Wednesday, August 31, 2016

Mitsubishi: Model yang Dijual di Luar Jepang Kemungkinan Terkena Dampak Skandal

Mitsubishi: Model yang Dijual di Luar Jepang Kemungkinan Terkena Dampak SkandalTokyo - Mitsubishi Motor Corporation mengakui 8 model yang dikeluarkannya terlibat skandal pemalsuan data efisiensi bahan bakar dan akan segera menyetop 8 model tersebut di pasar domestik Jepang. Pemerintah Jepang menyatakan, data efisiensi BBM kendaraan Mitsubishi 8,8% lebih rendah daripada yang di iklan.

"Kompetisi dan aturan kepatuhan semakin diperketat di industri ini, namun lengah terhadap aturan kepatuhan yang menjadikannya kita terlibat skandal ini. Kita harus mengubah ini," ungkap Presiden Mitsubishi Motor Corp, Osamu Masuko seperti dikutip dari Reuters, Kamis (1/9/2016).

Mitsubishi juga siap mengganti rugi sebesar masing-masing maksimu m 100.000 yen ke sekitar 76.000 pemilik mobil yang terlibat skandal di Jepang. Masuko juga menambahkan skandal tersebut kemungkinan berdampak pada model-model yang dijual di luar Jepang. Perusahaan pun mempertimbangkan kemungkinan ganti ruginya kepada pemilik mobil yang terkena dampak.

Sebelumnya pemerintah Jepang melalui kementerian transportasinya menyampaikan hasil investigasi yang dilakukan terhadap Mitsubishi terkait skandal pemalsuan data efisiensi bahan bakar terhadap 8 model mobil. Beberapa diantaranya adalah RVR, Pajero, dan Outlander.

Skandal ini membuat reputasi Mitsubishi sebagai produsen mobil terbesar keenam di Jepang menjadi tercoreng padahal Mitsubishi juga tengah berupaya bangkit dari skandal yang sama pada April lalu yang membuat, presiden sebelumnya Tetsuro Aikawa mengundurkan diri.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment