Tuesday, April 12, 2016

Pakai Oli Mobil untuk Motor, Bolehkah?

Pakai Oli Mobil untuk Motor, Bolehkah?Jakarta - Beberapa pengguna motor skutik mungkin pernah menggunakan oli mobil untuk motor mereka. Lantas meski memiliki spesifikasi yang lebih tinggi, apakah penggunaan oli mobil untuk motor skutik diperbolehkan?
Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia, Shofwatuzzaki mengatakan tidak ada kerusakan yang secara langsung diakibatkan jika motor skutik menggunakan oli mobil. Hanya saja, dari segi ekonomis banyak hal yang akan terbuang sia-sia.
Meski demikian, ia menyarankan agar pemilik motor matik dapat menggunakan oli sesuai tipe motor, apalagi khusus motor skutik oli yang digunakan harus ada pengetesan friction.
"Pakai oli mobil sebenarnya tidak ada masalah, tidak ada yang melarang juga kecuali pembuat mesin. Tapi kalau beli oli mahal tapi manfaatnya sedikit di motor skutik kan sayang. Di oli skutik ada pengetesan frictionnya," jelas Shofwatuzzaki, Selasa (12/4/2016).
Ia juga menambahkan jika penggunaan oli tidak sesuai dengan mesin, khususnya motor skutik maka akan berpengaruh pada kenyamanan dan performa motor ke depannya.
"Orang kalau bawa mobil, oli tidak perform tidak terasa karena pistonnya banyak. Mesin sama orang juga terpisah. Kalau mesin motor kan tepat di bawah tempat duduk kita. Kalau tenaga kurang, ikut ngeden. Kalau putaran kurang kencang juga bikin pegal. Oli motor skutik kan dbuat friksinya rendah supaya orang enjoy," paparnya.

(nkn/ddn)

0 comments:

Post a Comment