Monday, September 5, 2016

ECU Bermasalah, Mazda Tarik 117 Ribu Mobil Bermesin Diesel

ECU Bermasalah, Mazda Tarik 117 Ribu Mobil Bermesin DieselTokyo - Mazda mengeluarkan pernyataan akan melakukan penarikan pada model CX-3 karena adanya kecacatan pada sistem komputer di mesin (ECU).

Ada 3 model yang ditarik terkait kasus ini, yaitu Mazda CX-3, Demio, dan Axela. Total yang ditarik berjumlah 117.030 unit yang dibuat mulai dari 5 Agustus 2014 hingga 8 Agustus 2016.

Permasalahan dibalik penarikan ini yaitu pada beberapa model dengan mesin diesel, sistem ECU Skyactiv-D intake udaranya tidak terpasang dengan baik sehingga menyebabkan bahan bakar yang ada di dalam silinder menjadi terlalu kental yang bisa membuat jelaga ketika terjadi pembakaran.

Hasilnya saat katup knalpot dibuka, jelaga akan terkumpul d i sekitar katup ventilasi. Katup kemudian menjadi responsif yang menyebabkan akselerasi menjadi buruk atau getaran yang berlebihan pada mobil. Pada kejadian terburuk, mesin bisa tiba-tiba mati.

Untuk mencegahnya semua mobil yang ada sistem tersebut diperbaiki dan kumpulan jelaga di injector dan di sekitar katup knalpot akan dibersihkan.

Sudah ada 864 kasus yang terlapor karena kecacatan ini. Namun tidak ada yang menyebabkan kecelakaan.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment