Tuesday, September 27, 2016

Tesla Model S Kecelakaan, Fitur Autopilot Jadi Kambing Hitam

Tesla Model S Kecelakaan, Fitur Autopilot Jadi Kambing HitamFlorida - Tesla memang telah menyematkan fitur Autopilot pada mobil listriknya. Sayangnya, beberapa kecelakaan dikaitkan dengan fitur Autopilot itu.

Kali ini, seperti dilaporkan Electrek, Selasa (27/9/2016), sebuah Tesla Model S yang tengah diparkir di depan arena gym di Lighthouse Point, Florida, Amerika Serikat terlibat kecelakaan. Secara tiba-tiba, mobil itu melaju dan menabrak pintu ruang gym.

Beruntung tidak ada yang terluka dalam kecelakaan ini. Tapi, fasilitas gym maupun mobil terlihat rusak.

Pemilik Tesla Model S yang juga suami dari pengemudi mobil ini menulis sebuah keluhan di forum Tesla yang telah dihapus. Dia menyebut bahwa Tesla Model S yang tengah diparkir tiba-tiba ngegas sendiri.

"Saya telah memiliki beberapa Tesla Model S dan saat ini memiliki satu buah P85D da satu P90D. Baru-baru ini, istri saya mengalami kecelakaan fatal ketika ia memarkir secara perlahan. Mobil tiba-tiba berakselerasi penuh dan bisa dengan mudah membunuh orang di gym," tulisnya di forum Tesla.

Tesla pun telah meninjau log pada mobil itu. Tesla mengonfirmasi bahwa pedal gas telah ditekan selama kecelakaan. Tesla menyimpulkan bahwa selama kejadian ada kesalahan manusia (human error).

"Mobil Tesla tidak akan berakselerasi sendiri tanpa instruksi dari sopir. Dalam setiap situasi di mana kami telah menerima klaim pelanggan tentang hal ini, diagnostik log kendaraan menegaskan bahwa akselerasi tiba-tiba adalah hasil dari pengemudi yang menekan pedal gas," kata juru bicara Tesla.

Sementara itu, menurut Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA), sekitar 16.000 kecelakaan terjadi setiap t ahun di Negeri Paman Sam itu akibat pengemudi yang salah menekan pedal. Pengemudi-pengemudi itu mengira bahwa pedal gas adalah pedal rem.
(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment