Thursday, April 21, 2016

Dalam Waktu Dekat Pertamina Kenalkan Pertamax Turbo

Dalam Waktu Dekat Pertamina Kenalkan Pertamax TurboJakarta - Otolovers membutuhkan bahan bakar terbaik dengan kadar RON yang tinggi? Tenang, kabarnya pilihan bakar baru dengan RON 98 akan disediakan Pertamina.

"Kita tunggu dalam waktu dekat, sedang disiapkan, kita sedang menguji di luar negeri. Ronnya antara 95-100," ujar GM Pertamina Marketing Operation Region III, Jumali, di Rest Area 19.

"Kalau soal harganya masih akan dikaji. Pokoknya di antara itu (RON 95 dan RON 100). Dan saat ini kami masih terus mengujinya di Italia," katanya.

Hal senada juga disampaikan Communications and relations, Pertamina MOR III, Dicky Septriadi. Dia menegaskan, bahan bakar baru itu bernama Pertamax Turbo.

"Namanya Pertamax T urbo, dan akan memiliki RON 98," ujar Dicky.

Sebelumnya dalam pemberitaan detikOto, uji coba Pertamax Turbo dikatakan Vice President Retail Fuel Marketing PT Pertamina (Persero), Afandi tengah dilakukan untuk klub racing Lamborghini di Italia. Diharapkan pada semester dua tahun ini, bahan bakar tersebut dapat diimplementasikan di Indonesia.

"Jadi tahap awal ini kita akan pakai untuk pasar racingnya Lamborghini, racenya di Eropa untuk timnya Lamborghini. Pada base fuel ditambah aditif kita uji secara teknis pengaruhnya kepada kendaraan Lamborghini," ujar Afandi.

Pertamax Turbo nantinya dapat digunakan pada mobil mewah seperti BMW, Mercedes-Benz, maupun supercar seperti Ferrari dan Lamborghini.

Pasar pada bahan bakar tersebut datang melihat permintaan dari pengguna mobil premium di Indonesia yang saat ini menggunakan BBM dengan nilai oktan paling tinggi RON 95.

"RON 98 sasarannya untuk mobil-mobil mewah seperti Mercy, BMW, Ferrari y ang menghendaki RON 98. Tapi karena di Indonesia paling tinggi adanya RON 95 mereka pakai itu. Jadi kalau ada yang RON 98, mungkin yang 95 bakal ditinggalkan," katanya.

Proses produksi Pertamax Turbo bakal dilakukan di dalam negeri yaitu antara kilang mililk Pertamina di Balongan, Indramayu dan Plaju, Palembang.

"Rencananya di dalam negeri, antara kilang Balongan dan Plaju. Tapi Balongan yang paling siap, itu kilang terbaru kita," lanjut Afandi.

Untuk jenis bahan bakar bensin yang dijual Pertamina saat ini yaitu Premium (RON 88), Pertalite (RON 90), Pertamax (RON 92), dan Pertamax Plus (RON 95).
(lth/rgr)

0 comments:

Post a Comment