Wednesday, April 13, 2016

Mobil Audi di Indonesia Pakai Euro4, Apa Dampaknya?

Mobil Audi di Indonesia Pakai Euro4, Apa Dampaknya?Jakarta - Mobil pabrikan Audi saat ini dilengkapi dengan standar emisi Euro6. Namun begitu masuk ke Indonesia, standar emisi tersebut diturunkan hingga Euro4. Bagaimana pengaruhnya pada performa mobil?

Dijelaskan Audi Trainer dari PT Garuda Mataram Motor, Krishna Aditia diturunkannya standar emisi dari Euro6 ke Euro4 tidak memiliki perubahan yang signifikan pada sistem kerja mobil. Justru yang menjadi masalah apabila standar emisi tersebut diturunkan hingga Euro2.

"Untuk emisi saat ini kita pakai Euro4. Untuk perubahan ke Euro6 dari Euro4 tidak ada perubahan signifikan. Aman. Kalau Euro6 ke Euro2 baru ada perubahan. Biasanya kita hanya turunkan di horsepower atau torsi, ka lau tidak diturunkan ada masalah di katalisator," jelas Krishna.

Selain persoalan performa, Krishna menambahkan diturunkannya standar emisi ke Euro4 untuk mobil Audi tidak berhubungan dengan konsumsi bahan bakar. Hanya nilai akhir buang yang dikatakan bakal memiliki perbedaan dibanding menggunakan standar Euro6.

"Kalau emisi tidak berhubungan dengan konsumsi bahan bakar. Oktan internasional sama kaya di Indonesia.Perbedaan hanya pada filternya. Jadi konsumsi bahan bakar enggak berubah hanya nilai akhir gas buangnya saja," jelasnya.


(nkn/ddn)

0 comments:

Post a Comment