Sunday, September 18, 2016

Wah, Desain Awal Mobil Mini Berawal dari Kertas Tisu

Wah, Desain Awal Mobil Mini Berawal dari Kertas TisuDenpasar - Mobil Mini yang sudah ada sejak tahun 1959 lalu ternyata bermula dari sebuah gambar yang dibuat di atas kertas tisu.

MINI sebelum yang kita lihat saat ini aslinya diciptakan oleh Sir Alec Issigonis tahun 1959. MINI yang dulu disebut Mini (dengan huruf kecil) merupakan hasil kerja kerasSir Alec Issigonis yang dulunya bekerja di perusahaan minyak dan gas.

Dia diharuskan membuat kendaraan yang lebih kecil karena ada pembatasan BBM di Eropa, ia mendesain MINI di sebuah kertas tisu.

"MINI terbentuk karena krisis oil company ada pembatasan BBM di Eropa termasuk di Inggris jadi dia desain mobil kecil di tisu," ungkap Product Planning Manager BMW Group Indonesi a, Tami Notohutomo, di Bali.

Kemudian ia memiliki teman yang seorang pebalap bernama John Cooper, dan memberikan desain ini kepadanya. John juga merupakan seorang produsen otomotif, sehingga mereka mendesain mobil MINI berdua.

"Alec teman sama John Cooper dan dia punya Cooper Autoworld malah hasil desain ini dibentuklah sebagai sebuah Mini pada 1959. John Cooper backgroundnya adalah car racer, jadi MINI desainnya dibuat dengan gokart feeling," tutur Tami.


(dry/ddn)

0 comments:

Post a Comment