Wednesday, September 21, 2016

Apa Itu Sistem G-Vectoring Control di Mobil Mazda?

Apa Itu Sistem G-Vectoring Control di Mobil Mazda?Hiroshima - Sejak pertengahan tahun 2016 ini, Mazda memperkenalkan fitur baru sebagai bagian dari teknologi SKYACTIV, yakni SKYACTIV-Vehicle Dynamics.

Ini lah teknologi pengontrol gerak pada Mazda generasi terbaru. Yang pertama adalah G-Vectoring Control yang akan dipasang di berbagai model Mazda. Sedan Mazda6 merupakan mobil pertama yang menggunakan G-Vectoring Control (GVC).

Pada intinya GVC adalah sebuah perangkat lunak manajemen mesin untuk meningkatkan kelincahan saat menikung.



Sistem ini akan mengombinasikan mesin, transmisi, sasis dan bodi agar pengendara bisa mengontrol kendaraan tepat dengan keinginan mereka.



Mazda dalam siaran persnya mengatakan GVC merupakan sistem pertama di dunia yang mengatur torsi mesin. Torsi mesin bisa diatur sedemikian rupa menyesuaikan dengan setir.

Tenaga yang dikirim mesin ke masing-masing roda pun bisa diatur sehingga membuat mobil bergerak dengan lebih halus dan efisien.



Hasilnya bisa terlihat pada pengujian yang dilakukan Mazda. Di belokan, misalnya ke kanan, badan kita biasanya akan bergerak ke kiri menyesuaikan dengan ritme kendaraan.