Tuesday, March 29, 2016

Sekitar 4 Juta Orang Tergantung dengan Industri Otomotif

Sekitar 4 Juta Orang Tergantung dengan Industri OtomotifJakarta - Industri otomotif nasional memberikan kontribusi penting. Bahkan, setidaknya 4 juta orang tergantung dengan industri otomotif nasional.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi mengatakan, saat ini ada 1,3 juta orang yang bekerja di industri otomotif. Jika 1,3 juta orang itu menanggung keluarga, maka bisa dibilang sekitar 4 juta orang tergantung dengan industri otomotif.

"1,3 juta ini kalau kali tiga saja ayah, ibu dan anak itu udah sekitar 4 juta orang yag tergantung dari industri otomotif," kata Nangoi di Jakarta, Selasa (29/3/2016) malam.

Sekitar 1,3 juta orang itu termasuk karyawan di diler dan mekanik.
< br/>Nangoi mengatakan, jika industri otomotif dimatikan, maka ruginya besar. Apalagi, industri otomotif juga memberikan pemasukan untuk negara berupa pajak, dan devisa negara melalui ekspor.

"Seandainya 1 juta saja terjual dalam satu tahun, kira-kira 300 triliun rupiah nilai kendaraannya. Dari situ ada pajak, PPn segala macam Rp 100 triliun kita bayar ke pemerintah. Ini sangat besar. Ini yang kita inginkan supaya jangan diganggu," ujar Nangoi.
(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment