Monday, September 19, 2016

Polisi Sudah Fokus Terapkan Pendidikan Lalu Lintas Sejak Dini

Polisi Sudah Fokus Terapkan Pendidikan Lalu Lintas Sejak DiniJakarta - Kepolisian Republik Indonesia memiliki kurikulum pendidikan disiplin lalu lintas semenjak dini, dari jenjang taman Kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Atas.

Hal tersebut disampaikan Kabid Manajememen Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas Korlantas Polri Kombes Pol. Unggul Sedyantoro.

"Pendidikan kedisiplinan berlalu lintas sejak usia dini sudah mulai kami terapkan dari taman kanak-kanak. Dengan mencanangkan program Polisi Sahabat Anak," kata Unggul.

"Selain itu saat ini kami sudah kerjasama dengan pendidikan nasional masuk dalam kurikulum tingkat SD, SLTP dan SLTA. Masuk dalam program keselataman berlalu lintas, dan masuk dalam pendidikan kewarga negaraan," tambahnya.

Menurut dia program ini merupakan program prioritas, dengan fokus kepada anak-anak. Harapannya 10 tahun kedepan bisa membangun karakter anak-anak, menjadi pengendara di jalan raya yang selamat dan aman.

"Dan bisa membentuk karakter bangsa, dimana anak-anak 10 tahun kedepan akan menjadi penerus bangsa ini," katanya.

"Karena penerusnya anak-anak sekarang, oleh sebab itu mulai dari anak-anak Polda Metro Jaya dan jajaran seluruh indonesia fokus untuk melakukan pembinaan. Yaitu kedisiplinan baik dalam hal lalu lintas atau yang lain-lainnya kepada anak-anak," tambahnya.

Dia pun berharap di tengah peringatan HUT Lalu Lintas ke-61 kesadaran masyarakat dalam disiplin berlalu lintas akan meningkat. Dengan menaati peraturan lalu lintas, keselamatan meningkat, jumlah kendaraan yang kecelakaan saat lalu lintas bisa berkurang.

"Dan ini sesuai dengan harapan kita semua, bahwa keselamatan di jalan adalah kebutuhan kita dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Karena di mata Unggul, jika keselamatan berkendara bisa dibangun. Maka akan meningkatkan produktivitas masyarakat.

"Kalau kita selamat di jalan, tentu produktivitas kita dalam keseharian juga akan meningkat. Dengan ulang tahun ini polisi lalu lintas berharap, ketaatan dan kedisiplinan lalu lintas akan meningkat," tambahnya.
(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment