Wednesday, September 14, 2016

Toyota: Mobil Listrik dengan Jelajah Rendah Lebih Murah Dibanding Hybrid

Toyota: Mobil Listrik dengan Jelajah Rendah Lebih Murah Dibanding HybridTokyo - Toyota sedang gencar mengembangkan mobil bertenaga listrik dan hybrid. Dan ternyata sekarang pengembangan mobil listrik sudah lebih murah dibanding mobil hybrid.

Ke depan seluruh produsen otomotif akan sepenuhnya bertenaga listrik, namun untuk saat ini harganya masih lebih mahal jika dibandingkan mobil bertenaga hybrid hingga 2025 nanti.

"Biaya mobil yang sepenuhnya berasal dari tenaga listrik tergantung dari berapa daya jelajahnya," ujar Kepala Insinyur Toyota Satoshi Ogiso, seperti dikutip dari Forbes.

Untuk mobil listrik dengan jarak jelajah sampai 250 km, baterai mobil listriknya kini bisa dibangun dengan harga yang lebih murah diba nding baterai mobil hybrid.

"Tetapi pasar menginginkan daya jelajah yang lebih panjang, dengan daya jelajah mencapai 300 km misalnya, membuat baterainya tetap lebih mahal hingga 2025 nanti," ujarnya.

Dalam kurun waktu 10 hingga 20 tahun ke depan, Toyota memperkirakan 50 sampai 60 persen mobilnya adalah mobil hybrid atau fuel cell sementara 30 persennya adalah mobil listrik. Nampaknya cukup waktu yang agak lama mobil listrik ini mendominasi di pasaran bahkan Toyota memperkirakan baru di 2050, 90 persen mobil baru akan bertenaga listrik.

Selain itu, Ogiso menambahkan kemungkinan Toyota memproduksi mobil hybrid bertransmisi otomatis dengan harga yang sama seperti mobil bermesin diesel.

Produsen otomotif saat ini harus mematuhi aturan terkait emisi diesel pasca skandal dieselgate, namun mobil hybrid dari Toyota ke depan akan lebih murah untuk menggantikan model dieselnya.
(dry/ddn)

0 comments:

Post a Comment