Saturday, September 3, 2016

Di Amerika, Pengumuman Recall Mobil Bisa Lewat Media Sosial

Di Amerika, Pengumuman Recall Mobil Bisa Lewat Media SosialWashington - Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA) tengah menyiapkan aturan baru untuk para produsen otomotif terkait informasi penarikan mobil.

Dengan aturan yang baru produsen bisa memberikan informasi kepada para konsumen terkait penarikan dengan alasan keselamatan melalui email atau perangkat elektronik lainnya.

Aturan ini memang belum resmi baru diumumkan di pemerintah federal setempat tapi diharapkan bisa meningkatkan jumlah konsumen yang melakukan recall dan juga diproses lebih cepat.

Para produsen mobil memang sebelumnya telah diminta untuk mengirim email dengan fasilitas tercepat untuk mengirim informasi penarikan mobil ke konsumennya.

Namun dengan aturan baru ini memaksa para produsen mobil memberikan informasi melalui semua media elektronik seperti sistem infotainment di dalam mobil, SMS, bahkan melalui sosial media.

Aturan ini dibuat karena banyaknya penarikan yang dilakukan produsen mobil dan akan menimbulkan dampak yang buruk kepada konsumen apabila tidak dibetulkan seperti kasus airbag Takata.

Dikutip dari Automotive News, saat ini penarikan melalui email baru efektif sekitar 55-75 persen tergantung jenis kendaraan dan permasalahannya. NHTSA menginginkan dengan aturan baru ini bisa mendekati 100 persen. Selama lebih dari lima tahun 169 juta unit mobil telah dilakukan penarikan.

Agar sistem ini terbukti berbeda dan bisa berhasil, NHTSA mencontoh Tesla. Produsen mobil listrik ini menginformasikan penarikkan kepada semua konsumennya melalui email 2 minggu sebelum penarikan.

"Para konsumen akan mendapatkan keuntungan dari pengurangan mobil-m obil yang tidak sepenuhnya berfungsi dengan baik di jalan. Selain itu mengurangi angka kecelakaan dan juga kematian yang bisa disebabkan cacatnya salah satu komponen yang ada di mobil," ungkap NHTSA.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment