Wednesday, December 31, 2014

Demi Helm HUD, Pemerintah Rusia Hibahkan Dana Miliaran Rupiah

Demi Helm HUD, Pemerintah Rusia Hibahkan Dana Miliaran RupiahMoskow - Rusia memiliki kepedulain yang sangat tinggi terhadap keselamatan pengendara kendaraan bermotor roda dua. Terbukti, pemerintah Negeri Beruang Merah itu menghibahkan dana sebesar 190.000 poundsterling atau sekitar Rp 3,67 miliar kepada perusahaan swasta Livemap, untuk mengembangkan teknologi Head Unit Display

Seperti dilansir Visordown, Kamis (01/01/2014), hibah itu diberikan melalui Kementerian Pendidikan dan Sain kepada Livemap. Teknologi HUD yang disebut Livemap itu merupakan sistem yang membantu pengendara motor untuk melihat kondisi lalu lintas dan lingkungan sekelilingnya yang ditmapilkan di kaca helm. Mereka tak perlu menengok kanan kiri dan pandangan maupun informasi yang tersaji sangat akurat.

Cara kerja teknologi HUD di helm itu dikontrol melalui suara. Kabarnya, sistem itu bisa memproyeksikan sistem navigasi GPS ke kaca helm. Walhasil, pengendara motor tetap fokus ke jalan.

Kepala eksekutif Livemap, Andrew Artishchev, mengatakan konsep teknologi HUD yang dikembangkan pihaknya mirip dengan teknologi yang ditemukan di jet tempur modern.

Dengan teknologi tersebut warna obyek yang ditangkap sensor sama persis dengan yang sebenarnya. Obyek yang ditayangkan di kaca helm transparan, sehingga tak menghalangi pandangan pengendara ke obyek lain yang berada di depan motor.

Hanya, ukuran helm bakal lebih besar dibanding helm konvensional. Soalnya, perangkat keras dan speaker yang ditanam di helm itu juga memerlukan ruang.

Dua buah baterai 3000 mAh juga akan ditanam di dalam helm ini. Livemap mengklaim, baterai itu cukup kuat untuk menyediakan daya untuk fitur HUD selama berkendara satu hari penuh. Rencananya helm HUD itu mulai dirilis pada musim semi mendatang dan mulai dijual di Amerika pada musim panas dengan banderol US$ 2.000 atau sekitar Rp 24,6 juta.


(rgr/arf)

0 comments:

Post a Comment