Sunday, May 8, 2016

SDA Berlimpah, Kenapa Indonesia Betah Impor Bahan Komponen?

SDA Berlimpah, Kenapa Indonesia Betah Impor Bahan Komponen?Jakarta - Indonesia diberkahi dengan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah. SDA tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembangunan di berbagai sektor, salah satunya sebagai raw material (bahan baku) untuk komponen otomotif. Namun, hingga saat ini Indonesia masih betah untuk mengimpor sejumlah raw material dari negara lain. Apa sebabnya?

Meski SDA berlimpah, Ketua Komite Tetap Industri Logam, Manufaktur, Alat Transportasi, dan Elektronik Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), I Made Dana Tangkas menjelaskan, untuk mengolah bahan baku agar siap digunakan sebagai bahan komponen otomotif butuh teknologi tinggi.

Lebih lanjut lagi, ia memaparkan industri hulu yan g mengolah bahan baku tersebut juga membutuhkan dana yang besar serta memiliki risiko tinggi dalam pengolahannya.

"Industri hulu itu merupakan industri yang membutuhkan padat modal dan high tecnology dan juga low retain serta high risk. Melihat industri hulu seperti itu, mengolah bahan-bahan dari alam raw material perlu modal tinggi, teknologi tinggi dan ini biasanya dikembangkan oleh pemerintah," jelas I Made Dana Tangkas kepada detikOto.

Sementara itu, sebagai langkah untuk memajukan sektor industri hulu yang mampu mengolah raw material dengan kualitas baik, I Made menuturkan perlu adanya kebijakan dari pemerintah untuk segera membangun industri hulu.

"Di beberapa negara itu digarap oleh pemerintah untuk sektor industri hulu. Perlu adanya kebijakan pemerintah yang memang membangun industri hulu. Sehingga dengan demikian ketika kita membangun industri hulu itu, hilirisasi bisa digerakkan dari industri hulu," papar I Made.
(nkn/rgr)

0 comments:

Post a Comment