Wednesday, December 24, 2014

Tak Mau Kalah dengan Kawasaki, Honda Kembangkan Supercharger

Tak Mau Kalah dengan Kawasaki, Honda Kembangkan SuperchargerTokyo - Setelah Kawasaki Motor mematenkan teknologi supercharger empat tahun lalu, dan meluncurkan model yang mengusung teknologi itu, Kawasaki Ninja H2, kini Honda tak mau ketinggalan.

Pabrikan berlambang sayap mengepak itu, dikabarkan tengah mengembangkan teknologi itu dan Honda NC750 menjadi model yang bakal menyandang teknologi itu.

Seperti dilansir Motorcycle News, Rabu (24/12/2014), sejumlah gambar desain NC750 yang mengusung superchargaer telah beredar. Dari gambar-gambar itu terlihat, ada banyak ruang di sektor mesin motor gede itu yang cukup besar untuk menampun perangkat supercharger.

Ada sejumlah alasan mengapa saat ini pabrikan motor getol mengembangkan supercharger, antara lain mesin lebih bertenaga namun irit bahan bakar. Hal itu telah dibuktikan oleh Kawasaki Motor yang menguji dua model andalannya, Kawasaki Ninja ZX-10R dan Kawasaki Ninja H2.

Hasilnya, keduanya memiliki tenaga yang sama-sama dahsyat. Namun, untuk urusan emisi gas buang, ternyata Kawasaki Ninja H2 yang dilengkapi supercharger menghasilkan emisi gas yang lebih rendah.

Keunggulan itu akan menjadi daya pikat tersendiri jika diaplikasikan pada Honda NC750. Soalnya, motor gede itu dari sisi harga lebih miring ketimbang Kawasaksi Ninja H2.

Memang, Honda NC750 mengusung mesin dua silinder dan Kawasaki Ninja H2 bermesin empat silinder. Namun, meski tenaganya tak sedahsyat Ninja H2, namun dengan teknologi supercharger, tenaga Honda NC750 bakal terpompa dan dengan emisi gas yang rendah.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment