap meramaikan pasar otomotif Tanah Air.

General Manager PT Tawang Swasti Rawikara, Mahindra, Mizan Allan de Neve mengatakan kalau Mahindra mulai menjajaki Indonesia pada November 2012 lalu dan sudah resmi menjadi Agen Pemegang Merek (APM).

"Kita sudah berada di Indonesia sejak November 2012 lalu dan sudah ditetapkan menjadi APM di Desember 2012," tutur Mizan saat ditemui detikOto, Rabu (21/8/2013).

Lalu di Indonesia, Mahindra akan berkonsentrasi memasarkan produk segmen komersial atau penumpang?

Mizan mengatakan kalau berbeda dengan pabrikan lain yang konsentrasi di segmen penumpang dan komersial, tapi untuk Mahindra di Indonesia akan menyasar ke segmen komersial.

"Kalau di India-nya itu sendiri line up produk Mahindra sangat banyak, tapi untuk di Indonesia, Mahindra akan berkonsentrasi penuh pada komersial, karena market komersial itu di Indonesia masih sangat dibutuhkan dan besar," katanya.

Dengan begitu lanjutnya, Mahindra akan memperluas pasar komersial di Indonesia yang dianggapnya semakin pesat perkembangannya.

"Di sini banyak komunitas India yang tahu tentang Mahindra. Kita yakin bisa membantu mengembangkan market Indonesia dengan catatan tidak mengganggu market yang sudah dikembangkan oleh Jepang," pungkasnya.

(ady/ddn)

Tuesday, August 20, 2013

Bos VW Kunjungi Indonesia Bahas Pembangunan Pabrik

Bos VW Kunjungi Indonesia Bahas Pembangunan Pabrik Jakarta - Pabrikan Jerman Volkswagen (VW) AG akan segera membangun pabrik perakitan baru di Indonesia pada tahun 2014 mendatang. Kabarnya pejabat eksekutif VW AG akan mengunjungi Indonesia untuk bertemu dengan para menteri untuk membahas pembangunan pabrik yang kemungkinan baru bisa berproduksi di 2016 atau 2017.

"Memang betul nanti lusa tanggal 22 Agustus 2013 akan ada kedatangan dari Christian Klingler atau salah satu orang yang berada dibawah Winterkorn (bos VW AG) ke Indonesia," bisik sumber terpercaya di VW Indonesia kepada detikOto, Selasa (20/8/2013) kemarin.

Dijelaskannya, nantinya anggota dewan direksi VW ini akan datang langsung dari Jerman menggunakan pesawat pribadi dan mendarat di bandara Halim Perdana Kusuma.



Nantinya, kedatangan Klinger pada 22 Agustus mendatang itu akan bertemu dengan 3 menteri sekaligus untuk membahas pabrik VW baru di Indonesia.

"Setelah mendarat akan ada pertemuan dengan 3 menteri termasuk menteri DKPM, Perdagangan dan menteri Perekonomian, Hatta Rajasa. Dari pagi sampai sekitar pukul 13.30 WIB," bocornya lagi.

Setelah melakukan perbincangan dengan ketiga menteri itu, Klinger langsung mengunjungi boutik VW yang berada di Mal Kasablanka setelah itu ia langsung pulang lagi ke Jerman.

Lebih lanjut, belum lama ini CEO VW Indonesia, Andrew Nasuri juga pernah mengatakan kalau setelah lebaran akan ada press conference untuk membahas pabrik VW di Indonesia.

Katanya, meski sudah berbincang dengan para menteri pabrik baru VW di Indonesia baru bisa beroperasi di tahun 2016 atau 2017 mendatang.

(ady/ddn)

Suzuki: APV Sudah Saatnya Ganti Model

Suzuki: APV Sudah Saatnya Ganti Model Jakarta - Di Indonesia, umur Suzuki APV hampir sama dengan si kembar Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Di saat si kembar sudah berubah, Suzuki APV masih bertahan dengan model awalnya.

Tidak terlalu banyak perubahan pada APV. Hanya penambahan model menjadi lebih mewah saja. Apakah Suzuki berniat merombak APV?

Menanggapi ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) merespon dan menyebutkan desain Suzuki APV segera berubah. Selama ini SIS mengaku sudah membangun rencana untuk meluncurkan model terbaru APV.

"Memang ada rencana, pasti ada perubahan," kata 4W Marketing and DND Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Davy Tuilan kepada detikOto.

Menurut Davy, model Suzuki APV saat ini sudah saatnya diubah agar lebih menarik konsumen. Davy menjelaskan model Suzuki APV selanjutnya lebih ciamik dan modern.

"Rencana ini sudah lama. Dan memang kami sedang merencanakan. Tapi (foto) Suzuki APV terbaru yang beredar di dunia maya itu tidak benar. Salah itu," ucapnya.

Kabarnya, Suzuki APV menggunakan 2 pintu belakang geser. Pintu model tersebut lebih memudahkan akses penumpang masuk ke kabin penumpang. Sayang Davy tidak merinci apakah pintu otomatis atau manual.

Kapan waktu peluncuran, IIMS 2013? SIS ternyata masih menunggu waktu tepat untuk meluncurkan generasi kedua Suzuki APV. Hingga saat ini, SIS belum menentukan hari lahir Suzuki APV.

"Belum ada rencana, masih digodok," elak Davy.

Suzuki APV saat ini menggunakan mesin G15A (1.493 cc dan G16A 1.590 cc 16 valve MPi segaris 4 silinder yang melontarkan tenaga 92 bhp (69 kW) dan 127 Nm.

Suzuki pertama kali meluncur ke pasaran Indonesia pada 2004 lalu. Saat itu harganya pertama kali mencapai Rp 85-115 juta. Sekarang APV minibus paling murah harganya Rp 135,5 juta sampai tipe termahal yakni Luxury Rp 192,5 juta.




(ikh/ddn)

2 Wanita Seksi Topless Kampanye Keselamatan Berkendara

 2 Wanita Seksi Topless Kampanye Keselamatan Berkendara Nizhny, Rusia - Ada banyak cara untuk mengingatkan orang betapa pentingnya keselamatan berkendara. Namun hal yang dilakukan oleh wanita-wanita ini nampaknya cukup nyeleneh. Mereka rela tampil topless untuk mengingatkan pengendara betapa bahayanya mengebut.

Di sebuah jalan di wilayah Nizhniy Novgorod, timur Moskow, Rusia ada wanita-wanita yang rela hanya mengenakan celana dalam tanpa menutup bagian atas tubuh mereka.

Dari sebuah video terlihat 2 orang wanita cantik yang hanya menggunakan lingerie bahkan sesekali terlihat telanjang dada membawa papan rambu lalu lintas bertuliskan 40 dan 60 km/jam.

Aksi tersebut diselenggarakan oleh LSM Autodvijenie dan didukung oleh polisi setempat. Mereka menganggap aksi ini sukses. Tentu saja karena tiap pengemudi melambat ketika melihat aksi mereka.

Kampanye keselamatan berkendara sendiri dilakukan karena menurut polisi setempat ada 203.597 kecelakaan di jalan Rusia pada tahun 2012. Dari jumlah tersebut, 27.991 orang tewas dan 258.618 terluka. Dan salah satu pelanggaran yang paling sering adalah ngebut.

Sebuah inisiatif serupa terjadi baru-baru ini di Denmark dimana sekelompok wanita topless yang menyebut diri mereka Speed Control Bikini Bandits juga memegang rambu batas kecepatan lalu lintas dengan menggunakan pakaian seksi.

"Percaya atau tidak gadis-gadis benar-benar membantu mengontrol epidemi ngebut di negara ini. Satu kelemahan adalah bahwa mereka menyebabkan kemacetan sesekali," tulis sebuah laporan menurut Huffington Post.

Nah, bagaimana jika hal ini terjadi di Indonesia ya?

(ady/ddn)

57.847 Honda Berhasil Terjual

57.847 Honda Berhasil Terjual Jakarta - Produsen mobil Honda mencatatkan penjualan hingga 8.505 mobil di Juli silam. Dengan begitu selama tahun 2013 Honda telah menjual sebanyak 57.847 unit dan menguasai pangsa pasar di Indonesia sebesar 8,1%.

PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan kalau penjualan di bulan Juli tersebut lebih tinggi 12% dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 7.550 unit.

New Honda Jazz terus menjadi market leader di kelas Hatchback dan menjadi penyumbang terbesar untuk total penjualan Honda di Indonesia pada bulan Juli 2013, sebesar 2.961 unit.

Jumlah tersebut meningkat dari bulan sebelumnya yaitu 2.510 unit. Angka ini menambah total penjualan New Honda Jazz menjadi 19.017 unit selama tahun 2013 dan menguasai pangsa pasar sebesar 43%.

All New Honda CR-V juga terus mempertahankan posisinya sebagai market leader di kelas SUV. Pada bulan Juli, All New Honda CR-V terjual sebanyak 1.712 unit dan menambah total penjualan SUV ini menjadi 14.644 unit di seluruh Indonesia sepanjang 2013, sehingga menguasai pangsa pasar sebesar 34%.

Sementara di kelas sedan, Honda Civic meraih angka penjualan sebanyak 220 unit di bulan Juli dan telah terjual sebanyak 1.835 unit di tahun 2013. Honda Civic menguasai pangsa pasar sebesar 60% dan menjadi market leader di kelas Small Sedan.

Begitu juga dengan Honda City yang terus mempertahankan posisinya sebagai market leader di kelas Mini Sedan. Sepanjang Juli, Honda City meraih angka penjualan sebesar 205 unit dan telah terjual sebanyak 2.311 unit, sehingga menguasai pangsa pasar sebesar 61% di seluruh Indonesia.

Di kelas High Segment, Honda CR-Z mencatat angka penjualan sebanyak 8 unit di bulan Juli 2013, dan telah terjual sebanyak 344 unit di tahun 2013. Honda CR-Z berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 55% dan terus konsisten menjadi market leader di kelasnya.

Selain produk tersebut, Honda Brio juga menyumbangkan angka penjualan yang baik di bulan Juli sebanyak 1.289 unit. Secara total Honda Brio telah terjual 6.848 unit dari Januari hingga Juli 2013, dan menguasai pangsa pasar sebesar 19%.

Di kelas MPV, New Honda Freed berhasil mencatat penjualan sebesar 1.883 unit. Secara total New Honda Freed telah mencatat penjualan sebanyak 11.620 unit sepanjang tahun 2013 dan menguasai pangsa pasar sebesar 15%.

Sementara itu, Honda Odyssey terjual sebanyak 3 unit pada bulan Juli 2013. Dengan demikian, total penjualan MPV premium Honda ini mencapai 159 unit selama tahun 2013, dan menguasai pangsa pasar sebesar 2%.

Di segmen sedan, Honda Accord terjual sebanyak 224 unit pada bulan Juli 2013. Dengan demikian, Honda Accord telah terjual sebanyak 1.069 unit sepanjang 2013, dan menguasai pangsa pasar sebesar 23%.

“Produk-produk Honda konsisten menjadi market leader di semester pertama tahun 2013 dan kami yakin tren penjualan akan semakin membaik," kata Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy dalam keterangan resminya.

"Angka penjualan yang meningkat di bulan Juli menunjukkan potensi pasar Indonesia yang semakin baik, kami akan terus memanfaatkan momentum ini dengan memperkenalkan produk baru di semester kedua tahun ini,” tambahnya.

(syu/ikh)