Tuesday, October 4, 2016

Apa Orang Indonesia Sudah Bosan Pakai Motor?

Apa Orang Indonesia Sudah Bosan Pakai Motor?Koln - Tren penjualan motor masih melemah. Selama 2 tahun terakhir, penjualan motor belum naik signifikan.

Kita lihat dulu data penjualan dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia. Sampai bulan Agustus total penjualan motor 3,795 juta unit. Penjualan motor sampai akhir tahun pun diprediksi takkan melebihi tahun lalu yang mencapai 6,5 juta.

Padahal kita lihat di jalanan, diler motor begitu aktif berjualan. Salesman sampai membagi-bagikan flyer kepada pengguna jalan. Belim terhitung juga soal aneka diskon, namun pasar masih belum bergerak.

Apakah ini berarti pasar sudah mulai jenuh dan orang mulai malas beli motor?

"Enggak lah potensi kebutuhan beli motor itu t etap ada cuma mereka (calon konsumen) jadi menunda," ujar Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor Margono Tanuwijaya seperti dilaporkan wartawan detikOto Dadan Kuswaraharja dari Koln, Jerman, Selasa (4/10/2016).

Menurut pria yang juga paham mengenai dunia leasing ini, masalah di roda dia sekarang adalah bukan karena kurangnya aktivitas penjualan di diler, tapi lebih karena penurunan daya beli (buying power) masyarakat.

"Jaringan tetap agresif menawarkan produk tapi karena memang buying power-nya lagi seperti ini tidak akan membantu banyak. Yang buat pasar bergairah bagaimana buying power itu muncul, saat ini buying power belum pulih jadi secara income belum naik jadi susah," ujarnya.
(ddn/lth)

0 comments:

Post a Comment