Tuesday, April 5, 2016

Honda Ajukan Paten Sistem Deteksi Blind Spot untuk Motor

Honda Ajukan Paten Sistem Deteksi Blind Spot untuk MotorJakarta - Teknologi pada sepeda motor biasanya terinspirasi dari teknologi yang sudah ada di mobil. Sistem pendeteksi blind spot yang kini banyak digunakan di mobil-mobil canggih juga bisa diterapkan di sepeda motor.

Dilansir Rushlane, Rabu (5/4/2016), Honda telah mengajukan paten Blind Spot Detection System untuk sepeda motor. Teknologi ini diperkirakan akan hadir di motor produksi massal Honda tak lama lagi.

Skema paten itu menggambarkan motor Honda VFR1200. Tapi, teknologi itu bisa saja tersedia di motor-motor lainnya ketika siap diproduksi massal.

Sistem ini terdiri dari banyak sensor di sepeda motor untuk mendapatkan suasana sekitar motor dalam 360 deraja t. Jika sebuah benda atau kendaraan lain terdeteksi berada dalam zona yang tak terlihat oleh pemotor (blind spot), pemotor akan menerima sinyal visual dan haptic (getaran) sehingga dia sadar akan adanya kendaraan lain di sekitarnya.

dok Rushlane


Sistem ini akan berguna di jalan raya yang ramai atau di lalu lintas perkotaan yang padat. Informasi visual akan muncul dari indikator peringatan pada konsol instrumen. Sedangkan haptik (getaran) akan disalurkan melalui setang, foot step, dan juga jok.

Untuk diketahui, motor-motor modern saat ini sudah tergantung dengan sistem kontrol elektronik. Jadi, untuk menambahkan fitur Blind Sport Detection System tidak akan terlalu sulit.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment