Wednesday, October 16, 2013

Persaingan Semakin Ketat, Mitsubishi: Itu Hal yang Lumrah

Persaingan Semakin Ketat, Mitsubishi: Itu Hal yang Lumrah Jakarta -Persaingan kendaraan niaga di pasar otomotif Indonesia kian tumbuh dan semakin pesat. Tapi meski demikian, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) tetap melihat persaingan itu menjadi hal yang lumrah dalam hal bisnis.

Head of Field Departemen PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Marganda Tobing menuturkan kalau belakangan ini pasar truk di Indonesia sedang mengalami penurunan dan persaingan semakin ketat.

"Persaingan merupakan hal yang lumrah, ini juga bukan hal yang baru, tapi kita hadapi dengan tenang dan terus melayani konsumen dengan baik, hasilnya seperti ini kita tetap menjadi yang terbaik," kata Marganda di sela-sela acara "Mitsubishi Truck Campaign" di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (16/10/2013).

Dengan memahami konsumen, penjualan truk Mitsubishi di Indonesia tetap menunjukan hasil yang bagus. Meski pasar sedang turun, tapi penjualan truk Mitsubishi tidak turun atau justru mengalami kenaikan.

"Kita lebih mengandalkan konsumen-konsumen yang eksis, kita terus memberikan yang terbaik kepada mereka. Hasilnya juga cukup baik bagi kita," lugasnya.

Sementara itu, sampai saat ini KTB sudah memiliki 221 outlet 3S yang tersebar di seluruh Indonesia dan kedepannya akan terus ditingkatkan.

"Sedang ada dalam pembangunan, seperti di Sumatera Selatan, dan daerah-daerah lainnya yang belum kita jangkau. Kita ingin lebih dekat dengan konsumen" tuntasnya.

(ady/ikh)

Paus Fransiskus Lelang Moge Hadiah

Paus Fransiskus Lelang Moge Hadiah Vatikan -Pesan untuk hidup merendah terus digalakkan oleh Paus Fransiskus. Berbagai cara digunakan Paus Fransiskus agar umat manusia di dunia untuk tidak hidup bermewah-mewahan. Dan kali ini pemimpin Gereja Katolik Roma tersebut berencana melelang 1 motor Harley-Davidson miliknya.

Adapun motor gede tersebut adalah hadiah untuk Paus Fransiskus dari produsen motor Harley-Davidson saat perayaan hari jadi ke-110 tahun merek asal Amerika Serikat tersebut di Roma, Italia.

Paus Fransiskus dapat 2 moge dari Wakil Presiden Senior Harley-Davidson Mark-Hans Richer pada Juni silam.

Dilansir telegraph, Rabu (16/10/2013), Paus Fransiskus bukan karena tidak menghargai kado pemberian dari Harley-Davidson.

Lelang dimaksud demi mengumpulkan dana untuk sebuah asrama untuk tunawisma di Italia. Acara lelang ini akan dilakukan oleh balai lelang Caritas dekat dengan pusat kota Roma.

Paus Francis terus menunjukkan kebenciannya pada semua bentuk kemewahan, termasuk pada pastur yang menggunakan mobil-mobil mewah.

Paus Francis sendiri tidak tertarik memiliki kendaraan mewah, Ia lebih memilih menggunakan kendaraan sederhana sebagaimana dia cetuskan sejak Francis menjabat sebagai pemimpin Gereja Katolik Roma.

(ikh/ddn)

Stoner Akan Dikukuhkan Jadi Legenda MotoGP

Stoner Akan Dikukuhkan Jadi Legenda MotoGP Phillip Island -Setahun setelah memutuskan pensiun, Casey Stoner akan dapat penghargaan bergengsi dari MotoGP. Dia bakal menjadi pebalap ke-20 yang diberi gelar MotoGP Legend.

Stoner sudah dinominasikan untuk meraih penghargaan tersebut usai dia menjalani balapan terakhir di MotoGP Valencia pada musim 2012 lalu. Stoner memutuskan pensiun di usia 27 tahun, setelah memenangi dua gelar juara dunia bersama Ducati (2007) dan Honda (2011).

Dikutip dari MCN, otoritas MotoGP sudah memastikan kalau Stoner bakar menerima status MotoGP Legend tersebut saat digelar MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, Minggu (20/10/2013) akhir pekan ini. Dia akan menjadi orang Australia ketiga yang dapat penghargaan serupa setelah Mick Doohan dan Wayne Gardner.

"Terakhir kali saya melihat Casey adalah saat di Valencia di atas podium dan saya bertanya padanya apakah kami bisa menominasikan dirinya sebagai MotoGP Legend dan dia bilang itu akan menjadi kehormatan besar," sahut CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta. di MCN

"Saya menaruh banyak hormat padanya dan dia telah menjadi salah satu rider terbaik di MotoGP. Kemampuannya luar biasa dan dia melakukan sesuatu yang spesial dengan menjadi juara dunia dua kali di dua pabrikan perbeda, Ducati dan Honda. Dia meraih sukses luar biasa dan dia adalah legenda MotoGP," lanjut Ezpelata.

Total tujuh musim Stoner berlaga di kelas MotoGP. Dalam kurun tersebut dia tercatat menjalani 115 balapan, meraih 38 kemenangan, 69 kali naik podium, merebut 39 pole dan mencatatkan 29 fastest lap. Secara keseluruhan dia mengoleksi 1815 poin.

(din/syu)

Karena Hal Sepele, 10.000 Toyota Ditarik

Karena Hal Sepele, 10.000 Toyota Ditarik Los Angeles -Lagi-lagi pabrikan mobil Toyota tersandung 'recall'. Toyota, merek asal Jepang ini harus menarik 10.000 di pasar mobil AS. Penarikan ini karena ada kerusakan pada saklar wiper kaca depan.

Dilansir NYtimes, Rabu (16/10/2013), Toyota Amerika mengumumkan pembersih kaca depan tidak bekerja dengan baik sehingga dapat menggaunggu aktivitas berkendara ketika salju dan air hujan turun.

Model yang di-recall adalah Camry dan Camry hybrid 2013-2014, Avalon dan Avalon hybrid 2013 dan Corolla 2014. Alat pembersih kaca mobil-mobil Toyota menyebabkan arus pendek dalam kondisi tertentu.

Juru Bicara Toyota Cindy Knight melaporkan tidak ada laporan kecelakaan dan cidera akibat kerusakan wiper-nya. Toyota menjanjikan tidak akan mengenakan biaya kerusakan pada konsumen.

Meski kerusakan hanya pada komponen tersebut, namun efek yang diberikan cukup besar jika tidak ditanggulangi sejak awal.

(ikh/ddn)

Kenaikan Pajak Lamborghini dan Ferrari Cs Belum Keluar

Kenaikan Pajak Lamborghini dan Ferrari Cs Belum Keluar Jakarta -Kenaikan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk produk mewah seperti mobil Ferrari dan tas Louis Vuitton belum juga keluar. Masih masalah administrasi yang harus diselesaikan.

"Masalah PPnBM itu kan administrasi karena pakai Peraturan Pemerintah (PP) itu. Yah nanti kita lihat," ungkap Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro saat ditemui usai rapat koordinasi (rakor) pangan di kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (16/10/2013).

Aturan tersebut sekarang masih berada di meja Menteri Keuangan Chatib Basri. Namun, Bambang mengakui, sudah ada persetujuan dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Masih ada di Menteri Keuangan. Kita masih butuh waktu saja," sebutnya.

Ia menargetkan aturan tersebut diupayakan keluar akhir tahun ini. Termasuk dengan beberapa aturan insentif pajak untuk industri, seperti terkait tax allowance, tax holiday, dan lainnya.

"Maksudnya akhir bulan ini kita upayakan sudah mulai keluar. Intinya mengurangi current account defisit (defisit transaksi berjalan) dan mendorong investasi. Itu tema besarnya. Investasi itu lebih kepada tax holiday dan tax allowance, sama intermediate goods. itu intinya," jelasnya.

DPR dan pemerintah memang telah sepakat PPnBM, dinaikkan menjadi 125%. Pemerintah akan mempersiapkan Peraturan Pemerintah (PP). Pajak Barang mewah seperti mobil CBU dan produk bermerek antara lain mobil mewah Lamborgini, Ferrari, hingga produk tas Gucci, LV (Louis Vuitton), dan lain-lain akan dinaikkan.

Tujuan kenaikan PPnBM tersebut adalah untuk mengendalikan neraca perdagangan dan transaksi berjalan agar tidak terus menerus defisit. Konkretnya, adanya PPnBM yang tinggi diharapkan menekan barang impor konsumsi di dalam negeri.

(mkl/ikh)

Moncong Toyota Prius Baru Mirip Corolla

Moncong Toyota Prius Baru Mirip Corolla Jakarta -Toyota Prius sudah menjadi mobil hybrid tersukses di Eropa dan Amerika Serikat. Dikabarkan model keempat mobil hybrid Toyota Prius bakal hadir di 2014 dengan desain yang atraktif dan tetap mempertahankan kesan mobil ramah lingkungan.

Nah, sebelum resmi meluncur di pasar otomotif global, beberapa sketsa model keempat mobil hybrid Toyota Prius telah beredar.

Rekayasa ini dilansir autoevolution, Rabu (16/10/2013) ini hasil rumah desain Rm Design yang mengkombinasikan berbagai elemen dari model lawas dan model mobil masa kini.

Bagian depannya menggabungkan unsur sporty dengan mengandung unsur depan Toyota Corolla. Rm Design tetap merancang mobil keluarga yang tidak menanggalkan kesan sporty.

Rm Design coba menyajikan perpaduan unik dari berbagai elemen yang mendefinisikan mobil hybrid Toyota yang unik dan berkelas.

Tidak banyak yang tahu tentang Prius baru yang akan datang, tetapi dikabarkan Toyota Prius akan didasarkan pada Toyota New Global Architecture (TNGA), yang lebih ringan dan aerodinamis.

Metode tersebut digunakan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar minyak.

Toyota Prius sudah memasuki tiga generasi sejak diluncurkan pada 1997. Modelnya kini tersebar luas di Eropa dan Amerika Serikat serta beberapa negara potensial lainnya.

(ikh/ddn)

Sun Star Motor Sumbang Penjualan 6 Persen Truk Mitsubishi

Sun Star Motor Sumbang Penjualan 6 Persen Truk Mitsubishi Jakarta -Penjualan truk Mitsubishi sudah hampir mencapai 1 juta unit. Dari angka tersebut, Sun Star Motor berhasil menyumbangkan 5 sampai 6 persen penjualan truk Mitsubishi di seluruh Indonesia.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Head of Field Departemen PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Marganda Tobing di sela-sela acara "Mitsubishi Truck Campaign" di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (16/10/2013).

"Kontribusi penjualan truk oleh Sun Star Motor sekitar 5 sampai 6 persen di seluruh Indonesia," kata Marganda kepada wartawan.

Dijelaskan Marganda, penjualan truk secara nasional pada dasarnya sedang mengalami penurunan tapi beruntung bagi Mitsubishi karena penjualannya malah meningkat.

"Loyalitas konsumen kita saat krisis seperti ini begitu terlihat, sebenarnya pasar truk itu sedang turun, tapi kita naik 7,4 persen market share 53,4 tahun lalu 51,4," jelasnya.

Ditambahkannya, dengan begitu sampai akhir tahun nanti market share bisa dikejar hingga 55 persen. Target untuk tahun ini 65.000 unit hingga 70 ribu unit.

Mitsubishi Ajak Pengguna Truk Kongkow Bareng

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) dan Mitsubishi Fuso and Bus Corporation kembali mengadakan kegiatan rutin tahunannya yakni "Mitsubishi Truck Campaign". Kali ini hadir dengan tema "Andalan Bisnis Sejati - Berkontribusi Membangun Sejarah Bersama, Menuju Penjualan 1 juta Unit.

Acara ini sekaligus menjadi ajang apresiasi terhadap para konsumen yang telah memberikan kepercayaannya terhadap kendaraan niaga Mitsubishi sehingga bisa memimpin pasar niaga di Indonesia selama 43 tahun.

Untuk tahun 2013 ini, Truck Campaign diselenggarakan 90 acara di 67 kota di seluruh Indonesia, sementara untuk Perayaan 1 juta unit diselenggarakan sebanyak 45 acara di 26 kota. Untuk kali ini diadakan di Balai Kartini, Jakarta. (ady/ikh)

Wednesday, September 18, 2013

Mobil Tercepat Dunia, Proyek Ambisius Inggris

Mobil Tercepat Dunia, Proyek Ambisius Inggris Jakarta - Bloodhound SSC, kendaraan supersonik dari Inggris akan mencoba mencetak rekor sebagai kendaraan tercepat sejagat.

Seperti apa tahap awal dan pengembangan kendaraan ini? detikOto mewawancarai driver Bloodhound SSC yang juga merupakan pilot jet tempur dari Royal Air Force, Andy Green di Hotel Mulia Senayan, Jakarta.

Berikut kutipan wawancaranya:

Sampai saat ini tahap pengembangannya sudah sejauh mana?

Untuk saat ini bodi mobilnya sudah jadi, sekarang sudah sepertiga jalan, jadi saat ini sedang mengembangkan mesinnya, sasisnya serta mengaplikasikan teknologi-teknologi.

Apa tujuan membuat Supersonic Bloodhound SSC?

Tujuan utamanya ada 3:
1. Mendobrak ilmu pengetahuan dan teknologi. Kita ingin mendobrak hal itu, tapi kita akan bagikan kepada seluruh masyarakat di dunia.

2. Untuk menginspirasi anak kecil dan anak muda di seluruh dunia yang nantinya mereka akan menikmati dan merasakan kalau memang benar-benar ada teknologi yang jauh lebih modern.

3. Cara untuk mewujudkan kedua tujuan di atas adalah dengan cara membuat mobil tercepat di dunia yang bisa berlari hingga 1.600 km/jam.

Proyek ini bekerja sama dengan pabrikan atau instansi mana saja?

Dalam proyek ini kita semua bekerja-sama dengan dengan 220 institusi. Selain Rolls-Royce, Rolex dan beberapa universitas-universitas lainnya di Inggris.

Kita juga didukung oleh pemerintah Inggris. Disini institusi-instusinya beragam, ada yang sifatnya universitas, pabrikan komersial dan berbagai institusi teknologi.

Apakah setelah target 1.600 km/jam tercapai akan dibawa kemana Bloodhound SSC ini?

Ini tidak hanya proyek mobil tercepat saja, tapi di dalamnya ada edukasi mengenai ilmu pengetahuan kepada seluruh masyarakat.

Ketika mobil itu sudah mencapai target yakni 1.600 km/jam, kemungkinan akan dimasukkan ke dalam museum dan di sana nantinya masyarakat bisa melihat bagaimana bentuk dan mengetahui apa saja teknologi yang ada di dalamnya.

Bodi dan lain sebagainya menggunakan bahan seperti apa?

Untuk bodinya itu sendiri pada bagian depan menggunakan bahan serat karbon karena harus ringan, tapi untuk bagian belakangnya dibuat dari bahan baja, titanium karena bagian belakangnya ini harus lebih berat.

Mesin itu sendiri adanya di belakang, jadi untuk meminimalisir suara mesin ke dalam kokpit maka dibuat dengan bahan yang lebih keras.

Lalu berapa berat keseluruhan dari mobil ini?

Berat bersihnya itu adalah 6 ton, berat dengan mesin 7,5 ton dan jarak sumbu rodanya 9 meter.

Ada berapa orang yang mengerjakan proyek mobil tercepat ini?

Kalau dilihat berapa orang yang terlibat, semuanya terlibat. Tapi kalau lebih spesifik lagi ada sekitar 30 teknisi yang terlibat untuk pembangunan mobilnya (mesin dan lain-lain) serta didukung oleh 220 institusi-institusi.

Berapa biaya yang dikeluarkan untuk membuat mobil tercepat ini?

Memang akan menghabiskan dana yang cukup besar. Perkiraan dana yang akan digunakan adalah US$ 10 juta hingga US$ 20 juta. Tapi detilnya berapa masih belum bisa dipastikan karena jika nanti akan menggunakan teknologi dananya akan terus bertambah lagi.

Pada 2015 mobil ini akan dijalankan untuk pertama kalinya dengan target awalnya 1.300 km/jam, tapi nanti akan ditambahkan lagi roketnya dimana pada tahun 2016 bisa mencapai 1.600 km/jam.

Jadi tidak akan ada lagi proyel Bloodhound selanjutnya, ini hanya diproduksi 1 unit. Ini adalah pengembangan dari mobil Thrust Supersonic sebelumnya, yang sebelumnya mencapai 1.200 km/jam. Begitu mencapai 1.600 km/jam sudah tidak ada lagi.

Untuk pengujian awalnya, pengujian kecepatan lambat 300 km/jam di Inggris, kalau pengujian cepatnya akan dilakukan di Afrika Selatan pada tahun 2015/2016.

(ddn/ddn)

Renault Duster, Satu-satunya Compact SUV Bermesin Diesel

Renault Duster, Satu-satunya Compact SUV Bermesin Diesel Jakarta - Meski tidak sepopuler mesin bensin, mesin diesel masih sangat potensial. Renault pun menyadari hal itu dan mencoba peruntungan mesin diesel di Indonesia.

Untuk itu, pada Sport Utility Vehicle (SUV) kompak yang baru saja menyapa Indonesia, Duster, Renault membekalinya dengan mesin diesel dCi berkapasitas 1.5 liter.

Mesin K9 ini merupakan mesin hasil dari aliansi Renault-Nissan yang dinamakan 'global growth engine'. Satu dari tiga mobil Renault yang terjual di seluruh dunia menggunakan mesin ini. Mulai dari Twingo sampai Laguna.

"Kita akan menggunakan diesel di compact SUV Duster. Karena masih sangat besar potensinya. Bahkan belum ada yang memakai diesel di kelasnya," kata Presiden Direktur PT Indomobil Sukses Internasional Tbk Jusak Kertowidjojo.

Dia mampu menjelaskan kalau selain akan memiliki harga yang menarik, Renault memang punya keunggulan dalam pengembangan mesin diesel.

Mesin diesel, lanjutnya, mampu memberikan dorongan tenaga yang mumpuni tapi dengan efisiensi yang bagus.

"Duster akan menjadi satu-satunya mobil di segmen SUV kompak yang pakai bahan bakar diesel. Kita tidak masuk kelas luxury," tambahnya.

(syu/ddn)

Dishub DKI: Parkir Sembarangan Pentil Kendaraan Anda Dicabut!

Dishub DKI: Parkir Sembarangan Pentil Kendaraan Anda Dicabut! Jakarta - Bagi Anda pemilik kendaraan mulai sekarang jangan coba-coba asal sembarang parkir. Dinas Perhubungan DKI Jakarta tengah melakukan penertiban parkir liar. Sanksinya ditilang hingga pentil dicabut.

"Agar pengguna kendaraan roda dua dan roda empat mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan tidak memarkirkan kendaraannya di jalan yang terdapat rambu dilarang parkir dan dilarang berhenti," jelas Kadishub DKI U Pristono dalam siaran pers, Rabu (18/9/2013).

Pristono mengimbau agar para pengendara parkir di tempat yang disediakan. Bila membandel akan dilakukan penilangan mulai dari penilangan oleh Polantas, dipindahkan kendaraan dengan mobil derek, penggembosan kendaraan, merantai roda kendaraan, penggembosan ban sampai pencabutan pentil.

"Untuk kendaraan yang dicabut pentilnya, akan diamankan di kantor Dishub DKI atau suku dinas di lima wilayah. Pencabutan pentil itu akan disertai penempelan stiker pemberitahuan," jelas Pristono.

Bagi kendaraan yang pentilnya dicabut dapat menghubungi Dishub DKI dan Suku Dinas Perhubungan di lima wilayah. "Diharapkan aturan ini dapat memberikan efek jera dan pengendara tidak parkir sembarangan. Para pengendara agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas," tutup Pristono.

(nal/syu)

Sunday, September 15, 2013

Nissan Buka Fasilitas Jalur Pengujian R&D di Thailand

Nissan Buka Fasilitas Jalur Pengujian R&D di Thailand Bangkok - Nissan Motor Asia Pasific telah memperluas Nissan Technical Centre South East Asia (NTCSEA) di Bangkok, Thailand disertai dengan jalur pengetesan dan kantor baru.

Fasilitas jalur test track R&D Nissan ini digunakan untuk menguji kendaraan Nissan di luar Jepang dan yang pertama di kawasan ASEAN. Demikian dilansir Paultan.

Jalur pengujian ini berdiri di lahan seluas 60.000 meter persegi yang terletak di Provinsi Samutprakarn dan memiliki 14 kondisi jalan dan permukaan yang berbeda.

Dalam jalur pengujian terbaru ini, kendaraan Nissan bisa diuji dengan kecepatan maksimum 120 km/jam secara lurus dan berbagai pengetesan lainnya yang sering dilakukan oleh pabrikan mobil pada umumnya.

Lebih lanjut, kantor baru ini akan menjadi rumah bagi tim Monozukuri, yang akan bertanggung-jawab untuk mendesain dan manufactur serta merancang kendaraan yang ramah lingkungan agar bisa mengurangi emisi CO2 lebih dari 40 persen.

Sementara itu, dengan total investasi sebesar 3.4 miliar yen, perluasan NTCSEA ini akan memungkinkan untuk melayani prefensi konsumen Nissan di ASEAN agar lebih baik dan cepat dalam memenuhi kebutuhan pasar.

"Penguatan fungsi R&d regional ini akan meningkatkan daya taik produk, daya saing dan kualitas," kata Nissan Executive VP, Mitsuhiko Yamashita.

Pada tahun 2015 mendatang, NTCSEA akan mengurus semua R&D untuk mobil yang akan di pasarkan di ASEAN dan akan mengambil bagian untuk mendesain kendaraan yang saat ini masih ditangani oleh R&d di Jepang. NTCSEA akan bertanggung jawab untuk 10 negara dan 6 lokasi produksi di kawasan ASEAN.

(ady/lth)

Alfa Romeo Yakin Sport Car Mereka Bakal Laris Manis

Alfa Romeo Yakin Sport Car Mereka Bakal Laris Manis Turin - Meski pasar Eropa masih pasang surut tidak membuat Alfa Romeo ragu untuk memperkenalkan varian terbaru mereka New 4C Sport Car. Bahkan dirinya yakin penjualan New 4C Sport Car bakal tembus 1.000 unit di benua biru.

Dan Alfa Romeo juga yakin The New 4C Sport Car bakal diterima hingga 2.500 unit dipasar dunia. Seperti dilansir autoevolution.

Mobil anyar ini memang hanya diproduksi 3.500 unit per tahun, namun jika melihat jatah kendaraan yang dipersiapkan sudah jelas Afla Romeo masih berharap pada pasar Eropa.

Sekedar untuk mengingatkan Alfa Romeo 4C didukung mesin turbocharged 1.750 cc empat silinder, dimana dirinya mampu menyemburkan tenaga hingga 237 tenaga kuda, ketika dikawinkan ke TCT twin-clutch transmisi otomatis.

Mobil sport asal Italia ini juga mampu mencapai top speed hingga 250 km/jam (155 mph), sedangkan untuk 0-100 km/jam hanya butuh waktu 4,5 detik. Dan mobil anyar ini pun dilepas pada kisaran 56.000 uero di Eropa.

(lth/ddn)

BMW Rencanakan Boyong Seri-4 Coupe Diesel ke RI

BMW Rencanakan Boyong Seri-4 Coupe Diesel ke RI Jakarta - Pabrikan raksasa asal Jerman BMW secara resmi telah memperkenalkan varian seri-4 Coupe terbaru mereka di Nusantara. Namun saat ini BMW hanya baru memperkenalkan varian teranyar dari BMW Seri-4 Coupe.

Padahal di dunia, BMW telah memperkenalkan varian Seri-4 Coupe dengan 3 pilihan model, diantaranya BMW 420D, BMW 428i, dan BMW 435i yang telah dikenalkan di Indonesia.

Namun pecinta mobil diesel tidak perlu khawatir, soalnya BMW juga berniat untuk memperkenalkan BMW seri-4 Coupe diesel di Indonesia.

"Seri-4 coupe ini memiliki 3 varian pilihan, BMW 420D, BMW 428i, dan BMW 435i. Dan memang di Indonesia kami baru hanya memperkenalkan seri 435i," kata Product Planning Manager BMW Group Indonesia, Dennis A. Kadaruskan, saat peluncuran BMW 435i, di Jakarta.

Soalnya BMW selalu memperkenalkan produk yang terbaik terlebih dahulu untuk pasar Indonesia.

"Seperti biasa produk pertama yang dicarikan dengan spesifikasi tertinggi," tambahnya.

Dan Dennis pun tidak menutup kemungkinan untuk memperkenalkan varian BMW seri-4 Coupe lainnya di tanah air.

"Kami tidak menutup untuk membawa varian diesel (menghadirkan di Indonesia)," tutup Dennis.


(lth/ddn)

Ini Suspensi yang Bisa Hasilkan Tenaga Listrik

Ini Suspensi yang Bisa Hasilkan Tenaga Listrik Boston, - Selama ini para ilmuan otomotif mencoba menghasilkan tenaga listrik tambahan untuk bisa ditempelkan pada mobil listrik melalui roda yang disalurkan kemotor listrik saat mobil melakukan pengereman atau menemui jalanan turunan.

Nah kali ini sebuah teknologi terbaru kembali ditemukan, dengan menjadikan suspensi sebagai wadah untuk bisa menghasilkan tenaga listrik tambahan yang disebut dengan GenShock.

Sehingga sangat jelas setiap kendaraan listrik yang menggunakan suspensi ini bisa mendapatkan tenaga listrik tambahan selama kendaraan ini melaju. Dimana prosesnya mengubah tenaga kinetik menjadi sebuah tenaga listrik. Seperti dilansir leflanenews.

Layaknya suspensi konvensional lainnya, GenShock tidak mengubah sistem daya daya aliran minyak damper yang bisa menambah penanganan dan kenyamanan secara optimal saat berkendara.

Sayang Teknologi terbaru yang dikenalkan Levant Power bersama ZF perusahaan asal Jerman ini, belum bisa diketahui secara pasti berapa tenaga listrik yang bisa dihasilkan.

(lth/ddn)

Friday, September 13, 2013

BMW Seri 4 Coupe Dibanderol Lebih Rp 1 Miliar

BMW Seri 4 Coupe Dibanderol Lebih Rp 1 Miliar Jakarta - Pabrikan Jerman BMW kembali memperkenalkan varian anyar mereka di tanah air. Kali ini giliran BMW Seri-4 Coupe yang unjuk gigi memperkenalkan ketangguhannya di Indonesia dengan resmi dibanderol Rp 998 juta off the road.

"BMW Seri-4 Coupe adalah model seri 4 pertama yang hadir di Indonesia. Model ini mengusung DNA BMW Seri 4, yang merupakan lambang daya tarik estetika secara emosional, fitur-fitur penuh gaya, serta kekuatan mesin sporty yang dinamis," kata President Director BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan.

Mesin anyar yang ditawarkan bukan basa-basi, dimana BMW Seri 4 Coupe kali ini mempercayakan untuk menggendong BMW TwinPower Turbo technology With Twin-Scroll turbocharger, High Precision Direct Injection, Fully variable Valve Control (Valvetronic) 2.979cc.

Mesin anyar ini pun hanya butuh 5,1 detik untuk bisa berlari 0-100 km/jam, serta mampu menyemburkan tenaga hingga 306 tenaga kuda di 5.800-6.000 rpm dengan torsi 400 Nm di 1.200-5000 rpm. Dan memiliki top 250km/jam.

Tidak berhenti sampai disitu, mesin anyar yang satu ini mampu mengkonsumsi bahan bakar mencapai 13,9 km/l, dan memiliki tingkat emisi CO2 169 g/km alias standart Uero5, wow ramah lingkungan bukan?

Bicara soal desain jangan pernah meremehkan mobil coupe asal Eropa yang satu ini. Soalnya BMW Seri 4 Coupe inidiklaim dengan menandai kemunculan era baru Coupé BMW.

Kesempurnaan estetika hadir dengan dengan individualitas serta performa sporty luar biasa. Proporsi BMW Seri 4 Coupé yang dinamis berbeda secara signifikan dari seri-seri lain BMW. Garis atap yang lebih rendah memberikan sorotan fokus yang jelas pada keseluruhan sosok Coupé yang dinamis ini.

Dimensi tersebut dikombinasikan dengan ciri khas BMW yang terdapat pada BMW Seri 4 Coupé seperti overhang yang pendek, kap mesin panjang, ruang kabin penumpang menjorok ke belakang, serta desain garis atap yang mengalir, hal ini menciptakan siluet yang menonjolkan keseimbangan visual sempurna.

Tampilan atletis BMW Seri 4 Coupé didukung dengan penambahan lebar Coupé hingga 43 milimeter. Untuk pertama kali, spatbor roda belakang dibuat lebih lebar, yang mempertegas kesan dinamis pada kendaraaan.

Siluet sporty yang elegan dengan sentuhan desain garis yang mengalir.
Tampilan yang sempurna serta garis-garis yang tegas menandai sosok sporty BMW Seri 4 Coupé ini.

Garis atap yang landai ciri khas Coupe menciptakan transisi yang mengalir ke arah bagian belakang, menonjolkan karakter keseluruhan kendaraan secara utuh serta memberikan aksen sporty yang elegan pada tiap detilnya.

Model ini juga memiliki tampilan jendela samping tanpa frame yang rendah serta BMW Hofmeister kink yang menjadi ciri khas BMW di ujung C-pillar, mempertegas karakteristik dinamis kendaraan ini. Di bawah jendela terdapat garis ganda terdiri dari dua garis memanjang berdampingan mempertajam bentuk bodi yang dinamis.

Bayangan di bawah garis, di atas roda belakang memberikan aksen pada sisi sayap belakang yang sarat sentuhan desain, menegaskan ketangguhan sistem penggerak roda belakang pada kendaraan ini.

Terakhir yang membuat beda seri 4 coupe ini dengan yang lainnya, tepat di belakang roda depan BMW Seri 4 Coupé terdapat saluran udara (Air Breathers) yang didesain untuk mengurangi hambatan (drag) di sekitar spatbor. Air Breathers dan Air Curtains ini keduanya memberikan karakter desain sporty pada BMW 4 Series Coupé dan merupakan inovasi bagi solusi aerodinamika BMW yang merupakan bagian dari strategi pengembangan EfficientDynamics.

Nah untuk Otolovers yang penasaran langsung bisa menyambanginya di IIMS 2013, karena varian coupe terbaru BMW kali ini akan resmi dijual pertama kali di IIMS 2013.

(lth/ikh)

Suami Istri Beraksi di Showroom Mobil Bekas

Suami Istri Beraksi di Showroom Mobil Bekas Jakarta - Sepasang suami istri mencuri 1 unit BMW convertible dari showroom mobil bekas di Barrow, Cumbria, Inggris. Modus yang digunakan berpura-pura menjadi konsumen dan membawa pergi mobil tersebut.

Pihak diler setempat baru menyadarai setelah pasangan ini tidak kunjung kembali ke diler setelah berpura-pura ingin test drive mobil BMW.

Karyawan diler mobil bekas mengaku baru sekali mengalami kejadian naas ini. Karyawan tidak pernah menyangka jika pasangan ini adalah pencuri.

Polisi setempat saat ini mengejar kedua pelau dan sudah menyebar video dan foto pasangan ini. Sang pria mengenakan celana jins, dan kaus abu-abu sementara wanita mengenakan gaun musim panas tanpa lengan dan sandal.

Harga BMW convertible warna metallic black sapphire itu dibanderol Rp 345 juta. Mobil yang masih terlihat bagus itu sudah menempuh perjalanan 83.685 km sebelum dicuri pada pasangan ini.

Belakangan diketahui, bersama mobil itu, pasangan ini terakhir terlihat di daerah Knightsbridge, London seperti dilansir dailymail, Jumat (13/2013).

Polisi setempat menduga pasangan itu sudah mengganti pelat nomor kendaraan untuk menghindari kejaran polisi.

























(ikh/ddn)

Izin Kelaikan Mobil Listrik untuk APEC Masih Tunggu Menperin

Izin Kelaikan Mobil Listrik untuk APEC Masih Tunggu Menperin Jakarta - Sertifikat kelaikan mobil listrik untuk operasional KTT APEC di Bali akan keluar pada 17 September 2013. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan masih menunggu persetujuan dari Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat.

"Nanti tanggal 17 September sertifikasinya," kata Dahlan saat ditemui usai "Mengaruniakan" Gelar Professor Tamu Untuk Bapak Dahlan Iskan Menteri BUMN oleh Universiti Perlis Malaysia, di Hotel Mandarin, Jakarta, Jumat (13/9/2013).

Dahlan menyebutkan, pihaknya tinggal menunggu proses penyelesaian dan persetujuan sertifikasi yang saat ini masih di Kementerian Perindustrian. "Kita tunggu Pak Hidayat," ujarnya.

Sebelumnya, mobil Bus dan 'Alphard' listrik made ini Depok, Jawa Barat akan selesai pada September 2013. Saat ini, kedua jenis kendaraan yang akan dioperasikann pada KTT APEC di Bali sudah masuk tahap akhir.

Untuk tipe bus listrik akan dibuat sebanyak 8 unit dengan kapasitas hingga 17 penumpang dan akan dilengkapi dengan gear box. Selain itu, juga merancang mobil listrik tipe mobil mewah eksekutif sekelas Toyota Alphard.

(drk/ikh)

Mobil Lisrtik Jadi Taksi? Barcelona yang Pertama

Mobil Lisrtik Jadi Taksi? Barcelona yang Pertama Barcelona - Barcelona, Spanyol akan menjadi kota pertama di dunia yang berkomitmen untuk menyajikan mobil listrik sebagai transportasi publik. Barcelona juga akan memperbanyak jaringan pengisian tenaga mobil listrik.

Walikota Barcelona Xavier Trias dan CEO Nissan Carlos Ghosn bersama-sama mengumumkan kalau mobil listrik Nissan e-NV200 sebagai taksi di kota yang terkenal dengan tim sepakbola Barcelona FC tersebut.

Dengan begitu, Barcelona menurut Nisssan akan menjadi kota pertama di dunia yang berkomitmen untuk memperkenalkan dan menggunakan mobil listrik sebagai transportasi yang dapat diakses publik.

Nissan dan Barcelona akan bekerja sama untuk mensosialisasikan mobil listrik di kota tersebut. Nissan akan berinvestasi hingga 100 juta euro untuk memproduksi e-NV200 dan merekrut 700 pegawai baru untuk itu.

Versi listrik dari mobil yang di Indonesia dikenal dengan nama Evalia ini nantinya dari Barcelona akan diekspor ke seluruh dunia.

"Kami memuji kota Barcelona untuk membuat komitmen ini untuk mengintegrasikan Nissan e-NV200 menjadi armada taksi kota," kata Ghosn.

Sementara walikota Barcelona memandang dengan adanya mobil taksi dari mobil listrik, Barcelona akan berada di garda terdepan dalam sosialisasi kendaraan ramah lingkungan. Dia berharap kota-kota lain diseluruh dunia akan mengikuti Barcelona untuk mempromosikan kendaraan nol-emisi.

(syu/ikh)

Thursday, September 12, 2013

5 Mobil Konsep Terbaik di Frankfurt

5 Mobil Konsep Terbaik di Frankfurt Frankfurt - Setiap ajang Frankfurt Motor Show bergulir pasti menampilkan banyak mobil konsep yang mengusung teknologi mutakhir. Mobil konsep tersebut menunjukkan masing-masing karakternya.

Tahun ini, acara Frankfurt Motor Show tak kalah menarik dari acara-acara sebelumnya. Mobil konsep yang tampil sangat menarik mata, mulai dari bentuk supercar, mobil ramah lingkungan hingga mobil aneh.

Tapi menurut Autocar, hanya ada 5 mobil konsep yang terbaik dari puluhan mobil konsep. Apa saja, ini dia.

Wednesday, September 11, 2013

Ini Daftar Paket Aksesoris Modulo New Honda Brio

Ini Daftar Paket Aksesoris Modulo New Honda Brio Jakarta - Bagi Anda yang berencana untuk membeli New Honda Brio dan ingin tetap tampil sporti jangan khawatir, sebab PT Honda Prospect Motor (HPM) menyediakan pilihan Genuine Accesories Honda Modulo untuk New Brio yang baru saja diluncurkan.

Aksesoris Honda Modulo ini tersedia dalam 2 bagian yakni untuk eksterior dan interior yang akan menjadikan Brio Anda jauh lebih menarik dan tentunya terlihat lebih sporti.

Mau tahu aksesoris Honda Modulo apa saja yang disediakan untuk mobil New Brio ini? Yuk kita simak bersama ulasannya berikut ini!

'Toyota 86 Versi Hybrid Tinggal Tunggu Lampu Hijau'

Tokyo - Setelah sukses mempopulerkan mobil sport Toyota 86, merek Jepang itu kini dikabarkan bergerak lebih maju lagi. Toyota kini tengah merancang versi hybrid untuk Toyota 86.

Senior Manager Toyota untuk rekayasa drivetrain Koei Saga mengisyaratkan kalau versi hybrid dari mobil bernama lain GT86 itu bisa menggunakan sistem yang memadukan kemampuan di jalan dan di trek.

"Pekerjaan pengembangan cukup maju sekarang, jadi jika lampu hijau diberikan, kami siap untuk melakukannya," katanya di Autocar.

"Kami cukup siap karena kita memiliki sistem hybrid yang dapat kami gunakan untuk berbagai jenis kendaraan, memanfaatkan mobil penumpang bersistem hybrid, dan kami juga memiliki mobil balap yang berorientasi pada sistem hybrid (di TS030 LMP1 racer dan Prius GT300 dari Japan Super GT series)," tambahnya.

"Jadi saya pikir tidak akan terlalu lama di masa depan lampu hijau akan datang," lugasnya.

Saat ini, kembaran Subaru BRZ tersebut dibekali mesin berkapasitas 2.0 liter empat silinder yang dapat memuntahkan 200 tenaga kuda dan torsi 205 Nm.

(syu/ady)

Honda Menaruh Harapan pada Brio Satya dan MPV Murah

Honda Menaruh Harapan pada Brio Satya dan MPV Murah Jakarta - Sudah diketahui kalau market terbesar di pasar otomotif Indonesia berada di segmen low MPV (multi purpose vehicle) dan satu lagi segmen yang diperkirakan akan booming adalah mobil murah ramah lingkungan (LCGC).

Berkaca kepada market itu, pabrikan Honda pun campur tangan hingga akhirnya mengikuti program LCGC dan produknya sudah resmi diluncurkan dan dijual untuk masyarakat Indonesia dengan harga mulai dari Rp 106 juta hingga Rp 117 juta dengan mesin terbesar di segmen LCGC yakni 1.200 cc.

"Intinya adalah dimana ada permintaan kita akan memproduksi. Kita juga melihat market yang besar itu ada di bawah dan Honda memang selama ini bermain di medium dan kini bermain di kelas bawah itu," ujar Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy di sela-sela peluncuran New Brio dan Brio Satya di Jakarta, Rabu (11/9/2013).

Ditambahkan Jonfis, peluang untuk terus berkembang di Indonesia semakin terbuka luas dimana market LCGC dan low MPV sudah mulai ditekuni oleh Honda di Indonesia.

"Kita ingin memperluas market kita dan kita ingin memberikan kesempatan lebih banyak kepada konsumen untuk menikmati mobil Honda. Dengan begitu kami juga berharap bisa menambah penjualan Honda di Indonesia," tukasnya.

Tak hanya itu, Jonfis juga menambahkan kalau dengan adanya mobil murah dan low MPV, market share Honda di tahun yang akan datang dan seterusnya dipastikan akan mengalami kenaikan.

"Sebelum naik penjualan nanti antisipasinya juga harus kita lakukan, jangan kita terus memproduksi tapi jaringan diler tidak diperhatikan. Kami tidak mau konsumen kita menjadi terbengkalai," pungkasnya.

(ady/ikh)

Ninja 300 Edisi Khusus Eropa

Ninja 300 Edisi Khusus Eropa London - Ninja merupakan model paling populer milik Kawasaki. Ada banyak varian Ninja di dunia dan ini adalah Ninja 300 terbaru. Untuk menggoda para pecinta roda dua di Eropa, Kawasaki pun memberikan edisi khusus ala motor World Super Bike.

Motor ini disediakan Kawasaki khusus untuk pasar Eropa dengan striping khusus dan pelek yang telah anyar.

Stripingnya mengambil inspirasi dari motor yang ditunggangi Tom Syker dan Loris Baz di ajang WSBK. Kawasaki mengatakan edisi khusus ini akan tersedia pada Ninja 300 versi standar dan versi ABS.

Managing Director Kawasaki Motors Eropa Yasushi Kawakami menjelaskan kalau motor yang akan disebar ke dealer di seluruh Eropa pada akhir 2013 ini dibuat karena banyaknya permintaan seperti dilansir visordown, Kamis (12/9/2013).

"Bagi banyak pengendara, baik yang baru suka motor atau suka lagi setelah waktu yang lama, Ninja 300 telah menjadi sepeda motor pilihan," kata Yasushi meski belum membocorkan harganya.

"Kami yakin bahwa kesempatan untuk naik sebuah mesin yang memiliki penampilan visual yang terinspirasi oleh motor balap pemenang Ninja ZX-10R World Superbike akan memiliki prospek yang sangat menarik," tambahnya.

(syu/ikh)

Mobil Konsep Mazda Dilalap Si Jago Merah

Mobil Konsep Mazda Dilalap Si Jago Merah Jakarta - Sungguh naas nasib mobil konsep Mazda Furai. Mobil konsep yang mengawali debut pada North American International Auto Show 2008 di Detroit itu hangus terbakar.

Mazda Furai adalah satu-satunya mobil konsep sport tersukses Mazda yang belum masuk tahap produksi. Mobil ini terbakar saat merayakan hari ulang tahun majalah Top Gear ke-20 tahun di Inggris. Tidak diketahui secara pasti bagaimana Mazda Furai bisa hangus terbakar.

Akibat kejadian ini, pihak Top Gear sudah meminta maaf dan bersedia bertanggung jawab terbakarnya Mazda Furai seperti dilansir sunshinecoastdaily, Kamis (12/9/2013)

"Maafkan kami, kami telah berdosa. Top Gear bertanggung jawab atas kejadian ini. Kami sangat, sangat menyesal," kata pihak Top Gear.

Mazda Furai menggunakan plarform LMP2 yang menggunakan 3 motor listrik bertenaga 450 Hp. Mobil tersebut menggunakan X-trac 6 speed semi otomatis. Furai, yang berarti `suara angin'

Mobil konsep tersebut memiliki PXLXT (4.563 mm, 1.956 mm, 977 mm) dan wheelbase 2.790 mm. Bagian depan mobil itu dihiasi dengan nomor `55', sebagai penghargaan kesuksesan mesin wankel atau disebut juga mesin rotary di ajang Le Mans tahun 1991.


(ikh/ddn)

Nissan: LEAF Mobil Listrik Terlaris di Dunia

 Nissan: LEAF Mobil Listrik Terlaris di Dunia Irvine, California - Mobil listrik Nissan LEAF sudah terjual sebanyak 75.000 unit di seluruh dunia. Hal ini membuat LEAF sebagai mobil listrik terlaris.

Hal tersebut disampaikan General Manager, IT and Engineering Nissan Motor Co Tetsuya Iijima di dalam event Nissan 360 di Irvine, California.

"LEAF sangat populer di West Coast Amerika dengan California sebagai tempat terbanyak," ujarnya sambil memperlihatkan file presentasi mengenai lokasi-lokasi LEAF di Amerika khususnya.

"Dengan angka penjualan mobil sebanyak 75.000, itu berarti hampir setengah dari seluruh mobil listrik yang terjual di dunia," ujarnya.

Total semua LEAF yang terjual dalam catatan Nissan sudah menjejalah sejauh 954.907.000 km dengan total energi yang digunakan mencapai 108.925.000 kWh.

Nissan merupakan mobil listrik perdana yang memiliki harga relatif terjangkau. Ini memang merupakan bagian dari strategi Nissan yang selalu menginginkan mobil-mobil mereka menyenangkan untuk dikendarai namun memiliki harga yang relatif terjangkau untuk masyarakat.

Untuk Nissan LEAF saja, di Amerika harganya mulai sekitar US$ 21.300 dengan kurs rupiah sekarang berarti harganya Rp 238 jutaan di Amerika.

Apalagi dengan adanya pemberian subsidi pajak oleh pemerintah Amerika, penjualan mobil listrik ini terus meroket.

Agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen, Nissan kini sudah memiliki 3 pabrik untuk LEAF, pertama di Jepang, Amerika dan Inggris.

(ddn/ikh)

Datsun Bakal Jadi Tulang Punggung Nissan

Datsun Bakal Jadi Tulang Punggung Nissan Irvine - Nissan menempatkan merek Datsun untuk negara dengan angka pertumbuhan yang tinggi seperti Rusia, India, Afrika Selatan dan juga Indonesia.

Di Indonesia, Nissan bahkan sangat yakin kalau merek Datsun akan diterima pasar dan menyumbang sampai setengah angka penjualan Nissan Motor Co.

Hal itu disampaikan GM Datsun Business Unit, Marketing Product Planning Group Nissan Motor Co Tomonori Muto di sela-sela event Nissan 360 di El Toro, Irvine, California, seperti dilaporkan reporter detikOto Dadan Kuswaraharja.

"Penjualan Datsun akan mencapai sepertiga sampai setengah dari penjualan Nissan Motor," ujarnya.

Datsun merupakan merek LCGC (Low Cost and Green Car) yang disiapkan Nissan untuk Indonesia. "LCGC ini segmen yang belum terbuka, sekarang mulai muncul. Daihatsu dan Toyota sudah meluncurkannya sementara kami akan memperkenalkannya minggu depan (17 September-red)," ujarnya.

Sampai tahun depan, ada setidaknya dua model Datsun yang akan diperkenalkan di Indonesia, sama seperti di negara lainnya.

Hal ini menguatkan keterangan General Manager Marketing & Communication Strategy, PT Nissan Motor Indonesia Indrie Hadiwidjaja sebelumnya yang mengatakan untuk tahun 2014 mendatang bakal ada 2 mobil Datsun yang akan meluncur di pasar otomotif nasional.

"Dalam 1 tahun akan keluar 2 model. Kita (Datsun) akan langsung agresif," ucap wanita yang akrab disapa Indrie kepada wartawan di Jakarta, Selasa (16/7/2013).

Dijelaskannya, rencananya setiap tahun minimal akan ada 2 mobil Datsun yang diluncurkan di Indonesia. Untuk di 2014 nanti model pertama mengikuti program LCGC dan untuk model keduanya belum bisa dipastikan apakah diikutsertakan di LCGC juga atau tidak.

"Rentang 1 tahun peluncuran akan ada 2 model lagi, tapi untuk di 2014 yang 1 mobil LCGC yang satunya kemungkinan besar juga bisa jadi ikut program LCGC lagi, tapi gimana nanti, kita lihat saja," tuntasnya.

(ddn/syu)

10 Pebalap dengan Pendapatan Tertinggi

10 Pebalap dengan Pendapatan Tertinggi Jakarta - Forbes, majalah bisnis dan ekonomi kondang dari Amerika Serikat, merilis daftar berisikan 10 pebalap di dunia motorsport dengan penghasilan tertinggi. Siapa saja yang ada di daftar itu?

Diwartakan Crash, penaksiran Forbes itu didasarkan pada penghasilan total di antara Juni 2012 dan Juni 2013. Jumlah total penghasilan itu sendiri didapatkan dari gaji, bonus, dukungan kerjasama dan sponsorship, dan juga bagian dari porsi kemenangan dan lisensi para pebalap tersebut.

Nama pebalap F1 Fernando Alonso memuncaki daftar tersebut, dengan jumlah penghasilan 30 juta dolar AS. Alonso menjadi satu dari empat pebalap F1 yang masuk ke dalam daftar tersebut.

Ajang NASCAR mendominasi daftar itu dengan menempatkan lima pebalapnya. Dale Earnhardt Jr mengisi posisi tertinggi di antara rekan-rekannya dengan berada di posisi tiga.

Sementara Valentino Rossi menjadi satu-satunya pebalap roda dua sekaligus wakil tunggal MotoGP yang ada di daftar tersebut. Saat bergabung lagi dengan Yamaha tahun ini, Rossi disebut bersedia dipotong gajinya kendati ia tetap dinilai mendapatkan penghasilan 22 juta dolar AS.

Berikut daftar lengkapnya

1. Fernando Alonso F1 $30 juta ($28 juta gaji/$2 juta endorsements).
2. Lewis Hamilton F1 $27.5 juta ($26 juta gaji/$1.5 juta endorsements).
3. Dale Earnhardt Jr. NASCAR $26 juta ($13 juta gaji/$13 juta endorsements).
4. Jimmie Johnson NASCAR $24 juta ($17.3 juta gaji/$6.7 juta endorsements).
5. Valentino Rossi MotoGP $22 juta ($12 juta gaji/$10 juta endorsements).
6. Tony Stewart NASCAR $18.5 juta ($12.5 juta gaji/$6 juta endorsements).
7. Jeff Gordon NASCAR $18.2 juta ($12.7 juta gaji/$5.5 juta endorsements).
8. Sebastian Vettel F1 $18 juta ($17 juta gaji/$1 juta endorsements).
9. Danica Patrick NASCAR $15 juta($6 juta gaji/$9 juta endorsements).
10. Jenson Button F1 $14 juta ($14 juta gaji/$0 juta endorsements).

(krs/syu)

Motor Roda Tiga Ini Bisa Berlari Sampai 220 Km/Jam

Motor Roda Tiga Ini Bisa Berlari Sampai 220 Km/Jam Jakarta - Motor roda tiga pelan? Tunggu dulu. Lihatlah motor yang satu ini. Motor yang satu ini mampu berlari sampai 220,4 km/jam.

Motor racikan Klock Werks ini merupakan motor roda tiga yang menggendong mesin Triumph Rocket III. Motor ini mampu berlari sampai 137 mph atau sekitar 220,4 km/jam dalam ajang BUB Speed Trials yang digelar di padang garam Bonneville, Amerika Serikat.

Namun, motor yang diracik dan dikemudikan langsung oleh pendiri dan presiden Klock Werks, Brian Klock ini masih menunggu otoritas setempat untuk meratifikasi rekor tersebut.

Motor ini diracik Klock bersama Carpenter Racing. Klock mendesain body motor agar mampu berlari kencang, sementara Carpenter meracik mesin ganas milik Triumph Rocker III untuk mampu memuntahkan tenaga 205 hp.

(syu/ddn)

Mobil Murah Honda Standar Euro4, Bisa 'Minum' Premium?

Mobil Murah Honda Standar Euro4, Bisa Jakarta - Honda mengklaim kalau mobil murahnya, Brio Satya memiliki kadar emisi yang memenuhi standar Euro4. Dengan memiliki kadar emisi itu, apakah masih bisa 'meminum' bahan bakar dengan ron 88 (premium)?

Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy mengatakan kalau pihaknya tidak menyarankan menggunakan bahan bakar jenis premium atau ron 88.

"Sesuai dengan peraturan pemerintah, kita tidak menganjurkan kepada konsumen Satya untuk menggunakan ron 88, kami tetap menganjurkan menggunakan pertamax," kata Jonfis di sela-sela peluncuran New Brio dan Brio Satya di Jakarta, Rabu (11/9/2013).

Tapi, lanjut Jonfis kalau memang di suatu daerah tidak tersedia bahan bakar ron 88 atau premium maka kalau sesekali menggunakan ron 88 tidak apa-apa.

"Tapi kalu memang di suatu tempat tidak ada pertamax maka bisa saja menggunakan ron 88, tapi kami tidak menganjurkan dan jangan keseringan," katanya lagi.

Honda Brio Satya menggendong mesin i-VTEC SOHC 1.2 liter 4 silinder yang menghasilkan tenaga 88 PS dan torsi 11.1 Kg.m pada putaran mesin 4.500 yang merupakan terbesar di kelasnya.


(ady/syu)

TVS Sport 125 cc Hadir di Januari 2014

TVS Sport 125 cc Hadir di Januari 2014 Jakarta - TVS menyatakan tidak akan head to head dengan pabrikan raksasa roda dua di tanah air. Namun bukan berarti pabrikan India yang satu ini tidak memiliki strategi jitu untuk memenangkan hati pecinta roda dua di tanah air.

Berbagai langkah pun diambil, untuk bisa merebut hati pecinta roda dua di tanah air. Salah satunya dengan siap merebut segmen yang masih kosong di Indonesia.

"Kami tidak akan bersaing dengan pabrikan motor lain di Indonesia, tapi kami memilih untuk bermain di segmen yang masih kosong," ujar Chief Marketing Officer PT TVS Motor Company Indonesia, Herry B. Dragono, saat peresmian diler TVS pertama di Jakarta Timur, Rabu (11/9/2013).

"Salah satunya untuk segmen sport 125 cc, dan kami akan bermain sendiri didalamnya," tambahnya.

Herry pun langsung membeberkan kapan pabrikan India yang satu ini akan memperkenalkan TVS sport 125 cc di Indonesia.

"Kapan akan di diluncurkan? Januari 2014. Maunya sih tahun ini, tapi kami memilih saat ini untuk lebih memfokuskan kepada TVS Dazz (varian matik)," ucapnya.

(lth/syu)

TVS Lahirkan Matik Injeksi Baru Tahun Depan

TVS Lahirkan Matik Injeksi Baru Tahun Depan Jakarta - Kalau pabrikan motor lainnya sudah menggemborkan teknologi injeksi sebagai senjata utama mereka, berbeda dengan pabrikan India TVS yang lebih memilih santai dan baru mau memperkenalkan di 2014.

Dan langkah pertama TVS untuk memperkenalkan varian injeksi akan terbungkus dalam varian matik terbaru mereka di 2014.

"Kami sudah memiliki teknologi injeksi itu sudah lama. Dan kami menjadi pabrikan yang memperkenalkan injeksi pertama di India pada 2005 silam," kata President Director TVS Motor Company Indonesia, R. Anandakrishnan di main diler TVS terbaru di Jl Dewi Sartika, No. 366, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (11/9/2013),

R Anandakrishan memastikan varian matik injeksi TVS akan memiliki desain terbaru.

"Nanti sabar aja dahulu, pokoknya nanti semuanya akan baru, baik dari desain maupun teknologi. Dan varian matik injeksi akan lahir di April 2014 besok," katanya.

Tapi berapa ya kira-kira harga yang ditawarkan untuk matik injeksi TVS yang satu ini?

"Harga? Yah Anda tahulah bagaimana TVS, kami akan memberikan yang terbaik, baik dari kualitas dan harga yang terjangkau," tutupnya.

(lth/ikh)

Anggie: Menggaet Wanita Lewat Mobil Pilihannya

Anggie: Menggaet Wanita Lewat Mobil Pilihannya Jakarta - Setiap wanita mempunyai kepribadian yang berbeda-beda. Dan untuk mengenal kepribadian seorang wanita, seorang pria harus tahu mobil pilihannya. Ini merupakan cara jitu untuk menggaet seorang wanita.

Seperti yang dikatakan gadis berkulit putih mulus asal Bandung, Anggie. Menurut dara satu ini, untuk mendekati seorang wanita harus tahu dulu mobil pilihannya. Jangan pernah nekat mendekati gadis kalau tidak tahu urusan kecil ini.

"Mendekati seorang wanita itu harus tahu mobil impiannya. Kalau sudah tahu tinggal enak masuknya (mendekati)," kata dara kelahiran 19 Agustus 1988 silam itu.

"Seperti aku. Aku sukanya mobil mewah warna hitam kayak Toyota Camry hitam ini. Mobilku sekarang warna hitam. Dulu aku sukanya mobil warna pink. Sempat punya Suzuki Swift warna pink waktu SMA, dan itu sudah dijual," lanjutnya.

Anggie menjelaskan seorang wanita lebih gampang dikencani kalau sang pria mengendari mobil dambaannya. Apalagi kalau mobil yang dikemudikannya terlihat kinclong. Penampilan mobil diakui Anggie mempermulus langkah pria mendekati seorang wanita.

Wanita lanjut Anggie, biasanya suka mobil bersih luar dan dalam. Soalnya kebersihan yang terjaga membuat aktivitas kencan di dalam mobil lebih nyaman. Wuih!

"Mobil apapun yang jorok aku enggak suka. Enggak nyaman aja kalau di dalam. Cewek kalau bawa mobil atau jadi penumpang tapi mobilnya bersih dan wangi kayanya gimana gitu," tutup gadis salah satu universitas terkemuka di Jakarta ini.

(ikh/ddn)

7 Merek Mobil Terlaris Agustus

7 Merek Mobil Terlaris Agustus Jakarta - Akibat banyaknya hari libur di Agustus lalu, penjualan mobil di Indonesia jeblok. Hanya ada 79.409 mobil yang terjual di Agustus, turun drastis dari penjualan sebelumnya yang mencapai 112.183 mobil.

Angka itu cukup terpaut jauh dan agak kontradiktif. Sebab di Juli penjualan bulanan mobil di Indonesia mencapai rekor tertingginya dengan angka 112.183 mobil. Sebulan setelahnya, penjualan mobil di Indonesia anjlok hingga titik terendah di tahun ini di angka 79.409 unit.

Di Agustus Toyota masih memimpin pasar mobil Indonesia dengan angka penjualan mencapai 24.896 unit. Sementara di posisi dua, pertarungan sengit terjadi.

Suzuki kembali berhasil mengungguli Daihatsu setelah melepas 12.006 mobil, sedikit lebih banyak dari Daihatsu yang menjual 11.689 unit.

Adapun Mitsubishi menguntit di posisi empat dengan penjualan 10.487 mobil.

Lepas dari pertarungan ketiga merek tadi, di posisi lima Nissan kembali berhasil mengulang kejadian di Januari dimana mereka menurunkan Honda dari tahta posisi itu.

Nissan berhasil menjual 5.040 mobil, lebih banyak dari Honda yang hanya menjual 4.163 mobil. Di sisi lain, Isuzu berhasil melepas 1.962 mobil untuk mengamankan posisi di 7 besar.

Berikut data penjualan mobil di Agustus:

No. Merek Penjualan

1. Toyota 24.896
2. Suzuki 12.006
3. Daihatsu 11.689
4. Mitsubishi 10.487
5. Nissan 5.040
6. Honda 4.163
7. Isuzu 1.962
8. Merek lain 9.166

Total Agustus: 79.409
Total 2013: 793.808

(syu/ikh)

Pemilik Datsun dan Nissan Semakin Eksis

Pemilik Datsun dan Nissan Semakin Eksis Jakarta - Nissan Datsun Club Indonesia (NDCI) semakin eksis. Penggila mobil asal Jepang itu mengadakan acara rutin tahunan club yaitu Halal Bihalal dan Nonton Bareng video Datsun Story di lembah Bougenville Maribaya, Lembang, Jawa Barat pada 7-8 September 2013.

Acara silaturahmi ini dihadiri oleh sekitar 40 member beserta anggota keluarganya yang berasal dari Jadebotabek dan Bandung.

Sebelum menuju Lembang, rombongan berkumpul di Rest Area KM. 30 Tol Cikampek. Kemudian bersama-sama menuju Lembang melalui rute tol Cikampek-Cipularang-Tol Jatiluhur-Situ Wanayasa-Ciater.

Rombongan berhenti sejenak untuk makan siang dan istirahat di RM. Saung Walini Ciater. Setelah santap menu makan siang, rombongan melanjutkan perjalanan, dan tidak lupa juga untuk singgah di kawasan wisata Tangkuban Perahu, baru kemudian konvoi lagi menuju hotel pada sore harinya.

Pada sore harinya rombongan 'hiking' menikmati keindahan alam pegunungan. Acara utama diadakan pada malam harinya yang didahului dengan makan malam.. Dimulai dengan nonton bareng video Datsun Stories, kemudian silaturahmi antar member dan kegiatan seru lainnya, dan tak lupa pembagian 'doorprize' sebelum ditutup acaranya dengan maka kambing guling bersama.

Nah, masih dalam tema yang sama, NDCI Chapter Jatim juga mengadakan Halal Bihalal pada 8 September 2013. Dengan semangat kekeluargaan, acara diadakan di Kebun The Wonosari Lawang Malang, dihadiri oleh sekitar 20 member beserta keluarganya yang berasal dari Surabaya, Malang dan Tuban.

(ikh/ddn)

Nissan X-Trail Meninggalkan Kesan Kotak

Nissan X-Trail Meninggalkan Kesan Kotak Jakarta - Teka-teki model anyar dari Nissan X-Trail akhirnya terjawab. Nissan menampilkan generasi terbaru Nissan X-Trail di Frankfurt Motor Show. Desain Nissan X-Trail berubah total dari versi sebelumnya dan meninggalkan kesan kotak.

Penampakan Nissan X-Trail ini belum dibilang resmi, karena Nissan baru akan mengungkapkan spesifikasi Nissan X-Trail 2014 dalam beberapa waktu ke depan dan mulai diluncurkan awal tahun depan.

Bahasa desain Nissan X-Trail 2014 terinspirasi dari Hi-Cross Concept. Kabarnya Nissan X-trail 2014 bakal memanfaatkan chassis Common Module Family (CMF) baru dengan penggerak roda depan dan All-Wheel Drive dilansir telegraph, Rabu (11/9/2013).

Casis ini digunakan oleh banyak mesin Nissan dan Renault karena dinilai cukup ringan dan tangguh. Di sisi lain pilihan pada casis ini karena kenyamanannya.

Berita lainnya jika Nissan juga akan menyematkan mesin 1.6 liter bensin dan diesel. Mesin ini tentu menandai babak baru Nissan X-Trail di dunia otomotif global yang sudah lama menjelma sebagai SUV kelas menengah.

Bagian luar tersedia LED daytime running lamp (DRL) dan pelek 19 inci. Desain anyar Nissan X-Trail ini diklaim sangat aerodinamis dari versi sebelumnya. Wujud Nissan X-Trail semakin mewah lewat kaca panoramik.

Nantinya, Nissan X-Trail akan tersedia daya tampung 7 penumpang. Konsep ini pertanda Nissan X-Trail sebagai SUV keluarga yang modern dan tak terbatas di kelasnya.

Di Amerika Nissan X-Trail akan dipasarkan dengan nama Nissan Rogue. Untuk pasar ASIA tetap menggunakan nama X-Trail.

(ikh/ddn)

Ambisi VW Menjadi Pemimpin Mobil Listrik dan Hybrid

Ambisi VW Menjadi Pemimpin Mobil Listrik dan Hybrid Jakarta - Produsen mobil dari segala segmen saat ini sedang berlomba untuk membuat mobil ramah lingkungan seperti hybrid dan listrik. VW Group tidak mau kalah. Mereka bahkan berambisi untuk menjadi produsen mobil hybrid dan listrik terbesar di dunia.

VW Group telah menargetkan untuk menjadi pemimpin dalam segmen mobil hybrid dan listrik dalam hal penjualan pada tahun 2018 setelah meluncurkan dua mobil anyar e-Up dan e-Golf di Frankfurt. Keduanya baru akan dijual awal tahun depan.

Berbicara kepada Autocar, Rabu (11/9/2013) bos VW Martin Winterkorn menguraikan bahwa perusahaannya memiliki 70.000 karyawan terlatih dalam setiap aspek teknologi drivetrain listrik.

Perusahaan Jerman itu melalui merek-merek seperti VW, Audi, Seat dan Skoda menargetkan akan memiliki 14 model mobil listrik dan hybrid untuk dijual hingga akhir tahun depan.

Saat ini, plug-in hybrid memiliki potensi penjualan terbesar saat ini meski mereka terhitung datang terlambat dalam persaingan membuat mobil listrik dan hybrid.

"Kami memulai tepat pada waktu yang tepat. Kami membuat versi listrik pada semua kelas kendaraan, dan karena itu memiliki segala sesuatu yang kita butuhkan untuk membuat Volkswagen Group menjadi produsen mobil teratas di semua hal, termasuk mobilitas listrik, pada tahun 2018," Kata Winterkorn.

Untuk permulaan, versi listrik akan diusahakan untuk ada di semua model yang ada saat ini sehingga dengan begitu VW memiliki fleksibilitas untuk merakitnya mereka di jalur produksi yang sama dengan mobil bermesin bakar.

Lepas dari VW, Toyota baru-baru ini merayakan prestasi mereka menjual 5,5 juta kendaraan hybrid atau listrik sejak tahun 1997, dan menargetkan lebih dari 11,5 juta per tahun pada tahun 2018.

(syu/ikh)

Tuesday, September 10, 2013

Honda Brio Kini Lebih Murah dan Banyak Pilihan

Honda Brio Kini Lebih Murah dan Banyak Pilihan Jakarta - Sejak 1 tahun lalu diluncurkan di Indonesia, kini PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali menghadirkan New Brio yang hadir lebih banyak pilihan untuk konsumennya di Tanah Air.

Selain mesin kapasitas 1.3 L, New Brio juga hadir dengan mesin A/T 1.2 L yang menawarkan fitur lengkap dengan harga terjangkau.

New Brio 1.2 L A/T dijual dengan harga mulai dari Rp 136 juta untuk tipe E A/T dan Rp 131 juta untuk tipe S A/T. Sementara Brio Sport dijual mulai harga Rp 169 juta untuk tipe E M/T dan Rp 179 juta untuk tipe E A/T.

"Untuk memberikan produk yang terbaik bagi konsumen di segmen tersebut, kami melakukan pengembangan terhadap model Brio dengan menghadirkan varian-varian baru dengan fitur yang lebih lengkap dan harga yang terjangkau," ujar President Director PT HPM Tomoki Uchida di Jakarta, Rabu (10/9/2013).

Untuk pertama kalinya di Indonesia, Honda memperkenalkan mesin i-VTEC SOCH 1.2 liter dengan 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 88 PS yang terbesar di kelasnya.

Didukung teknologi Drive By Wire (DBW), Grade Logic Control dan Shift Hold Control, New Brio tak hanya bertenaga tapi juga hemat bahan bakar dan telah memenuhi standar emisi EURO4. Brio 1.2 L A/T menggunakan transmisi 5 AT yang sporty dan juga responsif.

Untuk kenyamanan berkendara, terdapat pula fitur Tilt Steering yang memudahkan pengemudi untuk mengatur posisi tinggi rendahnya roda kemudi untuk mendapatkan posisi berkendara yang paling nyaman.

Sementara Electric Power Steering (EPS) berfungsi untuk membuat setir menjadi lebih ringan pada kecepatan rendah dan mantap pada kecepatan tinggi sehingga manuver semakin lincah namun tetap stabil di berbagai kondisi jalan.

New Brio kini hadir juga dengan penambahan fitur pada bagian eksterior maupun interiornya. Fitur baru pada eksterior seperti fog lamp, rear wiper, dan rear chrome garnish melengkapi fitur yang sudah ada seperti Body Colored Side Mirror (tipe E & S), body Colored Door Handle (tipe E&S ).

(ady/ikh)

Dua Jantung di Mobil Super Porsche

Dua Jantung di Mobil Super Porsche Jakarta - Setelah lama dibicarakan, Porsche akhirnya memperlihatkan supercar terbaru mereka, 918 Spyder. Mobil ini baru saja diperlihatkan di Frankfurt.

Mobil Jerman ini baru saja diperlihatkan di Frankfurt Motor Show dan sudah siap untuk masuk dapur produksi minggu ini.

Menurut rencana, Porsche akan memproduksi mobil ini hanya dengan pilihan kemudi di kiri saja selama 18 bulan ke depan dengan jumlah hanya 918 unit.

Meski banderol harga mobil ini sebesar 657.400 pounds, Porsche mengklaim kalau permintaan mobil ini cukup tinggi.

"Kami telah mengambil deposito untuk lebih dari dua pertiga dari volume produksi yang direncanakan," kata seorang pejabat Porsche kepada Autocar, Rabu (11/9/2013).

Porsche 918 Spyder sendiri pertama kali diperlihatkan sebagai mobil konsep pada 2010 Geneva motor show. Dibangun dari monokok serat karbon, mobil ini mengenakan panel bodi komposit plastik dan menggunakan sasis yang dibuat dari campuran aluminium, magnesium dan titanium.

Di jantungnya Porsche memadukan mesin bensin V8 berkapasitas 4.6 liter bertenaga 599 bhp pada 8.700 rpm. Meski sudah bertenaga besar, mesin ini masih dibantu oleh dua motor listrik yang total memberikan tenaga tambahan 282 bhp di 6.500 rpm. Dengan begitu, total ada 875 tenaga kuda di mobil tersebut.

Dengan perpaduan tersebut, mobil Jerman ini mampu berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 2,8 detik atau 0,9 detik lebih cepat dari supercar Carrera GT. Kecepatan puncaknya mencapai 214 mph atau sekitar 344 km/jam.

(syu/ikh)

Mobil Anti-Peluru BMW

Mobil Anti-Peluru BMW Jakarta - Bila biasanya mobil antipeluru mengambil model sedan atau limusin, tidak mobil yang satu ini. Sekilas pandang ini mungkin seperti BMW X5 pada umumnya. Namun, ini bukanlah X5 biasa karena mobil ini adalah mobil antipeluru.

Mobil ini baru saja diperlihatkan di Frankfurt Motor Show dan masih merupakan mobil konsep berjulukan Security Plus. Standar perlindungan mobil yang mengambil basis dari X5 generasi ketiga ini juga sudah VR6.

Merek Jerman ini bahkan sesumbar kalau ini adalah satu-satunya mobil di kelasnya yang memenuhi persyaratan tingkat perlindungan VR6 dengan menawarkan perlindungan terhadap kejahatan terorganisir, penculikan dan serangan kekerasan.

Mobil ini dibuat terutama untuk pelanggan dari Rusia, Afrika dan Amerika Selatan di mana kejahatan terorganisir masih sangat tinggi dan keselamatan adalah hal penting.

Terlebih tampang luar mobil ini tampak seperti mobil biasa. Padahal mobil ini bisa memberikan perlindungan meski ada 4 penjahat bersama-sama memberondongnya dengan AK-47 dilansir worldcarfans, Rabu (11/9/2013).

Sementara balik kap terdapat mesin V8 yang sudah dilengkapi dengan TwinPower Turbo yang mampu mengembangkan tenaga sampai 450 hp untuk disalurkan ke sistem xDrive all-wheel drive.

BMW juga mengatakan kalau mereka juga telah mengembangkan versi X5 Security yang memberikan perlindungan tingkat VR4 untuk melindungi pemiliknya dari kejahatan jalanan umum.


(syu/ikh)

Ini Dia Sosok MPV Brio

Ini Dia Sosok MPV Brio Jakarta - Honda baru akan menampilkan MPV murah berbasis hatchback Brio di ajang Indonesian International Motor Show (IIMS) yang dibuka pada 19 September mendatang.

Sebelum debutnya di dunia pada IIMS, MPV murah Honda (LMPV Honda) sedikit demi sedikit mulai tersibak. Wujud LMPV Honda dalam bentuk rendering terungkap dimana rendering ini salah satu model produksi PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk memenuhi pasar mobil Indonesia dan ekspor.

Dilansir indianautosblog, Selasa (10/9/2013), LMPV Honda dijuluki Mobilio yang mempresentasikan MPV kelas menengah yang tengah berkembang di Indonesia.

Rendering LMPV Honda tersebut mirip dengan sketsa LMPV Honda yang diungkap PT HPM 2 bulan lalu. Mocong depan LMPV Honda itu mirip dengan Honda Brio 1.300 cc 4 silinder yang lebih dulu dipasarkan di Indonesia.

Sementara konsep bagian sampingnya juga serupa dengan sketsa LMPV Honda. LMPV Honda yang kemudian disebut Mobilio ini kabarnya menggunakan mesin kapasitas 1.500 cc i-VTEC.

Di Indonesia, Mobilio diklaim pesaing Chevrolet Spin, Daihatsu Xenia, Nissan Evalia, Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza.

(ikh/ddn)

Nissan Pamerkan Puluhan Mobil

Nissan Pamerkan Puluhan Mobil Irvine - Apa jadinya jika pangkalan terbang marinir El Toro di California, Amerika berubah fungsi dan menjadi area buat test drive puluhan mobil? Pasti seru!

Ya untuk memperingati ulang tahun ke-80 pabrikan Jepang Nissan Motor Co menggelar Nissan 360. Ini merupakan event untuk memamerkan semua line up Nissan yang pernah diproduksi selama 80 tahun di 160 negara.

Ribuan media termasuk detikOto, investor, suppliers, diler dan analis diundang Nissan ke Amerika.

"Nissan sangat bangga dengan teknologi automotifnya, dengan prospek yang menarik yang akan membantu perusahaan di masa depan," ujar CEO Nissan Carlos Ghosn dalam pernyataan resmi yang dikirimkan kepada wartawan yang hadir.

Event Nissan 360 akan melibatkan lebih dari 100 mobil dari 3 merek Nissan Motor Co, yakni Nissan, Infiniti dan Datsun.

Nissan 360 ini merupakan bagian dari rencana Nissan masa depan yakni Power 88. Di dalam rencana yang diumumkan Juni 2011 lalu, Nissan menargetkan 8 persen pagsa pasar dan 8% laba operasi di tahun fiskal 2016.


(ddn/syu)

Toyota Tidak Mematok Target Penjualan di IIMS

Toyota Tidak Mematok Target Penjualan di IIMS Jakarta - Lebarannya otomotif di Indonesia tahun ini jatuh pada 19-29 September 2013 besok pada ajang IIMS 2013. Nah kalau pabrikan lainnya mungkin bakal mengejar penjualan mereka di IIMS, berbeda dengan Toyota yang tidak terlalu memfokuskan kepada penjualan mereka.

Seperti yang diungkapkan Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Rahmat Samulo, Selasa (10/8/2013), di Jakarta.

"Tujuan Toyota di IIMS 2013 bukan untuk menjual mobil, dan kami tidak memiliki target penjualan secara spesifik," katanya.

Toyota pun memilih untuk lebih memperkenalkan beragam teknologi mereka dibandingkan dengan meningkatkan penjualan mereka di Indonesia International Motor Show 2013.

Toyota lebih konsen kepada lingkungan dan teknologi yang akan kami perkenalkan, sehingga untuk penjualan kita lihat saja nanti," ujarnya.

"Karena kalau konsumen serius dengan toyota, mereka akan menghampiri diler-diler kita," tambahnya.

Seperti yang diketahui pada ajang IIMS 2013, Toyota akan memejeng 27 varian yang telah ada dipasar Indonesia dan bakal ikut memperkenalkan 2 varian anyar Special Exhibit, Toyota Fun Vii dan TS030.

Dan pada ajang IIMS kali ini Toyota juga akan menempati booth dengan luas total 2.460 meter per segi, yang terdiri dari Booth indoor seluas 2.100 meter per segi di Hall D, dan Commercial Booth seluas 540 meter per segi di Hall Outdoor JIExpo Kemayoran.

(lth/syu)

Mobil Termurah di Dunia Siap Masuk Indonesia

Mobil Termurah di Dunia Siap Masuk Indonesia Jakarta - Sejak pertama kali dipamerkan di Indonesia, mobil murah di dunia, Tata Nano belum juga diluncurkan. Kini datang kabar baik karena Nano siap meluncur di Tanah Air pada tahun 2014 mendatang.

Hal itu diungkapkan langsung oleh President Director PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) Biswadev Sengupta di Hotel Gran Melia, Jakarta, Selasa (10/9/2013).

"Tata Nano tetap akan kami luncurkan disini (Indonesia), tepatnya tahun 2014 mendatang," tegas biswadev kepada wartawan.

Dijelaskannya, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan spesifikasinya agar sesuai dengan negara Indonesia.

"Kita akan siapkan spesifikasi yang berbeda dengan dibeberapa negara lain dan akan disesuaikan dengan kebutuhan negara Indonesia," katanya lagi.

Tata Nano ini sendiri kapasitas mesinnya dilengkapi mesin 800 cc dan kabarnya mobil ini akan dijual di Indonesia dengan harga Rp 75 jutaan.

(ady/syu)

Soal LCGC, Tata Motors Masih Bimbang

Soal LCGC, Tata Motors Masih Bimbang Jakarta - Program pemerintah tentang low cost and green car (LCGC) atau mobil murah ramah lingkungan memang ditujukan bagi pabrikan mobil mana saja yang akan mengikutinya.

Sudah banyak pabrikan mobil yang menyatakan ketersediaanya dalam program mobil murah itu. Lalu bagaimana dengan pabrikan mobil asal India, Tata Motors?

Sebelumnya, tepatnya pada (20/6/2013) Presiden Direktur Tata Motors Indonesia (TMI) Biswadev Sengupta pernah mengatakan kepada detikOto kalau pihaknya akan mengikuti program LCGC. "Kami ikut LCGC, program itu sangat menarik," katanya.

Tapi, ketika ditanyakan kembali saat peluncuran 3 produk terbarunya, Aria, Vista dan Safari, HR & Legal Director PT TMDI Ahcmad Djauhari mengatakan pernyataan yang berbeda dengan pernyataan Biswadev sebelumnya.

"Kami belum memutuskan untuk ikut di segmen tersebut, hanya saja saat ini kami akan fokus kepada 3 model baru yang kami luncurkan saat ini," kata Achmad.

(ady/syu)

Yamaha Jupiter Z1 Ganti Baju

Yamaha Jupiter Z1 Ganti Baju Jakarta - Setelah Byson, Yamaha kembali mengganti baju produk lainnya. Kini yang mendapat giliran untuk mendapat baju baru adalah Jupiter Z1.

Yamaha memberikan sentuhan striping dan warna baru pada Jupiter Z1. Motor bebek injeksi ini tampil dengan dua varian, Jupiter Z1 “Street” dan Jupiter Z1 “Sporty”.

Jupiter Z1 “Street” untuk segmen remaja usia 16 â€" 19 tahun dengan tampilan warna lebih berani yang mencerminkan spirit dan kreativitas jiwa muda.

Sedangkan Jupiter Z1 “Sporty” buat dewasa usia 20 â€" 35 tahun yang menyukai warna-warna lebih tegas dan solid. ”Jupiter Z1 bebek populer Yamaha yang juga tengah naik daun di ajang motorsport lokal.

Tahun ini kami menyegarkan penampilannya untuk memuaskan kebutuhan pelanggan. "Kami optimis konsumen akan menerima desain baru ini dengan positif,” ujar Eko Prabowo, General Manager Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia dalam keterangan resminya.

Warna-warna Jupiter Z1 “Street” dan Jupiter Z1 “Sporty” juga punya ciri khas sendiri. Jupiter Z1 “Street” konsepnya “Speed for Fun”, memiliki warna two tone (warna bodi depan dan belakang kombinasi).

Pelek dan shockbreaker belakang berwarna putih. Dilihat dari bodi motor terdapat dua pilihan warna, “Green Hornet” dan “Active White”. “Green Hornet”, warna hijau terbaru yang unik hasil riset Yamaha Indonesia, memiliki dua warna kombinasi (hijau spesial di bagian bodi depan dan putih di bodi belakang sehingga terlihat lebih sporty.

“Active White”, warna putih di bodi depan dan belakang, oranye di deck tengah sehingga cocok untuk yang ingin tampil lebih muda, gaya dan beda.

Beda halnya dengan Jupiter Z1 “Sporty” berwarna one tone (warna bodi depan dan belakang senada). Konsepnya “Heart of Speed”, warna velg dan shockbreaker belakang hitam. Punya identitas logo Z1 ukuran besar pada leg shield. Untuk bodi motor ada empat warna “White Arrow”, “Black Carbon”, “Red Speedy”, “Blue Racer”.

“White Arrow” didominasi warna putih pada bodi depan dan belakang dengan sentuhan aksen warna merah di panel tengah. Wheel pinstripe warna merah pada velg. “Black Carbon” dibalur warna hitam solid pada sekujur bodi motor dengan tambahan stripping warna merah dan wheel pinstripe warna putih pada velg.

Sementara “Red Speedy” dibalur warna merah pada bodi depan dan belakang dengan stripping aksen warna putih dan wheel pinstripe warna putih pada velg.

“Blue Racer” warna biru bodi depan dan belakang, stripping aksen warna putih dan wheel pinstripe warna putih. Mesin Jupiter Z1 baru ini sudah terbukti terdepan seperti yang terukir di event balap Indoprix 2013 dengan mencatat rekor tercepat sirkuit Sentul Bogor dan Kenjeran Surabaya. Memiliki teknologi balap Forged Piston, mesin injeksi canggih Yamaha, tetap kencang dan irit.

Harga Jupiter Z1 baru ini tetap on the road wilayah Jakarta dan sekitarnya. Untuk Jupiter Z1 velg racing harga Rp 15.250.000 dan Jupiter Z1 velg jari-jari harganya Rp 14.550.000.

(syu/ikh)

Perang Diskon di IIMS? Toyota: Itu Biasa

Perang Diskon di IIMS? Toyota: Itu Biasa Jakarta - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 tinggal menghitung hari dengan siap resmi digelar pada 19-29 September 2013 besok. Tentu ini bakal menjadi ajang yang paling di nanti pecinta otomotif di Indonesia.

Terlebih banyak pemikiran konsumen di Indonesia bahwa ajang Indonesia IIMS bakal selalu menyajikan program-program menarik seperti diskon didalamnya. Lalu bagaimana Toyota menanggapinya?

"Toyota Astra motor (TAM) bertanggung jawab memberikan pelayanan, dan memberikan produk terbaik baik untuk teknologi atau pun sesuatu yang ramah dengan lingkungan," kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Rahmat Samulo, Selasa (10/8/2013), di Jakarta.

"Adapun masalah diskon, itu murni dilakukan cabang main diler kami. Persaingan diler (pemberian diskon) itu biasa, itu hanya mekanisme pasar dan itu biasa terjadi," tambahnya.

Dan TAM pun memastikan dirinya hanya mencoba memberikan pelayanan terbaik untuk bisa menambah kenyamanan para konsumen mereka.

"Saya rasa pembagian ini cukup jelas bukan berada diarea TAM. Kita hanya memberikan pelayanan terbaik, teknologi, lising, asuransi. Dan Toyota mencoba memberikanpelayanan terbaik dan kemudahan untuk memiliki sebuah kendaraan," ujarnya.

(lth/syu)

Nissan Bikin Smartwatch

Nissan Bikin Smartwatch Jakarta - Dikalangan raksasa teknologi dunia, jam tangan pintar sekarang adalah salah satu produk yang tengah digarap dengan serius. Nah, merek mobil Nissan nampaknya ingin ikut serta dan melahirkan jam tangan pintar pertama mereka.

Jam tangan pintar atau smartwatch bagi beberapa analis merupakan tren teknologi setelah komputer tablet dan smartphone. Sebagian besar fungsi yang dapat dilakukan dengan smartphone, juga bisa dilakukan oleh smartwatch di pergelangan tangan Anda. Samsung dan Qualcomm telah meluncurkan smartwatch, sementara Apple dan Google juga sudah mempersiapkan amunisi mereka.

Dan kini, Nissan mau ikut serta dalam saga para raksasa teknologi ini dengan memperkenalkan smartwatch. Nismo Watch, demikian nama smartwatch yang dilaporkan digarap Nissan, bakal membidik segmen yang berbeda, yakni pengendara mobil Nissan Nismo.

Fitur-fitur yang akan diboyong Nismo Watch pun berbeda, karena memang tidak dirancang untuk terhubung ke ponsel pintar, tapi untuk berkomunikasi dengan mobil pengendara.

Beberapa hal yang bisa dilakukan Nismo Watch antara lain:



Mengakses fitur-fitur yang menggunakan bluetooth di dalam kendaraan.
Mengakses data perfoma mobil saat sedang berjalan.
Merekam data biometrik pengendara melalui detak jantung.
Memantau efisiensi kendaraan dengan merekam rata-rata kecepatan dan konsumsi bahan bakar.
Bisa untuk media mendapatkan informasi langsung dari Nissan.


Selain itu Nissan juga mengklaim bahwa jam tangan pintar mereka bisa terhubung dengan beragam sosial media seperti Facebook, Twitter, atau Instagram.

Belum diketahui lebih lanjut soal spesifikasi jam tangan pintar itu. Namun menurut Mashable yang dikutip detikOto, Nismo Watch mulai dipamerkan pada ajang Frankfurt Motor Show yang baru saja digelar.

(eno/syu)

Yaris Baru Tidak Ikut Mejeng di IIMS 2013

Yaris Baru Tidak Ikut Mejeng di IIMS 2013 Jakarta - Pabrikan Jepang Toyota kembali akan menunjukan taji mereka di ajang bergengsi Indonesia International Motor Show(IIMS) 2013. Namun di tahun ini sudah bisa dipastikan ada beberapa model Toyota yang tidak ikut mejeng di IIMS 2013, salah satunya varian yang paling di gemari di Indonesia Toyota Yaris.

Seperti yang diungkapkan Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Rahmat Samulo, Selasa (10/9/2013), di Jakarta.

"Sebenarnya pertimbangannya bukan apa-apa, spase terbatas. Dan kita memiliki prioritas model apa yang akan kita tampilkan serta varian apa yang masih butuh diinformasikan ke masyarakat," kata Rahmat.

Tidak hanya model terbaru dari Yaris, berbagai varian Toyota lainnya seperti Lexus, Mark X, tidak akan ikut dipajang pada IIMS 2013.

"Dan setelah kita diskusi, akhirnya kami memutuskan untuk menampilkan varian yang lebih layak dikomunikasikan. Kami juga tidak ikut memajang, Corolla, Altis," katanya.

Mobil Toyota yang akan mejeng pada IIMS 2013 adalah Toyota Agya, Etios, Avanza, Fortuner, Nav1, Vios, Camry HV, Kijang Innova, Alphard, Rush, Hilux, 86, Prius. Sementara itu, kendaraan komersial yaitu Hiace Commuter, Dyna 130XT, Dyba 110 ST, Dyna 110 FT (Kopaja), Dyna 130 HT

(lth/ikh)

3 Mobil Tata Masih Manual, Kapan Versi Matiknya?

3 Mobil Tata Masih Manual, Kapan Versi Matiknya? Jakarta - Ketiga mobil Tata Motors yang diluncurkan di Indonesia, Tata Vista, Tata Aria dan Tata Safari Storme memiliki transmisi manual. Lalu kapan versi otomatisnya diluncurkan di Indonesia?

President Director PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) Biswadev Sengupta menuturkan kalau ketiga mobil itu sebenarnya ada versi transmisi matiknya dan kedepannya juga akan diluncurkan di Indonesia.

"Untuk versi matiknya ada, tapi sekarang kita jual yang manual dulu karena pasarnya besar," kata Biswadev Sengupta di Hotel Gran Melia, Jakarta, Selasa (10/9/2013).

Biswadev menjelaskan lebih detail kalau Tata Aria dan Storme yang versi matiknya akan diluncurkan dalam waktu 6 sampai 8 bulan kedepan dan untuk Tata Vista akan dijual dalam jangka waktu 12 sampai 15 bulan kedepan.

"Kita lihat pasar manual yang memang punya pasar besar disini (Indonesia), setelah terbukti kita akan membawa yang versi otomatisnya," pungkasnya.


(ady/ikh)

Hatta: Mobil Murah Bikin Konsumsi BBM Turun

Hatta: Mobil Murah Bikin Konsumsi BBM Turun Jakarta - Pemerintah mendukung mulai dijualnya 2 mobil murah oleh Toyota dan Daihatsu yang merupakan anak usaha PT Astra Internasional Tbk. Mobil murah dengan harga mulai di bawah Rp 100 juta ini bakal menghemat konsumsi BBM.

Seperti diketahui, sejak kemarin, 2 mobil murah keluaran Astra resmi diluncurkan. Pertama, Daihatsu Ayla yang dijual mulai Rp 76 jutaan hingga Rp 106 jutaan dan kedua Toyota Agya mulai Rp 99,9 juta hingga Rp 120.750.000..

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, munculnya mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) ini dinilai mampu mengurangi konsumsi BBM yang sudah sangat tinggi penggunaannya.

"Justru kehadiran itu mengurangi konsumsi sebetulnya, low cost itu tidak hanya harga murah, tapi penggunaan energinya murah dan hemat," kata Hatta di Acara Danareksa Macro Forum 2013, di Hotel Four Seasons, Jakarta, Selasa (10/9/2013).

Hatta menambahkan, mobil murah ini diharapkan bisa menarik pengguna kendaraan untuk beralih, sehingga kendaraan yang dipakai lebih hemat energi.

Perlu diketahui, Menteri Perindustrian M.S Hidayat telah menyelesaikan petunjuk teknis (Juknis) aturan mobil murah ramah lingkungan (Low Cost and Green Car/LCGC).

Untuk sementara, produsen mobil yang lolos verifikasi pemerintah adalah Daihatsu dan Toyota, selanjutnya mereka mulai menjual mobil murahnya September ini.

(dnl/syu)