Tuesday, August 9, 2016

Thailand Dukung Produksi Lokal Mobil Listrik dengan Insentif Pajak

Thailand Dukung Produksi Lokal Mobil Listrik dengan Insentif PajakBangkok - Pemerintah Thailand mendukung penggunaan mobil listrik di negaranya. Pemerintah di Negeri Gajah Putih itu ingin mobil listrik diproduksi secara lokal.

Untuk mendorong produsen otomotif merakit kendaraan listrik di dalam negeri, Menteri Keuangan Thailand siap menawarkan insentif pajak. Pemerintah Thailand tidak mendukung impor mobil listrik secara utuh (Completely Built-Up/CBU).

Dikutip Bangkok Post, Selasa (9/8/2016), Wakil Perdana Menteri Thailand, Somkid Jatusripitak menginstruksikan Departemen Cukai untuk mempertimbangkan hak pajak untuk mendorong produksi kendaraan listrik di dalam negeri. Itu merupakan bagian dari upaya untuk mengubah Thailand menjadi pusat manufaktur kendaraan listrik.

Direktur Jenderal Departemen Cukai Somchai Poolsavasdi menyebut, pihaknya bersedia untuk memangkas pajak kendaraan listrik. Saat ini, Departemen Cukai memberlakukan tarif pajak sebesar 10 persen pada kendaraan listrik. Hal itu jauh di bawah jenis kendaraan lain yang mencapai 14-35 persen.

Sementara itu, Direktur Jenderal Departemen Bea Cuka, Kulit Sombatsiri mengatakan, wacana insentif pajak untuk mempromosikan kendaraan listrik perlu ada pembahasan dengan instansi pemerintah terkait sebelum mengambil keputusan. Termasuk salah satunya dengan Kementerian Industri.

"Terlepas dari bea, tarif pajak kendaraan listrik juga didasarkan pada stiker ECO kendaraan tersebut, yang menunjukkan tingkat emisi karbon dioksida," katanya.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment