Thursday, May 12, 2016

Gaet Mitsubishi, Bos Nissan Yakin Ulangi Kesuksesan Nissan-Renault

Gaet Mitsubishi, Bos Nissan Yakin Ulangi Kesuksesan Nissan-RenaultYokohama - Dalam sebuah konferensi pers dadakan di Yokohama, Jepang, Chairman dan CEO Nissan Motor Carlos Ghosn terlihat gembira ketika Nissan mengumumkan pembelian 34 persen saham Mitsubishi. Ghosn yakin, dengan membentuk aliansi strategis bersama Mitsubishi, pihaknya akan mengulang kesuksesan aliansi Nissan-Renault.

"Kami memiliki rekam jejak untuk membuatnya (mengulang kesuksesan Nissan-Renault)," kata Ghosn percaya diri seperti dikutip Asia Nikkei, Kamis (12/5/2016).

Ghosn mengatakan, sebelumnya ia telah merenungkan cara untuk memperkuat hubungan dengan Mitsubishi. Kemudian, ketika skandal efisiensi bahan bakar Mitsubihi terungkap, Ghosn tidak membuang ke sempatan emas.


REUTERS/THOMAS PETER

"Tiba-tiba datang kondisi kritis. Di bawah tekanan dari peristiwa ini, kami membicarakan segala sesuatu bersama-sama dan bertanya, bagaimana kami (Nissan) dapat membantu dalam jangka panjang? Kami datang sangat cepat untuk kata sepakat," kata Ghosn.

Carlos Ghosn dan CEO Mitsubishi Osamu Masuko tiba di ruangan jumpa pers di kantor pusat Nissan di Yokohama, Jepang. (Foto Reuters).


Nissan akan mengambil saham Mitsubishi senilai 34 persen atau 237 miliar yen (sekitar Rp 29 triliun). Aliansi strategis itu akan mengembangkan kerja sama Nissan dan Mitsubishi yang sudah terbentuk sejak 5 tahun lalu. Nissan dan Mitsubishi sepakat untuk bekerja sama dalam pembelian, platform kendaraan, berbagi teknologi dan utilisasi pabrik serta meningkatkan pasar masing-masing.



(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment