Wednesday, August 24, 2016

Ukur Keterampilan, Honda Gelar Kompetisi Mekanik dan Service Advisor

Ukur Keterampilan, Honda Gelar Kompetisi Mekanik dan Service AdvisorJakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) bersama jaringan diler utama motor Honda se-Indonesia mengadakan kompetisi teknik keterampilan untuk mekanik dan service advisor. Sebanyak 22.245 mekanik dan service advisor Honda se-Indonesia diukur kemampuannya dalam memberikan layanan purnajual terbaik melalui kompetisi ini.

Ajang The 23rd Honda Indonesia Technical Skill Contest kini memiliki 3 kategori kontes yaitu mekanik pit, service advisor dan kategori baru, mekanik Pre-Delivery Inspection (PDI). Mekanik terbaik akan diganjar hadiah utama New Honda Sonic 150R. Sementara service advisor terbaik berhak mendapat hadiah utama Honda Supra GTR 150.

Tak hanya itu, pemenang dari kategori mekanik pit berkesempatan untuk mewakili Indonesia di ajang 'Asia Oceania Technical Contest' yang diadakan di Vietnam pada akhir tahun ini.

"Kompetisi keterampilan mekanik dan service advisor ini secara konsisten dilakukan oleh AHM sebagai upaya dalam meningkatkan kompetisi sumber daya manusia di jaringan purnajual sepeda motor di Indonesia," kata General Manager Technical Service Division AHM, Wedijanto Widarso di Astra Honda Training Center, Sunter, Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Kompetisi ini dilakukan secara bertahap. Pertama dilakukan seleksi pada tingkat Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) yang diikuti 18.491 mekanik dan 3.754 service advisor sejak Desember 2015 hingga Mei 2016.

Materi uji yang diberikan pada tahapan seleksi ini terdiri atas uji pengetahuan mesin, rangka, kelistrikan, sistem PGM-FI, tools dan teknologi Honda. Pada kategori mekanik reguler dan PDI Honda, keseluruhan materi dit es melalui teknik perawatan, perbaikan dan pemeriksaan sepeda motor. Sedangkan untuk kategori service advisor Honda dilakukan uji praktik terkait pemeriksaan sepeda motor, product knowledge dan customer handling.

Setelah seleksi pertama, tersaring jumlah peserta sebanyak 3.752 mekanik pit, 512 service advisor dan 352 mekanik PDI pada tahap regional. Seleksi kedua dilakukan pada tingkat provinsi.

Di tahapan ini, materi uji yang diberikan lebih mendalam terkait analisa teknis, penggunaan alat bengkel dan trouble shooting. Sementara bagi mekanik PDI, ujian praktik berkisar tentang bagaimana mempersiapkan unit sepeda motor sebelum diterima oleh konsumen. Sedangkan pada kategori service advisor, penilaian dilakukan dalam bentuk studi kasus terkait pelayanan terhadap konsumen serta kemampuan dalam menjual produk sepeda motor Honda.

Tahap terakhir tersaring 81 peserta untuk mengikuti kompetisi nasional yang terbagi atas 27 mekanik AHASS, 27 service adv isor dan 27 mekanik PDI. Kompetisi tingkat nasional dilangsungkan pada 24-26 Agustus 2016 ini.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment