Wednesday, January 13, 2016

Honda Lepas 4 Juta Motor Sepanjang 2015, Target 2016?

Honda Lepas 4 Juta Motor Sepanjang 2015, Target 2016?Jakarta - Meski mengalami penurunan penjualan, Astra Honda Motor (AHM) berhasil menoreh penjualan yang terbilang besar sepanjang tahun 2015. Produsen motor berlogo sayap mengepak itu telah melepas lebih dari 4 juta unit selama 2015.

Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman mengatakan, secara total market, penjualan sepeda motor di Indonesia turun 17,7 persen dari semua merek motor. Namun, penurunan Honda hanya 11,8 persen.

"Market domestik 2015 itu 6.477.000. Hondanya sendiri 4.453.000," sebut Loman usai peluncuran New Honda BeAT Pop eSP di Kemang, Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Sementara untuk tahun 2016, AHM melihat pasar akan stagnan. Makanya, AHM pu n menetapkan target yang sama dengan tahun 2015. Hal itu dibenarkan oleh General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, A. Indraputra.

"Artinya ekonomi kan kita lihat belum pasti. Kita setnya sama dulu. Bahwa nanti semester dua berkembang atau apa itu masalah lain," sebut Indra ditemui di kesempatan yang sama.

Menurutnya, segmen skuter matik (skutik) masih menyumbang penjualan tertinggi. Honda BeAT menjadi model terlaris untuk AHM.

"Masih AT (skutik) paling banyak. Dan masih BeAT yang paling banyak. Kalau metik itu sekitar 70-an persen," sebut Indra.

Menurut Loman, skuter akan tetap menjadi segmen paling besar seperti saat ini. Sekitar 75-76 persen kontribusi penjualan ada di skuter matik.

"Sisanya 13 persen sport, sisanya bebek. Ke depannya tidak akan berubah dari angka-angka ini. Karena skuter ini praktis dikendarai, juga lifestyle-nya lebih bagis. Dan dulu orang khawatir skuter itu tidak irit. Dari teknologi saat ini, sku ter senditi pun sudah irit," kata Loman.

Bahkan, Indra mengatakan, penjualan skutik yang booming tidak hanya terjadi di tahun ini. Tahun-tahun mendatang pun suktik akan tetap digemari.

"Kalau saya bilang bukan tahun ini aja. Ke depannya pasti AT akan terus booming. Udah habbit lah," ujar Indra.
(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment