Tuesday, August 30, 2016

Pemerintah Jepang Benarkan 8 Model Mitsubishi Terlibat Skandal Efisiensi BBM

Pemerintah Jepang Benarkan 8 Model Mitsubishi Terlibat Skandal Efisiensi BBMTokyo - Pemerintah Jepang melalui Kementerian Transportasi Jepang membenarkan bahwa 8 mobil Mitsubishi terlibat skandal pemalsuan data efisiensi bahan bakar. Kementerian itu meminta Mitsubishi untuk menghentikan penjualan kedelapan model tersebut.

"Hasil investigasi kami menyatakan efisiensi bahan bakar pada delapan model itu 8,8% dan rata-rata 4,2% lebih rendah dibandingkan yang diiklankan," ujar Kementerian Transportasi Jepang dalam pernyataannya seperti dikutip BBC, Rabu (31/8/2016).

Kementerian Transportasi Jepang meminta Mitsubishi untuk menghentikan penjualan delapan model itu di pasar domestik Jepang hingga perusahaan menampilkan angka yang t epat. BBC menulis, beberapa kendaraan dari 8 model yang terlibat termasuk Pajero, Outlander dan RVR.

Pada April lalu, Mitsubishi terlibat skandal yang sama pada dua mobil kecil Mitsubishi dan juga dua model yang diproduksi untuk Nissan.

Akibat skandal ini, di bulan Mei, Presiden Mitsubishi Tetsuro Aikawa mengundurkan diri.

Skandal ini menyebabkan Mitsubishi harus menunda penjualannya selama hampir tiga bulan dan juga harus menghadapi penurunan penjualan yang cukup drastis. Mitsubishi saat ini mendapat bantuan dana dari Nissan yang telah menyetujui untuk mnegontrol sepertiga saham sekitar US$ 2,2 miliar.

Pihak Mitsubishi mengatakan pada bulan lalu, penjualan domestik yang sedikit menyebabkan turunnya laba hingga 75 persen pa da kuartal pertama, sementara itu hasil dari kecurangan sekitar US$ 1,24 miliar di kuartal pertama.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment