Monday, April 4, 2016

Siapkah Industri Komponen Indonesia Bersaing dengan Luar Negeri?

Siapkah Industri Komponen Indonesia Bersaing dengan Luar Negeri?Jakarta - Beragam merek otomotif sudah mendirikan pabrik di Indonesia, yang secara tidak langsung menandakan industri komponen Indonesia telah memiliki standar yang bisa dipercaya.

Tapi siapkah kita bersaing dengan industri komponen dari luar negeri? "Kalau bersaing (dengan komponen luar negeri) tergatung banyak faktor," ujar Chairman Gabungan Industri Alat-alat Mobil dan Motor (GIAMM), Hadi Rurjadipradja.

Dirinya menuturkan, faktor yang paling menentukan siap tidaknya komponen Indonesia bersaing dengan luar negeri. Tidak akan lepas dari kualitas bahan baku yang dimiliki di Indonesia.

"Salah satunya bahan baku. Bahan baku kita kebanyakan impor, ini ken a bea masuk tinggi. Karena kita tidak hanya mengimpor dari ASEAN saja (dari berbagai negara di dunia-Red), jadi harganya tinggi," katanya.

Namun dirinya mengakui, Industri komponen Indonesia bisa terpuruk karena kebijakan yang kurang tepat dari pemerintah.

"Tapi bagaimana kita mau bersaing, kalau bahan baku dari ASEAN itu nol persen. Bersaingnya kita susah, orang lebih memilih untuk menggunakan bahan baku dari luar, padahal Kualitas kita tidak masalah," ujar Hadi.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment