Thursday, December 18, 2014

Ini Perlengkapan Wajib Pemotor Saat Musim Hujan

Ini Perlengkapan Wajib Pemotor Saat Musim HujanJakarta - Musim hujan telah tiba. Musim hujan bisa menjadi berkah sekaligus musibah. Bagi pengguna sepeda motor, kondisi seperti itu membutuhkan kewaspadaan lebih, maklum jalanan yang licin menjadikan potensi kecelakaan juga semakin tinggi.

“Guyuran air hujan bukan hanya menjadikan pandangan terhalang, tetapi juga menjadikan jalanan tergenang dan licin sehingga memerlukan kehati-hatian dan kewaspadaan yang tinggi,” tutur Maman Firmansyah, penggiat safety riding yang juga pentolan komunitas pemotor di Tangerang kepada detikOto, Kamis (18/12/2014) malam.

Kewaspadaan dan kehati-hatian, menurut Maman, tak hanya mencermati kondisi jalan dan tak ugal-ugalan di jalan. Tetapi juga menggunakan perlengkapan standar keamanan berkendara. "Begitu pun peralatan menunjang kenyamanan dan keamanan seperti kunci pas, kunci busi, dan lain-lain juga harus tersedia," ucapnya.

Ada beberapa perlengkapan yang wajib diperhatikan oleh sebelum melakukan perjalanan. Apa saja? Yang pertama adalah, helm yang berstandar kualitas terjamin oleh lembaga resmi yang diakui secara nasional atau bahkan internasional.

"Karena helm itu berfungsi melindungi kepala. Dan fakta menunjukkan, penyebab kematian terbanyak saat terjadi kecelakaan, baik tunggal maupun dengan pihak lain, akibat cidera di kepala,” ucap Maman.

Perlengkapan lainnya adalah, sepatu. Menurut mantan service advisor sebuah bengkel resmi agen pemegang merek sepeda motor tertentu itu, bersepatu sejatinya standar bersepeda motor yang wajib. "Sebab, dengan bersepatu tumpuan kaki ke lintasan yang basah lebih kuat. Sehingga, saat bermanuver lebih aman,” jelasnya.

Selain itu, usahakan menggunakan sarung tangan yang kesat atau tidak licin. Soalnya, dengan sarung tangan yang kesat akan lebih kuat mencengkeram setang yang basah terguyur air hujan.

Jangan lupa pula siapkan jas hujan, cadangan busi, serta berbagai peralatan servis ringan seperti kunci busi, kunci pas, obeng, tang, serta ampelas.



(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment