Tuesday, September 27, 2016

Kartu Khusus Pembuatan SIM Dirasa Tidak Berguna?

Kartu Khusus Pembuatan SIM Dirasa Tidak Berguna?Jakarta - Sudah menjadi rahasia umum, menggunakan jasa 'calo' untuk membuat atau memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM), dirasa menjadi jalan pintas bagi sebagian masyarakat di Indonesia.

Untuk mengurangi penggunaan jasa 'calo' tersebut, kini di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) sediakan kartu khusus bagi para warga yang ingin membuat SIM. Hal ini dirasa dapat mengurangi penggunaan asa 'calo'.

Namun beberapa warga, Tarwan misalnya, seorang pegawai swasta, warga Jalan Menteng Pulo, Jakarta Selatan. Mengatakan kartu khusus tersebut dirasa akan kurang berfungsi.

"Karena memang kita harus bersihin dulu dari dalamnya. Jadi penggunaan kartu ini engga berfung si kecuali kalau dari petugas dan aparatnya sendiri di benahi," ujarnya kepada detikOto, di Jakarta, Selasa (27/9/2016).

Hal serupa juga dikatakan Dewi Halim, seorang ibu rumah tangga, warga Mitra Bahari, Jakarta Utara.

"Kayanya sih kurang yah bahkan ga bisa bedain antara calo sama warga yg murni membuat sim sendiri. Jadi kurang sebenernya," ujarnya.

Pembuatan SIM menggunakan jasa 'calo' memang terbukti lebih memudahkan warga untuk mendapatkan SIM. Namun masyarakat juga harus tahu bahwa hal tersebut bertentangan dengan peraturan yang sudah tercantum oleh pemerintah.
(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment