Tuesday, September 6, 2016

Pentingnya Penggunaan Sabuk Pengaman

Pentingnya Penggunaan Sabuk PengamanJakarta - Dalam kesempatan Technology Media Trip di Jepang yang digelar Toyota, Toyota mengatakan Asia masih menjadi wilayah yang paling banyak mengalami kecelakaan.

Untuk itu Toyota kembali mengkampanyekan untuk 'Menjadi Pemimpin Keselamatan', dengan menganjurkan pengemudi dan penumpang untuk mendorong kepempimpinan proaktif dalam keselamatan lalu lintas dengan memulai aksi sederhana yaitu menggunakan sabuk pengaman.

"Keselamatan lalu lintas adalah prioritas utama Toyota. Kami percaya dalam memberikan kontribusi untuk mewujudkan masyarakat bebas korban kecelakaan lalu lintas," kata President Toyota Motor Asia Pacific Pte. Ltd., Hiroyuki Fukui.

"Melalui kampanye keselamatan kesad aran regional, kami meminta pengemudi dan penumpang untuk menggunakan sabuk pengaman untuk menjaga mereka dan keluarga mereka aman," tambahnya.

Dirinya menjelaskan, tahun 2016, fokus utama Toyota adalah melawan pola pikir yang berlaku di masyarakat umum tentang penggunaan sabuk pengaman. Menurut survey yang dilakukan pada tahun 2014, ketika menggunakan sabuk pengaman seharusnya dilakukan secara otomatis sebelum perjalanan, masih banyak orang yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

"Lima alasan teratas tidak menggunakan sabuk pengaman adalah adanya kantung udara di kendaraan, kepercayaan diri dengan kemampuan mengemudi, perjalanan yang pendek, hilangnya kenyamanan, dan membuat pakaian kusut. Dengan kampanye edukasi ini, Toyota berharap untuk memperkuat persepsi bahwa sabuk pengaman melengkapi kantung udara dan meningkatkan efektivitas," ujarnya.

"Selanjutnya, sabuk pengaman mengurangi risiko cedera yang fatal sebesar 50 persen untuk penumpang yang du duk di depan dan 75 persen untuk penumpang yang duduk di belakang," tambahnya.

Dirinya menjelaskan kampanye keselamatan regional dimulai di tahun 2014 di tengah-tengah tingginya angka kematian dari kecelakaan lalu lintas, penegakan hukum yang rendah dan rendahnya kesadaran umum tentang keselamatan yang menjadi isu besar di daerah Asia Tenggara yang sedang menjalani motorisasi yang cepat.

Di tahun pertama, Toyota fokus ke tindakan penggunaan sabuk pengaman yang lebih besar. Di tahun 2015, kampanye dilanjutkan untuk mengingatkan penggunaan sabuk pengaman dan ditujukan untuk memberdayakan publik dengan pengetahuan untuk menjadi pemimpin keselamatan.

Toyota berharap panggilan untuk beraksi ini akan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya hal ini di tahun lainnya, jika budidaya jangka panjang dan penguatan terus menerus dibutuhkan untuk perubahan perilaku.

Tahun ini, masyarakat umum diharapkan untuk menjadi pemimpin yang beraksi, dengan asums i kepemimpinan proaktif tentang keselamatan lalu lintas dan menyebarkan kata tentang pentingnya sabuk pengaman di komunitas.

Selain aktivitas kampanye interaktif online tahun lalu seperti Toyota Seat Selfie App dan permainan "Go Go Buckle Up", sebuah video kampanye baru diperkenalkan tahun ini.

Video tersebut menonjolkan sebuah cerita emosional anak yang mendesak orang tuanya untuk menggunakan sabuk pengaman demi keselamatan. Toyota berharap pesan "Belt On For Every Journey" akan meningkatkan kesadaran bahwa tidak ada alasan untuk mengabaikan keselamatan seseorang.

Aktivitas-aktivitas tersebut akan diperluas ke semua negara ASEAN, termasuk India, Pakistan dan empat negara Asia Barat Daya seperti Bhutan, Bangladesh, Sri Lanka dan Nepal.
(lth/rgr)

0 comments:

Post a Comment