Tuesday, May 17, 2016

Nissan Bantah Manipulasi Data Emisi

Nissan Bantah Manipulasi Data EmisiSeoul - Pemerintah Korea Selatan menemukan, crossover Nissan Qashqai yang dijual di Negeri Ginseng itu menggunakan data emisi yang telah dimanipulasi. Kasusnya mirip seperti skandal 'dieselgate' yang dialami Volkswagen.

Namun, seperti dilansir BBC, Selasa (17/6/2016), Nissan melalui pernyataan resminya membantah telah memanipulasi emisi pada kendaraan yang dijualnya. Nissan menegaskan, pabrikan itu menjual kendaraan sesuai aturan di setiap negara.

"Nissan tidak memanipulasi data pada kendaraan kami. Nissan Qashqai telah dihomologasi dengan benar sesuai peraturan Korea. Nissan belum dan tidak menggunakan perangkat pengurangan emisi yang ilegal di salah satu mobil yang kami buat," ujar Nissa n.

Pemerintah Korea Selatan telah menguji 20 jenis mobil, hanya Nissan Qashqai yang tak lolos uji emisi. Sebaliknya, Nissan menegaskan, Qashqai telah lolos uji di Eropa.

"Melalui pengujian yang ketat dan menggunakan standar yang sama dengan tes Korea, otoritas Uni Eropa telah menyimpulkan bahwa kendaraan Nissan yang mereka uji tidak menggunakan perangkat ilegal," tegas Nissan.

Meski kesimpulan pemerintah Korea tidak sama dengan regulator di negara lainnya, Nissan akan menilainya dengan hati-hati dan mempertimbangkan langkah ke depan yang tepat.

Untuk diketahui, pemerintah Korea Selatan meminta Nissan untuk menarik ratusan mobil yang dijual di Korea Selatan. Pemerintah Korea Selatan telah menemukan bahwa Nissan membuat data hasil emisi yang tidak sesuai dengan kenyataannya pada model Nissan Qashqai.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment