Wednesday, December 31, 2014

Bila Panser Tentara Menjadi Taksi Wisata

Bila Panser Tentara Menjadi Taksi WisataMoskow - Usainya ketegangan perang dingin antara Rusia dengan Amerika yang disusul bubarnya Uni Soviet, banyak kendaraan lapis baja tentara Rusia yang menganggur. Tak kurang akal,pemerintah Negeri Beruang Merah itu memanfaatkannya sebagai taksi untuk para wisatawan.

Seperti dilansir Rusia Today dan Carscoops, Kamis (01/01/2015), salah satu kendaraan lapis baja yang telah disulap menjadi taksi itu adalah, panser amfibi. Awalnya, BRDM APC â€Â" sebuah lembaga yang mengurusi dan merawat kendaraan tempur milik tentara â€Â" tak menyetujuinya.

Namun, setelah dilakukan pembicaraan tentang manfaatnya dan panser itu dicat ulang dengan kelir merah, izin pun diberikan. Walhasil, kini taksi panser itu bisa berlalu-lalang di jalanan St Petersberg melayani para wisatawan.

Hanya, karena bobotnya yang mebncapai 7.900 kilogram, taksi itu tak bisa melintas di jalanan tertentu di area yang menjadi pusat sejarah Rusia tersebut. Untuk menyewanya cukup membayar 5.000 rubel atau sekitar Rp 1,1 juta.

Yang mengasyikan, selain benar-benar mendapatkan suasana kendaraan tempur, beberapa bagian panser telah disesuaikan seperti kendaraan penumpang, Kaca jendela misalnya, kini dibuat dengan penggerak elektrik.

Jok telah dilapisi lembaran kulit. Dan yang pasti, penumpang akan terlindung oleh lapisan baja setebal 14 milimeter. Sebagai kendaraan tempur amfibi, selain melintas di jalan raya kendaraan ini juga juga mampu berenang di sungai.



(rgr/arf)

0 comments:

Post a Comment