Tuesday, September 6, 2016

Ini Alasan Mengapa Angka Kecelakaan Begitu Kecil di Jepang

Ini Alasan Mengapa Angka Kecelakaan Begitu Kecil di JepangJakarta - Berdasarkan data International Transport Forum 'Road Safety Annual Report 2014 dan ASEAN-Japan Transport Partnership, Indonesia dan Malaysia menjadi negara yang paling banyak mengalami kecelakaan. Sedangkan Jepang menjadi negara paling kecil yang mengalami kecelakaan setelah Inggris.

Rupanya hal ini tidak lepas dari peran pemerintah di dalamnya, meski kesadaran para pengendara akan keselamatan dalam berkendara menjadi nomor satu. Seperti paparan yang dijelaskan dalam Technology Media Trip Toyota di Jepang.

Pemerintah Jepang sudah menyatakan konsentrasi untuk meningkatkan keselamatan berkendara sejak 1960. Dengan membangun infrastruktur yang laik jalan, dila njutkan dengan melahirkan berbagai peraturan serta melakukan edukasi kepada keselamatan berkendara sejak kecil, dan di 1990 mewajibkan pengendara untuk melahirkan kendaraan yang aman.

"Ada beberapa pendukung yang menjadi poin utama dalam keselamatan berkendara, yakni pengguna jalan, infrastruktur dan kendaraannya," ujar perwakilan Toyota Motor Corporation, Akira Kanatani, di Jepang.

Tugas pemerintah untuk bisa melahirkan sebuah kebijakan yang bisa mendukung keselamatan berkendara, serta melahirkan sebuah edukasi atau pengetahuan akan pentingnya keselamatan berkendara. Dan pastinya menyediakan infrastruktur terbaik, dan terus memberikan improvement agar lebih baik.

Selanjutnya pihak industri atau melahirkan kendaraan safety campaings, melahirkan teknologi, serta menyediakan safety technology pada kendaraan.

"Akhirnya semenjak 1966-2015 angka kematian terus menurun, meski angka luka-luka kejadian. Namun hal ini menandakan fitur keselamatan b erfungsi dengan baik," katanya.
(lth/rgr)

0 comments:

Post a Comment