Monday, December 29, 2014

Tanda-tanda Ban Mobil Perlu Spooring

Tanda-tanda Ban Mobil Perlu SpooringJakarta - Keselarasan antar empat ban di mobil sangat menentukan kenyamanan dan keamanan perjalanan. Agar keselarasan tersebut tetap terjaga maka sebaiknya melakukan spooring ban secara rutin atau pada saat diperlukan. Kapan?

Tips keselamatan berkendara yang dilansir laman Michelin, Selasa (30/12/2014), menyebutkan ada beberapa tanda-tanda ban yang harus segera di-spooring.

"Jika laju mobil sering menyimpang ke kanan atau ke kiri, meski setir tetap diarahkan untuk melaju ke arah lurus," tulis Michelin.

Sementara, kondisi seperti itu bisa terjadi karena ban mobil kerap menabrak trotoar atau halangan lain. Begitu pun jika menerjang jalanan yang berlubang cukup besar, sehingga mengakibatkan bergesernya beberapa komponen suspensi.

Ban mobil yang terjaga keselarasannya tak hanya awet, tetapi juga menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara. Bahkan tingkat keiritan bahan bakar mobil pun terdongkrak.

"Ban yang tidak selaras antara satu dengan yang lain, bagian tepi dindingnya akan cepat aus karena tergerus," tulis laman tersebut.

Lantas kapan ban harus diseleraskan atau di-spooring? Ada beberapa tanda-tanda yang harus dicermati.

Pertama, jika mobil kerap menabrak trotoar atau melindas lubang di jalan yang cukup besar. Kedua, roda bergetar di saat melaju di lintasan yang datar atau halus.

Ketiga, jika tiba-tiba laju mobil mengarah ke kanan atau ke kiri pada saat diarahkan melaju lurus dan setir dilepaskan. Keempat, saat Anda memasang ban baru atau mengganti komponen sistem suspensi.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment