Tuesday, October 4, 2016

Ini Risikonya Jika AC Mobil Tidak Dirawat

Ini Risikonya Jika AC Mobil Tidak DirawatTangerang - AC mobil perlu dirawat secara berkala. Perawatan AC secara berkala akan membuat embusan angin pada AC lebih nyaman, lebih sehat dan tidak gampang rusak.

"Sebenarnya cara kerja AC mobil hampir sama dengan AC Rumah, dimana sistem bekerjanya untuk membuang panas berlebih dari dalam kabin kendaraan. Bedanya kalau AC di rumah bagian-bagianya disebut sebagai unit indoor dan outdoor. Sementara kalau pada mobil namanya evaporator dan condensor," kata Susanto, Product Manager PT Cipta Gemilang Bersama (COOLKARS) sebagai bengkel resmi Denso di Tangerang, kepada detikOto.

Santo melanjutkan, jika AC tidak dirawat secara berkala bisa berdampak buruk terhadap kesehatan penghuni mobil. Udara yang diembuskan AC menjadi tidak sehat serta membawa virus, kuman dan bau.

"Selain itu, kenyamanan berkendara juga akan berpengaruh. Embusan AC jadi kecil, bau tidak enak, AC tidak sejuk dan AC bisa tiba-tiba mati," kata Santo kepada detikOto.

Lebih parah, komponen AC akan rusak fatal. Perbaikannya akan menelan biaya besar.

Untuk itu, Santo menyarankan agar selalu merawat AC mobil secara berkala. Setidaknya, cek kondisi AC setiap tiga bulan.

"Kuncinya ada di perawatan berkala. AC rumah saja kita bersihkan tiap 3 bulan, sama halnya AC mobil perlu dirawat tiap 3 bulan.

Perawatan yang biasa dilakukan di bengkel meliputi pembersihan filter, pembersihan motor blower, scan refrigerant, dan pembersihan kondensor.
(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment