Tuesday, September 20, 2016

Mobil Otonom Ini Bisa Tersenyum ke Pejalan Kaki

Mobil Otonom Ini Bisa Tersenyum ke Pejalan KakiStockholm - Bentuk komunikasi antara sopir dan pejalan kaki yang ingin menyeberang jalan sangat penting untuk menghindari tabrakan. Biasanya, pejalan kaki akan melihat pengemudi mobil yang melintas sebelum menyeberang jalan.

Lalu bagaimana pada mobil otonom yang tidak memiliki sopir?

Sebuah perusahaan teknologi asal Swedia, seperti dilansir Carscoops, Semcon telah mengembangkan mobil otonom yang bisa memberikan senyuman kepada pejalan kaki. Itu merupakan salah satu bentuk komunikasi visual sebuah mobil otonom dengan pejalan kaki.

Penelitian dari Semcon menyimpulkan, 80 persen dari pejalan kaki mencari kontak mata dengan pengemudi mobil dan mendapatkan rasa yak in untuk menyeberang jalan dari pengemudi. Dengan gambar wajah tersenyum, Semcon percaya itu adalah cara terbaik untuk memecahkan masalah komunikasi antara mobil otonom--yang tak memiliki sopir--dengan pejalan kaki.

Sistem ini menggunakan kamera dan teknologi laser untuk merasakan gerakan kepala seorang pejalan kaki dan membaca ketika pejalan kaki memberikan tatapan ke mobil. Sistem ini kemudian dapat merespons dengan menyalakan layar di grille depan dengan bentuk wajah tersenyum. Artinya, ketika mobil itu tersenyum maka mobil otonom memberikan lampu hijau kepada pejalan kaki untuk menyeberang jalan.