Thursday, April 14, 2016

Pengembangan Infrastruktur Tidak Hanya Bantu Industri Otomotif

Pengembangan Infrastruktur Tidak Hanya Bantu Industri OtomotifJakarta - Infrastruktur menjadi salah satu poin penting untuk memajukan industri otomotif. Namun, bukan hanya industri otomotif yang tertolong dengan pembangunan infrastruktur, industri lain pun bisa terbantu.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie D Sugiarto mengatakan, infrastruktur seperti pelabuhan sangat membantu untuk mendorong industri otomotif. Dan, kebijakan penurunan waktu tunggu pelayanan kapal dan barang atau dwelling time juga membantu.

"Pelabuhan, kalau mau ekspor tempat parkir di pelabuhan penuh gimana? Itu kan tidak hanya otomotif, yang tidak langsung ke otomotif juga harus diperhatikan. Pelabuhan, jalan segala macam. Sarana prasarana. Sarana pelabuhan kan enggak khusus otomotif. Jembatan harus disiapin, pelabuhan ekspor disiapin itu pengaruh lah. Dwelling time juga, kalau enggak ada tempat parkir di pelabuhan apa gunanya, Bos," kata Jongkie.

Selain itu, dia mengatakan, Pelabuhan New Priok juga berpengaruh. Namun, Jongkie belum mengetahui apakah pelabuhan untuk ekspor mobil akan diperbesar atau tidak. Yang pasti, sarana-prasarana diperlukan.

Pengembangan fisik pelabuhan di atas laut bernama Pelabuhan Kalibaru, atau New Priok Container Terminal 1 di Jakarta Utara sudah rampung 100%.


"Tapi apakah pelabuhan yang untuk ekspor mobil sekarang ini akan diperbesar lagi saya enggak tahu. Tapi sarana-prasarana kita perlukan. Itu tidak menyangkut hanya khusus otomotif, industri lain juga terbantu," ujar Jongkie.

Selain itu, pengembangan infrastruktur juga bakal membantu menambah pasar otomotif Indonesia. Secara tidak langung, kendaraan bermotor pasti dibutuhkan.

"Kalau infrastruktur berkembang, investment masuk, secara enggak langsung market otomotif juga berkembang. Orang bikin pabrik, bikin jembatan, bikin jalan, perlu apa? Petugasnya perlu motor, managernya beli mobil, truknya laku buat ngangkut-ngangkut, itu kan terkait. Orang namanya otomotif itu apa? Alat angkut darat, mau yang diangkut batu kali, mau itu batu bata mau itu besi tetap diangkut pakai kendaraan. Tetap laku," jelas Jongkie.

Tahun ini, pemerintah memang tengah mengebut pembangunan infrastruktur. Menurut data yang dihimpun detikOto< /strong> dari detikFinance, beberapa ruas jalan tol sedang dibangun seperti tol Trans Sumatera, dan Trans Jawa.


Pengganti pelabuhan Cilamaya yang batal dibangun pun tengah disiapkan.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment