Friday, June 17, 2016

Datsun Pelajari Lebih Dalam Lahirkan Mobil Matik

Datsun Pelajari Lebih Dalam Lahirkan Mobil MatikJakarta - Saat ini, Datsun dengan model GO Panca dan GO+ Panca belum menyediakan varian transmisi otomatis. Kini Datsun masih terus mempelajari dan mengembangkan model bertransmisi otomatis.

Kepala Datsun Indonesia, Indriani Hadiwidjaja menyadari bahwa model bertransmisi otomatis merupakan pasar yang potensial. Meski begitu, Datsun saat ini masih bermain di pasar mobil bertransmisi manual yang cukup besar porsinya.

"Untuk konsumen di Indonesia, kita melihat pilihan mereka masih manual, manual kan 70 persen. Kita masih main di pasar yang 70 persen ini. Nantinya, sudah dipastikan kita punya transmisi otomatis. Tapi kapan waktunya, tunggu dulu," kata Indri di Jakarta, Kamis (16/6 /2016) malam.

Dia menilai, sulit tidaknya pengembangan mobil bertransmisi otomatis ada pada proses studinya. Apalagi, jika Datsun ingin memasukkan model bertransmisi otomatis di segmen LCGC, maka regulasi-regulasi ketat soal efisiensi bahan bakar dan penggunaan komponen lokal harus dipenuhi.

"Jadi sebenarnya kalau kita mau memperkenalkan (mobil transmisi otomatis) sih sudah bisa. Tapi kan kita ada regulasi-regulasi, lokalisasi-lokalisasi komponen yang harus kita penuhi. Hal tersebut yang mengharuskan kita lebih dalam lagi persiapannya," kata Indri.

Selain itu, sebagai produsen LCGC, Datsun diberi tenggat waktu untuk memenuhi peraturan pemerintah soal penggunaan komponen lokal. Makanya, Indri menegaskan pihaknya tidak ingin memperkenalkan mobil matik begitu saja.

"Kita diberi waktu 5 tahun nih dari pemerintah dalam tingkat lokal konten yang harus dicapai. Oleh karena itu, kita meyakinkan dalam 5 tahun kita harus capai. Jangan sampai baru 3 tahun kita harus lepas persyaratan LCGC karena kita enggak sanggup. Itu juga merupakan pembohongan ke konsumen," ucapnya.
(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment