Tuesday, April 12, 2016

Melihat Cara Kerja Ban Berbentuk Bola untuk Mobil Otonom

Melihat Cara Kerja Ban Berbentuk Bola untuk Mobil OtonomJakarta - Era mobil otonom sudah di depan mata, tidak hanya pabrikan yang terus menyiapkan diri dengan mobil otonom masing-masing, produsen ban pun mulai ikut andil.

Misalnya Goodyear, produsen ban yang berbasis di Ohio, Amerika itu memperlihatkan konsep ban untuk mobil otonom, Eagle 360. Konsep ban ini memang sudah diperlihatkan di Geneva Motor Show lalu.

Berbeda dengan ban biasa, ban mobil otonom milik Goodyear ini sepenuhnya bulat seperti bola, jadi sesuai namanya, 360, ban bisa bergerak ke seluruh arah. 4 Bola ban menyatu dengan kendaraan lewat medan magnet, jadi tak perlu suspensi lagi.

dok Carbuzz


Dengan ban bola seperti ini, Goodyear mengklaim mobil lebih asyik dikendarai baik di cuaca hujan maupun jalanan yang rusak. Permukaan ban bisa menyesuaikan dengan kondisi jalanan.

Yang unik lagi, karena bannya bulat, maka saat mobil bermanuver, mobil bisa diarahkan lebih bebas. Tinggal puter saja ban bolanya, maka kendaraan akan menggelinding ke arah yang diinginkan. Mirip mouse komputer ya?

Seperti apa cara kerja ban bulat ini? Simak video di bawah