Saturday, September 27, 2014

Dan Mobil Terbaik Tahun Ini Adalah...

Dan Mobil Terbaik Tahun Ini Adalah...Jakarta - Sama seperti perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun-tahun sebelumnya, tahun 2014 ini, Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) kembali menggelar Car of the Year. Untuk tahun ini, mobil terbaik versi wartawan otomotif nasional adalah Honda Jazz.

Honda Jazz mendapatkan nilai lebih tinggi dari 4 finalis lain, yaitu Ford EcoSport, Honda Mobilio, Nissan All New X-Trail, dan Toyota All New Yaris.

Dalam proses penjurian yang melibatkan 25 jurnalis berbagai media massa nasional yang membidangi industry otomotif, Honda Jazz berhasil meraih nilai tertinggi yakni 144 point. Nilai itu selisih 4 point (140) dari Ford Ecosport yang menempati posisi kedua.

Honda Jazz berhasil terpilih sebagai mobil terbaik dalam sebuah polling dan penilaian scoring yang ketat dari 25 wartawan otomotif di Indonesia.

Event independen ini hanya memilih satu mobil terbaik dari semua kategori mobil. Karena itu penjurian FORWOT Car of the Year mengadopsi Car of the Year versi Eropa dari Car of the Year Committee. Kegiatan pemilihan mobil terbaik oleh wartawan otomotif di benua Eropa ini sudah berlangsung sejak 1982.

Untuk menentukan satu pemenang Forwot Car of the Year 2014, dewan juri berasal dari 25 wartawan otomotif berbagai media nasional yang bekerja keras memilih dari 5 finalis Forwot Car of the Year 2014 setelah disaring dari total 45 mobil baru yang dipasarkan di Indonesia sejak September 2013 hingga September 2014.

Lima finalis itu dipilih berdasarkan voting, yang kemudian dari para finalis Forwot Car of the Year 2014, setiap juri memilih kembali 3 mobil terbaik berdasarkan pertimbangan profesional mereka sebagai wartawan di bidang otomotif.

Pemilihan ini ditentukan dari point yang diberikan juri (system scoring), setiap juri mendapat bekal 25 point yang harus dihabiskan ke 5 mobil terbaik dari 5 finalis FCY 2014. Pemenang adalah mobil yang meraih point tertinggi.

Ada pun kriteria penjurian adalah Design, Comfort, Safety, Economy, Handling, Performance, Functionality, Enviromental requirement, Driver Satisfaction, dan Price. Selain itu tentu saja preferensi yang tinggi dari para anggota dewan juri terhadap mobil berdasarkan liputannya, seperti perkenalan produk, media test drive, dan lain-lain.


0 comments:

Post a Comment