Sunday, July 31, 2016

Produsen Mobil: Euro6 Bisa Saja, Tapi Siap-siap Harganya Mahal

Produsen Mobil: Euro6 Bisa Saja, Tapi Siap-siap Harganya MahalJakarta - Indonesia saat ini masih menerapkan standar emisi Euro2. Padahal untuk mampu bersaing di pasar ekspor, Indonesia harus terlebih dahulu menaikkan standar dari Euro4 menuju Euro6. Mungkinkah bila langsung upgrade ke Euro6 tanpa ke Euro4 terlebih dahulu?

"Bisa tapi harganya lebih mahal kan teknologinya lebih tinggi lagi, clean air butuh biaya," ujar Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Rizwan Alamsyah, di Jakarta.

Penerapan ini juga menurutnya harus perlahan agar tidak memberatkan konsumen karena harga produk akan menjadi lebih mahal.

"Terlalu cepat masalah karena yang bayar konsumen tapi terlalu rendah juga nggak bene r kita udah cukup ketinggalan Euro 4 saja belum-belum, makanya bertahap supaya nggak terlalu melonjak" kata Rizwan.

Namun ia tidak mengetahui persis berapa kenaikan yang akan terjadi apabila Euro4 maupun Euro6 jadi diterapkan. "Saya nggak tau persisnya pokoknya harganya naik," tutup Rizwan.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment