Tuesday, December 30, 2014

Thailand Jadi Basis Produksi Global Kedua Mazda Setelah Jepang

Thailand Jadi Basis Produksi Global Kedua Mazda Setelah JepangBangkok - Produsen mobil asal Jepang, Mazda Motor Corporation, menjadikan Thailand sebagai basis produksi global terbesar kedua setelah Jepang. Negeri Gajah Putih itu dijadikan basis kedua untuk pembuatan pikap dan mobil ramah lingkungan.

Seperti dilansir Bangkok Post, Selasa (30/12/2014), Presiden Sales Mazda Thailand, Hidesuke Takesue, mengatakan, pabrik baru di Chon Buri yang tengah dibangun Mazda dirancang untuk memproduksi mobil, mesin, serta transmisi.

Pabrik yang proses pembangunannya hampir rampung itu sama persis dengan pabrik Mazda yang ada di Jepang.

Kapasitas produksi mesin dan transmisi SKYACTIV di pabrik itu, masing-masing 200.000 dan 400.000 unit. Proses produksi dijadwalkan mulai tahun depan.

"Perusahaan induk berencana untuk menggunakan pabrik Thailand sebagai cetak biru global, dengan 60% dari produksi yang melayani pasar domestik dan sisanya untuk ekspor," kata Takesue.

"Namun, proporsi bisa berubah setiap tahun, berdasarkan permintaan pasar." Imbuhnya.

Mazda sekarang mengoperasikan fasilitas produksi yang disebut AutoAlliance atau AAT di Rayong di pesisir Timur Industrial Estate, Thailand. Perusahaan itu merupakan hasil patungan antara Mazda dengan Ford Motor Company pada 1995.

Perusahaan itu memiliki kapasitas produksi tahunan sebesar 140.000 unit pikap satu ton dan 100.000 mobil penumpang. Dari jumlah itu, 70.000 -120.000 unit pikap, dan 50.000 unit mobil penumpang.

Bulan lalu, Mazda telah memproduksi Mazda2. Sedangkan pada awal Januari 2015, dijadwalkan produksi mesin telah dimulai.


0 comments:

Post a Comment