Tuesday, April 5, 2016

Motor Listrik ITS Garansindo Terinspirasi Italjet dan Zero

Motor Listrik ITS Garansindo Terinspirasi Italjet dan ZeroJakarta -  Gaung motor listrik kembali menguat saat ini dan Indonesia patut berbangga. Sebab, sejumlah mahasiswa Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) tengah mengembangkan proyek motor listrik bekerjasama dengan PT Garansindo Inter Global. Teknologi yang diterapkan pada motor tersebut juga merupakan hasil riset mereka.

Motor listrik tersebut kini telah rampung dipasang bodi. Untuk pengembangan teknologi pada motor, dikatakan oleh dosen ITS, M. Nur terinspirasi dari dua motor yang dipasarkan oleh Garansindo yaitu Italjet dan Zero. Kedua motor listrik tersebut turut masuk dalam daftar pustaka riset tim motor listrik ITS.

"Inspirasi dari Zero ada pada sistem penggerak menggunakan belt, bukan rantai. Dan banyak teknologi lain yang kita jadikan daftar pustaka riset atau referensi. Jadi Italjet, Zero, dan banyak teknologi (motor listrik lain) yang kita jadikan daftar pustaka atau referensi," kata M. Nur kepada detikOto, Selasa (5/4/2016).

Motor listrik garapan mahasiswa ITS dengan Garansindo selanjutnya akan melewati serangkaian uji coba power controller dalam tiga tahapan mulai dari 25 persen, 50 persen, dan 100 persen.

Motor listrik sport Zero (Foto Grandyos Zafna).


Diharapkan motor yang pernah mejeng dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 itu bakal rampung uji coba pada akhir tahun ini.

"Sebelum laik uji jalan, kita ada serangkaian uji coba. Kita akan perbaiki tiap kekurangan yang ada di uji coba tersebut. Untuk power controller sendiri saat ini masih 25 persen. Ini harus kita uji 50 persen sampai 100 persen baru bisa uji jalan. Kita harapkan complete tahun ini dan akhir tahun siap direvisi untuk sistemnya. Selepas itu baru bisa dikomersialisasi," ungkapnya.

Sepeda listrik Italjet (Foto Grandyos Zafna).



(nkn/ddn)

0 comments:

Post a Comment