Monday, August 29, 2016

Toyota Impor BBM untuk Uji Mobil Standar Euro4

Toyota Impor BBM untuk Uji Mobil Standar Euro4Oyama - Lagi-lagi kualitas bahan bakar yang tidak bagus, membuat pabrikan seperti Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) harus mendatangkan bahan bakar dari luar negeri. Itu dilakukan demi bisa menguji kendaraan Euro4 yang akan diekspor ke negara lain.

Seperti yang diakui Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono.

"Pemerintah (Indonesia-Red) kan sudah memiliki rencana untuk bisa mengurangi emisi. Itu sudah bagus, mau di 2020 ya ayo. Kita sudah siap untuk melahirkan teknologi kendaraan ramah lingkungan," ujar Warih di ajang kampanye keamanan dan kendaraan ramah lingkungan yang digelar Toyota se-Asia Pasific di Jepang.

"Sebenarnya kendaraan Euro4 kita (Toyota) sudah punya (diproduksi di Indonesia-Red), tapi bahan bakarnya (yang menjadi permasalahan). Kalau kita ngetes kendaraan Euro4 saja, itu bahan bakarnya kami impor," tambahnya.

Hal inilah yang membuat Toyota sangat berharap agar kehadiran bahan bakar Euro4 benar-benar terwujud di Indonesia.

"Kapan bisa penerapan Euro4? Kalau bisa secepatnya, sekarang kan eranya fuel efficient vehicle. Vehicle-nya sudah ada semua, seperti hybrid dan lain-lain, tapi kan hybrid itu harus ada petanya (dari pemerintah-Red), kalau tidak ada maka akan sangat mahal. Makanya ada campur tangan pemerintah untuk mewujudkannya (jalan di jalanan Indonesia-Red)," katanya.

"Sehingga kalau sudah ada road map-nya dari pemerintah, manufacturing bisa mengikutinya dan mempersiapkan semuanya. Kita juga perlu persiapan, misalnya untuk Euro4, sudah diketuk 2 tahun-2 tahun. Ya kita harus siap. CNG? Itu ada juga persiapannya seperti kit-nya. Kar ena ini akan melibatkan vendor dan semuanya harus dipersiapkan," tambahnya.
(lth/rgr)

0 comments:

Post a Comment