Thursday, August 4, 2016

Bagaimana Toyota Membaca Peta Pendidikan yang Dibutuhkan Industri Otomotif?

Bagaimana Toyota Membaca Peta Pendidikan yang Dibutuhkan Industri Otomotif?Bekasi - Tidak sinkronnya dunia pendidikan dengan industri otomotif, menjadi perhatian tersendiri. Karena hal ini yang bisa membangun industri otomotif.

Lalu bagaimana Toyota membaca pendidikan apa yang dibutuhkan industri otomotif saat ini?

"Oleh karena itu di industri pun harus kita buat komite seluruh pabrikan, dan mengadakan pertemuan setiap tahunnya. Membahas apa saja skill-skill yang dibutuhkan. Mereka pasti akan bicara," ujar Direktur Administrasi TMMIN Bob Azam, di Karawang Jawa Barat.

Karena langkah ini, dinilai Bob menjadi satu langkah tepat dan menjadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan industri otomotif di Indonesia.
"Kita ini ironisnya begini, di satu sisi banyak lulusan yang tidak tertampung. Tapi disisi lain banyak perusahaan yang merasa kurang pekerja. Ini bukan cuma tantangan pemerintah semata, tapi swasta juga. Jadi swasta harus kuat asosiasinya, jangan mikir dagang terus. Harus mikir juga dunia pendidikan," katanya.

Lalu kira-kira pendidikan apa yang tengah dibutuhkan industri otomotif saat ini?

"Ini harus disepakati bersama, karena ini bicara industri otomotif. Saya cuma bisa mewakili Toyota. Tapi kalo menurut saya, hal-hal yang menyangkut masalah maintenance, kemudian baru masuk ke arah produksi otomatis (robotik) dengan menggunakan teknologi mesin. Selain itu kemudian juga soal logistik, dan itu semua didasarkan pada sebuah teknologi," katanya.
(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment