Wednesday, December 31, 2014

Moncernya Mobil Listrik Tesla Menginspirasi Miliarder Tiongkok

Moncernya Mobil Listrik Tesla Menginspirasi Miliarder TiongkokBeijing - Kesuksesan pendiri pabrikan mobil listrik kondang asal Amerika Serikat Tesla, Elon Musk, telah menginspirasi banyak orang dari berbagai belahan dunia. Salah satunya adalah, pendiri dan CEO Leshi Internet Information & Technology di Tiongkok, Jia Yueting.

Seperti dilansir Carscoops, Kamis (1/1/2015), pria 41 tahun itu, telah menghabiskan setahun terakhir untuk mengembangkan mobil listrik. Dia cukup percaya diri bahwa mobil listriknya bakal mengalahkan Tesla di Tiongkok.

Setelah itu, Yueting akan mencoba mengajukan perizinan untuk memproduksi secara lokal. "Leshi telah berusaha untuk diversifikasi dan itu keinginan CEO-nya untuk menjadi lebih besar dan memasuki industri baru. Pemerintah mendorong pengembangan industri mobil listrik dan semua orang melihat kesempatan pada pasar yang cepat berkembang," kata seorang analis iResearch Luke Xu.

Untuk segera mewujudkan mimpinya itu, Yueting telah melakukan diskusi dengan Organisasi Industri Otomotif Beijing . Bahkan dengan pabrikan mobil lain di Tiongkok terkait wacana pembuatan mobil listrik.

Sejatinya minat salah satu miliader Tiongkok itu terhadap mobil listrik sudah lama bersemi. Sebelumnya, dia telah menanamkan investasi di perusahaan pembuat baterai mobil listrik di Amerika Serikat, Atieva. Ia juga sudah memiliki tim riset dan pengembangan di Silicon Valley, California.

Keinginannya semakin membuncah, saat April lalu Elon Musk menyatakan, Tiongkok akan mengalahkan Amerika dalam penjualan mobil listrik Tesla. Bahkan dia memperkirakan Negeri Tirai Bambu itu bakal menjadi penyumbang penjualan mobil listrik Tesla terbesar.


(rgr/arf)

0 comments:

Post a Comment