Thursday, August 4, 2016

Paruh Pertama Kinerja Yamaha Masih Turun

Paruh Pertama Kinerja Yamaha Masih TurunIwaki - Kinerja Yamaha di pasaran global masih mengalami penurunan. Sepanjang paruh pertama tahun 2016, Yamaha mencatat penjualan bersih produk motor mencapai 477,5 miliar yen (sekitar Rp 61 triliun dengan kurs saat ini).

Angka ini turun 9,4 persen atau 49,5 miliar yen (Rp 6 triliun) dibanding periode sama tahun sebelumnya. Yamaha mencatat laba operasi sebesar 18,1 miliar yen (Rp 2,3 triliun), turun 4 miliar yen (Rp 518 juta) atau 18 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Meski penjualan bersih mengalami penurunan, laba operasi Yamaha masih sedikit sama dengan tahun lalu berkat efek dari perbaikan produk dan pengurangan biaya. Yamaha juga bisa mengurangi dampak dari perubaha n nilai tukar.

Yamaha menuturkan penjualan motor masih turun di Indonesia dan Brasil. Sementara di negeri ASEAN lain seperti Filipina, Vietnam dan Thailand, Yamaha masih bisa tersenyum lebar.

India juga penjualan Yamaha masih terbilang oke. Selain itu berkat produk baru seperti MT-10 dan XSR900, Yamaha di Eropa mengalami kenaikan penjualan.

Sementara di Amerika, penjualan Yamaha masih turun karena ada penyesuaian di distribusi.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment