Monday, August 1, 2016

Mobil Otonom Segera Diuji di Singapura

Mobil Otonom Segera Diuji di SingapuraSingapura - Delphi Automotive Plc akan mengadakan pengujian taksi otonom di Singapura tahun depan. Pengujian mobil otonom di negeri itu bertujuan untuk mengangkut penumpang di sana.

Seperti dilaporkan Reuters, Selasa (2/8/2016), proyek ini dijalankan atas kerja sama Delphi dengan Singapore Land Transit Authority. Proyek ini bakal menguji kendaraan otonom Delphi agar membuat teknologi tersebut layak secara komersial.

Pada tahap awal pengujian, mobil otonom akan tetap dihadiri oleh sopir manusia untuk mengambi alih kemudi jika sistem otonom gagal. Baru pada 2019 atau 2020, menurut Wakil Presiden Teknik Delphi, Glen DeVos, mobil otonom Delphi tak perlu sopir manusia lagi.

Delphi berencana untuk memulai proyek pengujian menggunakan kendaraan Audi yang sudah dibekali sistem mengemudi otonom dan pemetaannya. DeVos mengatakan, proyek ini akan dikembangkan lagi dengan penambahan kendaraan listrik.

Untuk mengembangkan teknologi ini, Delphi bekerja sama dengan perusahaan lain. Salah satunya dengan Mobileye NV untuk mengembangkan sistem sensor yang memungkinkan kendaraan beroperasi secara otonom.

Singapore Land Transit Authority akan menyediakan infrastruktur pendukung. Infrastruktur itu disediakan agar kendaraan otonom aman menavigasi jalan.

Sementara itu, menurut Delphi, otoritas Singapura berencana untuk meluncurkan layanan taksi otonom pada 2022. Rencana ini sama dengan proyek di Amerika Utara dan Eropa.

Perusahaan lain seperti Uber Technologies Inc dan Lyft juga sedang mempelajari penggunaan sistem mobil otonom untuk menggantikan sopir manusia dalam armada taksi atau perusahaan penyedia transportasi lain.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment