Monday, April 11, 2016

Bensin Lagi Turun, Saatnya Standar Emisi Naik Jadi Euro4

Bensin Lagi Turun, Saatnya Standar Emisi Naik Jadi Euro4Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meminta pemerintah untuk segera menerapkan standar emisi yang lebih tinggi yakni Euro4.

Apalagi, Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi menilai momentum penurunan harga bahan bakar minyak beberapa waktu ini dinilai tepat untuk segera menerapkan Euro4.

"Kita minta supaya dipercepat (penerapan Euro4) karena kalau Euro4 dipercepat itu akan lebih baik. Kita manfaatkan momentum turunnya bahan bakar ini," ujar Yohannes Nangoi di arena IIMS 2016, JI Expo, Kemayoran

Jika dibanding dengan negara-negara lain, baik di kawasan Asia maupun ASEAN, Yohannes menilai Indonesia jauh lebih tertinggal soal penerapa n Euro4.

"Indonesia tinggal satu-satunya yang masih Euro2. Filipina saja sudah Euro4 akhir tahun ini, India bahkan sudah masuk Euro5.  Seluruh Asia bahkan mungkin (Indonesia) paling terbelakang," ungkapnya.

Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebelunya menargetkan penerapan standar Euro4 pada 2018. Standar Euro4 bertujuan untuk mengurangi pencemaran dan menekan angka polusi di Indonesia dan memperluas ekspansi ekspor.


(nkn/ddn)

0 comments:

Post a Comment