Tuesday, April 12, 2016

Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta Ingin Bikin Mobil Listrik Sendiri

Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta Ingin Bikin Mobil Listrik SendiriJakarta - Mahasiswa-mahasiswa di Indonesia memiliki tujuan untuk melahirkan mobil penumpang bertenaga listrik. Salah satunya mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) yang bertujuan membuat mobil listrik sendiri pada 2020.

Salah satu mahasiswa PNJ, Muhammad Yasrin mengatakan, pihaknya memiliki visi-misi untuk memproduksi mobil listrik. Mobil listrik buatan mahasiswa PNJ direncanakan berbentuk mobil perkotaan.

"Kita ada visi-misi tahun 2020 itu kita produksi yang bisa untuk harian. Kayak kemarin kalau Mas Ricky Elson bikin Selo, kita rencananya ke mobil city car-nya. Kapasitas 4 penumpang rencananya. Itu rencana tim PNJ," kata Yasrin kepada detikOto di boot h mobil listrik mahasiswa di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di Jakarta.

Ditemui di kesempatan yang sama, Edwin Adi Eka yang juga mahasiswa PNJ mengatakan, pihaknya kini fokus mengembangkan kontroler motor listriknya. Sebab, kontroler adalah peranti paling penting untuk menggerakkan motor listrik.

"Kami fokus ke kontroler. Karena menurut saya kontroler itu adalah inti dari mobil listrik itu, dari kontroler yang membuat motor listrik bergerak," kata Edwin.

Dia mengatakan, pengembangan mobil penumpang bertenaga listrik masih dalam proses. Kini, timnya fokus juga ke penghitungan efisiensi dan lain-lain.

"Pengembangan mobil penumpang masih dalam tahap proses pengerjaan. Karena pertama, kita fokus ke riset penghitungan efisiensi, torsi dan segala macam. Jangan sampai kita hanya sekadar masang, tapi enggak tahu perhitungannya," ujarnya.

Menurut Yasrin, tantangan terberatnya adalah pada dana yang dibutuhkan untuk melakukan pengembangan mobil listrik. Pengembangan mobil listrik untuk kompetisi saja pihaknya menghabiskan dana hingga ratusan juta rupiah.

"Biaya pengembangannya itu mahal. Ini (pengembangan mobil listrik untuk kompetisi) kita habis ratusan juta," katanya.

Untuk diketahui, mahasiswa PNJ memamerkan mobil listrik untuk Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) dengan kapasitas satu awak di ajang IIMS 2016. Berawal dari pengembangan mobil listrik untuk kompetisi, mahasiswa PNJ ingin mengembangkan mobil listrik berkapasitas 4 orang penumpang pada 2020 sesuai visi-misinya.