Thursday, September 15, 2016

Kota-kota di Indonesia Masuk dalam Kota dengan Indeks Kepuasan Berkendara Terburuk

 Kota-kota di Indonesia Masuk dalam Kota dengan Indeks Kepuasan Berkendara TerburukJakarta - Aplikasi penunjuk jalan Waze, merilis indeks kepuasan berkendara hasil survei seluruh pengguna aktifnya untuk menentukan kota terburuk dan terbaik untuk dilewati. Seperti diprediksi, kota-kota di Indonesia masuk dalam daftar terbawah.

Aplikasi ini hanya terfokus di negara dan kota metropolitan dengan jumlah pengguna aktif mencapai 20.000 perbulan sehingga keakuratan data dan perbandingan akan lebih adil.

Penilaian ini melibatkan seluruh pengguna dari 38 negara dan 235 area metropolitan sehingga bisa menghasilkan data yang baik untuk Indeks kepuasan berkendara Waze di 2016.

Faktor-faktor yang dilihat seperti waktu yang dih abiskan pada saat macet, dan juga pengalaman berkendara lain. Skor yang diberikan mulai dari 1-10.

Hasil yang terbaik diperoleh oleh Belanda dengan skor indeks 7.43, diikuti Prancis 7.42, peringkat ketiga diisi Amerika Serikat dengan 7.22, diikuti Republik Ceko dan Swedia yang melengkapi posisi 5 teratas.

Indonesia masuk ke dalam peringkat yang terburuk setelah El Salvador, Filipina, Guatemala, dan Panama.

Untuk area metropolitan terbaik diisi oleh Prancis dengan empat daerah yang menempati posisi 5 teratas dengan skor 8.25. Amsterdam yang merupakan ibu kota Belanda malah menempati urutan ke 27 dengan skor 7.54. Dalam rating yang sama, kota terburuk untuk pengendara adalah Cebu di Filipina yang mendapatkan skor hanya 1.15 kepuasan berkendara.


Indonesia berada di urutan 34 dari 38 negara

Sementara itu kota-kota dari Indonesia, Semarang ada di urutan 145, disusul Malang 146, Yogyakarta 150, Medan 168, Jakarta 178, Surabaya 181, Bandung 183, Denpasar 183 dan Bogor berada di papan terbawah dengan ranking 185. Bogor hanya lebih baik dari Cebu Filipina yang berada di urutan paling buncit alias kota dengan pengendara yang tidak puas dengan kemacetan.








(dry/ddn)

0 comments:

Post a Comment