Monday, March 16, 2015

Pajak Tinggi, Banyak Pemilik Mobil Mewah Palsukan Data

Pajak Tinggi, Banyak Pemilik Mobil Mewah Palsukan DataDublin - Aparat kepolisian Irlandia menyita 18 mobil mewah karena spesifikasi yang didaftarkan ternyata tak sesuai kenyataan. Mobil-mobil diakui bermesin lebih kecil dari yang sebenarnya agar terhindar dari pembayaran pajak yang lebih besar.

Seperti dilansir The Irish Times dan Worldcarfans, Selasa (17/3/2015), mobil yang dipalsukan jatidirinya itu meliputi BMW, Mercedes-Benz, Range Rover, serta Jaguar. Mesin sejumlah mobil itu yang umumnya berkapasitas 3.200 cc disebut hanya 1.900 cc.

Dengan cara tersebut pemilik mobil bisa menangguk selisih bayar pajak per tahun sebesar 1.200 euro atau sekitar Rp 16,8 juta per tahun. Kini Polisi Dublin, Iralndia, gencar melakukan investigasi terhadap mobil-mobil mewah.

Mereka yang kedapatan melakukan tindak haram itu bakal menghadapi dua tuntutan yakni penipuan dan pencurian. Maklum, kerugian yang diderita negara akibat penggelabuan pajak oleh pemilik mobil itu mencapai 2 juta euro atau sekitar Rp 28 miliar saban tahunnya.

Selain melakukan razia dan penyelidikan secara intensif, kepolisian juga menghimbau agar pemilik mobil mewah tak melakukan tindakan tersebut. Soalnya, selain melanggar hukum, mereka juga akan merugi jika terjadi kecelakaan.

Soalnya, pihak asuransi tak akan membayar klaim asuransi mereka karena spesifikasi mobil mereka berbeda dengan yang ada di daftar kepolisian.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment